BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fokus ke Dybala, Chiesa Terlupakan: Begini Rencana Asli Juventus Kontra Barcelona

29-10-2020 12:04 | Yaumil Azis

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. (c) AP Photo Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. (c) AP Photo

Bola.net - Semua mata tertuju kepada Andrea Pirlo setelah timnya, Juventus, menelan kekalahan atas Barcelona di laga fase grup Liga Champions hari Kamis (29/10/2020). Ia harus bertanggung jawab atas kekalahan dengan skor 0-2 tersebut.

Pertandingan antara Juventus melawan Barcelona digelar di Allianz Stadium, Turin, Italia. Gawang Bianconeri yang dijaga Wojciech Szczesny sudah kebobolan sejak menit ke-14 lewat tembakan Ousmane Dembele.

Juventus sempat membobol gawang Barcelona sebanyak tiga kali, yang semuanya diciptakan oleh Alvaro Morata. Sayang skornya tidak berubah karena wasit menganulir ketiga gol tersebut setelah melihat Morata sudah terjebak offside.

Derita Juventus bertambah setelah sang bek, Merih Demiral, mendapatkan kartu merah pada menit ke-85. Lalu, menjelang pertandingan berakhir, Lionel Messi membubuhkan namanya di papan skor lewat gol penaltinya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Rencana Juventus Melawan Barcelona

Mantan pelatih Juventus yang sekarang bekerja sebagai pandit, Fabio Capello, menyoroti strategi yang diterapkan Andrea Pirlo. Ia mengatakan bahwa Pirlo terlalu berfokus kepada Paulo Dybala dan melupakan Federico Chiesa.

Pirlo membenarkan itu. Dalam konferensi pers pasca laga, pria yang juga pernah memperkuat Juventus waktu masih bermain itu menjelaskan strateginya secara lengkap.

"Benar. Kami mencoba mempertahankan Chiesa untuk tetap melebar, lalu mendorong Rabiot agar lebih maju, dengan Cuadrado lebih naik di babak kedua," ujar Pirlo kepada Sky Sport Italia.

"Rencananya adalah menarik Sergi Roberto keluar dari area, karena dia kesulitan jika berada di luar wilayahnya, namun kami tidak mampu melakukan itu. Pemain yang membuat keputusan di lapangan," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Sektor Tengah yang Berbeda

Beberapa waktu belakangan, dan termasuk di laga kali ini, sektor tengah Juventus selalu menjadi perhatian. Banyak yang meyakini bahwa Bianconeri kekurangan kualitas pada sektor tersebut.

Padahal dulu, waktu Pirlo masih berseragam hitam-putih, sektor tengah selalu menjadi andalan utama. Pirlo bermain bersama sosok seperti Paul Pogba, Arturo Vidal, dan Claudio Marchisio.

"Klub sepak bola memiliki era, kami punya banyak pemain besar dengan segudang pengalaman internasional," tambah pria berusia 41 tahun tersebut.

"Sekarang mereka kebanyakan lebih muda, jadi akan butuh waktu untuk membawa mereka ke level itu. Mereka sudah mencoba untukmembuat sesuatu, namun kami masih harus bekerja dan berbenah sampai bisa bermain selevel dengan Barcelona," pungkasnya.

Pirlo hanya punya waktu tiga hari untuk membenahi kekurangan timnya sebelum pertandingan berikutnya digelar. Pada hari Minggu (1/11/2020) mendatang, mereka bakalan berhadapan dengan Spezia di pentas Serie A.

(Football Italia)

KOMENTAR