BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fair Play! Liverpool Tim yang Lakukan Pelanggaran Paling Sedikit di Eropa

21-01-2020 23:47 | Dimas Ardi Prasetya

Liverpool (c) AP Photo Liverpool (c) AP Photo

Bola.net - Menurut studi yang dilakukan oleh The International Football Observatory (CIES), Liverpool adalah klub yang paling sedikit melakukan pelanggaran di Eropa.

CIES melakukan studi tersebut di 35 liga yang ada di Eropa. Total studi itu melibatkan sekitar 700 tim.

Studi itu menghitung jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh klub-klub tersebut. Studi ini tidak hanya menunjukkan jumlah rata-rata pelanggaran yang dilakukan per pertandingan, tetapi juga menghitung persentase pelanggaran dari masing-masing tim sehubungan dengan rata-rata pelanggaran di setiap liga.

Hasilnya, Liverpool menjadi tim yang melakukan rata-rata pelanggaran paling sedikit di tiap laga yang dilakoninya. Studi itu menyebut pasukan Jurgen Klopp rata-rata cuma melakukan pelanggaran sebanyak 8.1 kali per pertandingan pada musim ini.

Namun hasil ini juga dipengaruhi oleh sikap lunak wasit di pentas Premier League: Sang pengadil lapangan tercatat cuma meniup peluit tanda pelanggaran sebanyak 20,4 kali per pertandingan dibandingkan dengan rata-rata 27,2 di 35 kompetisi yang telah disurvei.

1 dari 2 halaman

10 Besar

Delapan tim Premier League berada di posisi 20 besar. Selain Liverpool, ada Newcastle, Bournemouth, Leicester, Chelsea, Norwich, Tottenham dan Manchester City.

Klub Denmark Silkeborg berada di urutan kedua di bawah Liverpool. Sementara itu klub asal Jerman, Hamburg di tempat ketiga.

Liga Super Denmark menampilkan jumlah pelanggaran terendah kedua per pertandingan (21). Sementara itu kompetisi Eredivisie Belanda ketiga dengan rataan 21,6 pelanggaran per laga.

Berikut 10 besar daftar klub yang melakukan pelanggaran paling sedikit di Eropa.

 (c) cies (c) cies

Selengkapnya, klik di sini

Tabel Fair Play Premier League di situs FA menunjukkan bahwa Liverpool telah mengantongi 23 kartu kuning dan satu kartu merah dalam 22 pertandingan liga mereka hingga saat ini. Hanya Leicester City yang memiliki poin disiplin lebih sedikit daripada The Reds.

2 dari 2 halaman

Kans Juara

Liverpool saat ini berada di puncak klasemen Premier Legue. Mereka mengoleksi 64 poin dari 22 pertandingan.

Liverpool unggul 16 poin dari Manchester City yang ada di peringkat kedua. The Reds kini punya kans besar untuk jadi juara liga untuk pertama kalinya dalam 30 tahun.

Syaratnya, Liverpool harus bisa mengoleksi 30 poin lagi. Dengan kata lain, The Reds harus menang dalam 10 pertandingan ke depan.

(cies)

KOMENTAR