BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Eks Wasit EPL Ini Juga Sebut MU Harusnya Tak Dapat Penalti Lawan PSG

08-03-2019 02:36 | Dimas Ardi Prasetya

Marcus Rashford saat menjebol gawang Buffon. (c) AP Marcus Rashford saat menjebol gawang Buffon. (c) AP

Bola.net - Eks wasit Premier League Mark Halsey mengatakan bahwa PSG tak seharusnya mendapat hukuman penalti saat berhadapan dengan Manchester United.

PSG mendapat hukuman penalti pada menit 90+4 saat menjamu United di laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes. Wasit memberikan penalti itu karena menganggap Presnel Kimpembe melakukan handball.

Saat itu Kimpembe berusaha mengeblok tendangan Diogo Dalot. Ia melompat dengan membalikkan badannya dan bola kemudian mengenai lengan kirinya.

Wasit kemudian memutuskan untuk menggunakan bantuan Video Assistan Referee (VAR). Dan setelah beberapa saat ia akhirnya memutuskan bahwa Kimpembe memang telah melakukan handball.

1 dari 3 halaman

Tak Sesuai Aturan


Banyak yang mempertanyakan keputusan wasit untuk memberikan penalti itu. Dan di tengah kontroversi itu, Halsey akhirnya angkat bicara.

Ia menyebut bahwa PSG tak seharusnya mendapat penalti. Sebab menurut aturan, Kimpembe tak menggerakkan lengan/tangannya ke arah bola.

"Hukum 12 H/B terlepas dari di mana lengan/tangan diposisikan tidak berarti pelanggaran telah dilakukan, harus ada gerakan tangan/tangan yang disengaja ke arah bola."

"[Menurut saya] VAR seharusnya tidak pernah terlibat. Wasit harus tetap kuat dengan keputusan aslinya," tulis Halsey di akun Twitter miliknya, @RefereeHalsey.

2 dari 3 halaman

Dukungan Gallagher


Sebelumnya eks wasit Premier League lainnya yakni Dermot Gallagher juga menyebut PSG tak harusnya dihukum penalti. Ia menyebut jika di Inggris, wasit tak akan melihatnya sebagai pelanggaran handball.

Ia juga menegaskan bahwa selain dirinya, masih banyak orang lain yang menganggap MU harusnya tak mendapat hadiah tendangan dari titik 12 pas itu.

"Premier League sedang menguji (VAR) saat ini. Mereka sedang mengujinya dari pekan ke pekan. Saya hanya berpikir bahwa musim depan mereka akan berkata 'Ya, kami akan memberikan tendangan sudut karena lengannya terlalu dekat, lengannya tak bergerak dan kita hanya akan terus melangkah'," tuturnya pada Sky Sports.

"Saya belum berbicara dengan siapa pun pagi ini yang berpikir itu penalti," sambung Gallagher.

3 dari 3 halaman

Berita Video


Berita video highlights Grup A Piala Presiden 2019 antara PS Tira Persikabo melawan Perseru Serui yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (7/3/2019).

5 Bek Tersukses Manchester United yang Patut Ditiru Harry Maguire dan Wan Bissaka

KOMENTAR