BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Duel Antarlini Bayern Munchen vs Atletico Madrid, Mana Lebih Baik?

21-10-2020 19:44 | Serafin Unus Pasi

Liga Champions, Bayern Munchen vs Atletico Madrid (c) Bola.net Liga Champions, Bayern Munchen vs Atletico Madrid (c) Bola.net

Bola.net - Partai Big match langsung tersaji di Grup A Liga Champions, yang mempertemukan juara bertahan Bayern Munchen dan Atletico Madrid, Kamis (22/10/20) dini hari. Secara komposisi skuad, keduanya merupakan klub yang terdaftar di 10 besar klub paling bernilai.

Bayern Munchen yang memiliki total market value 874,7 juta euro berada di urutan keempat tim paling bernilai. Dengan nilai tersebut, tergambarkan bahwa Bayern Munchen diisi dengan pemain-pemain kelas dunia.

Dari belakang hingga depan, Bayern Munchen memiliki skuad yang begitu lengkap. Tiga di antaranya baru saja berhasil mendapatkan penghargaan individu untuk posisinya masin-masing. Manuel Neuer sebagai kiper terbaik UEFA, Joshua Kimmich sebagai bek terbaik UEFA dan Lewandowski sebagai penyerang terbaik UEFA.

Sedangkan Atletico Madrid yang memiliki nilai 735,5 juta euro untuk skuadnya juga memiliki komposisi yang komplit di setiap lininya. Salah satunya, Jan Oblak yang menjadi kiper dengan nilai jual tertinggi di dunia yaitu 90 juta euro.

Belum lagi kedatangan bomber jempolan Luis Suarez yang siap menggedor pertahanan Bayern Munchen. Duel antarlininya yang diisi pemain-pemain terbaik pun menjadi layak dinantikan. Lalu siapa yang akan berhadapan langsung? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Manuel Neuer vs Jan Oblak

Manuel Neuer (c) AP Photo Manuel Neuer (c) AP Photo

Dua kiper terbaik dunia kali ini akan membuktikan siapa yang lebih baik di antara keduanya. Menarik ditunggu karena keduanya memiliki titel yang mentereng, Neuer sebagai kiper terbaik UEFA 2019/20 dan Oblak sebagai kiper dengan market value tertinggi.

Neuer musim ini telah tampil sebanyak enam kali dan baru mencatatkan satu clean sheets. Neuer juga sempat kecolongan ketika kebobolan empat gol oleh Hoffenheim. Di pertandingan Liga Champion kali ini, Manuel Neuer sebagai yang terbaik tahun lalu tentu tidak ingin tampil memalukan.

Di Kubu Atletico, Jan Oblak menjalani awal musim yang lebih mulus. Dari empat kali penampilannya di La Liga, Oblak berhasil mencatatkan tiga clean sheets dan baru satu kali kebobolan. Catatan penyelamatannya pun impresif yaitu 94 persen penyelamatan per laga.

2 dari 4 halaman

Niklas Sule vs Luis Suarez

Striker anyar Atletico Madrid, Luis Suarez. (c) twitter.com/Atleti Striker anyar Atletico Madrid, Luis Suarez. (c) twitter.com/Atleti

Niklas Sule dan Luis Suarez akan berhadapan langsung di pertandingan ini. Sule telah menjadi palang kokoh Bayern Munchen di tiga laga Bundesliga. Dengan postur tubuhnya yang setinggi 1,95 meter, Sule memiliki kemampuan untuk menjatuhkan lawan dan memenangi duel udara yang baik.

Niklas Sule juga memiliki ketenangan yang baik di lini belakang dan tidak gegabah memberikan umpan. Dari tiga laganya, Niklas Sule memiliki akurasi umpan yang baik yakni 95 persen per laganya.

Lawannya kali ini Luis Suarez tentu berambisi mengeluarkan kemampuan terbaik di laga pertama Liga Championsnya bersama Atletico. Suarez setidaknya memiliki bocoran karena musim lalu sempat bersua Niklas Sule meskipun hanya di 15 menit terakhir, ketika Barcelona digulung Bayern.

3 dari 4 halaman

Leon Goretzka vs Koke

Leon Goretzka (c) DFL Leon Goretzka (c) DFL

Di lini tengah ada duel yang mempertemukan Leon Goretzka dan Koke. Keduanya mampu tampil baik di awal musim ini. Leon Goretzka dan Koke juga merupakan gelandang dengan market value yang sama sebesar 60 juta euro.

Di awal musim ini Goretzka masih menjadi andalan Bayern Munchen, dengan total lima penampilan dan mencetak dua gol serta satu assists. Goretzka juga memiliki pengalaman yang baik ketika bersua dengan klub Spanyol, terakhir Goretzka mencetak satu gol di UEFA Super Cup melawan Sevilla.

Lalu lawannya Koke juga merupakan andalan dan telah tampil di empat laga Atletico. Meskipun belum memberikan kontribusi gol dan assists seperti Goretzka, Koke memiliki kemampuan bertahan yang baik.

Koke menghasilkan 2.3 tekel per laganya serta memiliki akurasi umpan yang juga tinggi sebesar 89 persen per laganya. Namun Goretzka juga sama baiknya dalam urusan umpan dengan akurasi umpan mencapai 91 persen.

4 dari 4 halaman

Robert Lewandowski vs Stefan Savic

Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski (c) AP Photo Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Stefan Savic nampaknya akan bekerja ekstra keras karena lawannya adalah Robert Lewandowski yang musim lalu mencetak 15 gol di Liga Champions. Lewandowski sama seperti musim-musim sebelumnya pun masih tampil trengginas.

Di Bundesliga dirinya sempat mencetak quattrick di laga kontra Hertha Berlin. Kini Lewandowski yang telah tampil sebanyak enam kali di semua kompetisi telah membukukan tujuh gol dengan empat asissts.

Stefan Savic yang menjadi bek Atletico tentu harus sigap menjaga lawannya tersebut. Namun, Savic tidak perlu takut karena Atletico merupakan salah satu tim yang mampu menerapkan sepakbola bertahan terbaik.

Demi menjaga pertahanan Savic pun sepertinya harus semakin mengandalkan kemampuannya dalam melakukan clearence. Kemampuan tersebut yang menjadi catatan paling menonjol yang dimiliki Savic, dengan raihan 4.3 clearance setiap pertandingannya.

Sumber: Sofascore, Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR