Di mana Mereka Sekarang? Starting XI Real Madrid yang Kalahkan Liverpool di Final UCL 2018

Serafin Unus Pasi | 28 Mei 2022, 13:25
Real Madrid, Juara Liga Champions 2017/2018 (c) UEFA
Real Madrid, Juara Liga Champions 2017/2018 (c) UEFA

Bola.net - Dini hari nanti sebuah pertandingan super seru tersaji di Stade de France. Dua tim terbaik di Eropa saat ini, Liverpool dan Real Madrid akan saling berhadapan di final Liga Champions 2021/22.


Baik kedua tim sama-sama menjalani musim yang luar biasa di Liga Champions. Real Madrid secara dramatis menyingkirkan Manchester City di semifinal, sementara Liverpool sukses untuk menaklukkan Villarreal.

Partai final antara Liverpool dan Real Madrid ini menjadi sebuah laga nostalgia. Karena empat tahun lalu, kedua tim ini bertemu di Kiev pada final UCL 2018.

Pada saat itu, Real Madrid berhasil menumbangkan Liverpool dengan skor 3-1. Sehingga Los Blancos bertekad untuk mengulangi kisah manis itu di dini hari nanti.

Nah sebelum kita menyaksikan pertandingan final Paris nanti, ada baiknya kita bernostalgia sedikit dengan final 2018 silam. Di mana ya para pemain starting XI Madrid di final itu sekarang?

Yuk intip di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Kiper - Keylor Navas

Keylor Navas. (c) AFP

Di laga final 2018, Real Madrid menurunkan Keylor Navas sebagai sosok di bawah mistar gawang mereka.

Setelah juara di Kiev, Navas hanya bertahan satu musim di Real Madrid. Karena posisinya mulai digusur oleh Thibaut Courtois.

Pada tahun 2019 ia memutuskan untuk pindah ke PSG dengan tebusan 15 juta Euro. Sang kiper menjadi kiper utama PSG, namun di musim ini ia harus bersaing dengan Gianluigi Donnarumma untuk posisi itu.

2 dari 6 halaman

Bek

Selebrasi Sergio Ramos usai mencetak gol di laga Real Madrid vs Atalanta, Liga Champions 2020/21. (c) AP Photo

Marcelo
Di pos bek kiri, Real Madrid mempercayakan Marcelo untuk mengisi slot tersebut.

Marcelo saat ini masih menjadi bagian dari Real Madrid. Ia memimpin El Real untuk memenangkan gelar La Liga musim 2021/22, sehingga ia ingin mengawinkannya dengan gelar UCL musim ini.

Namun musim ini berpotensi jadi musim terakhirnya di Bernabeu, karena kontraknya habis di musim panas dan tidak ada tanda-tanda manajemen Madrid akan memperbaharui kontraknya.

Raphael Varane
Di pos bek tengah pertama ditempati Raphael Varane. Sang bek sudah tidak lagi berada di Real Madrid.

Tepat di tahun lalu, ia memutuskan menerima pinangan Manchester United. Musim perdananya bersama Setan Merah tidak berjalan mulus di mana ia kerap cedera.

Sergio Ramos
Setali tiga uang dengan Varane, Sergio Ramos juga memutuskan cabut dari Real Madrid di tahun lalu. Ia hijrah ke Prancis untuk bermain bersama PSG.

Nasibnya tidak jauh beda dengan Varane, di mana separuh musim pertama ia absen karena masalah cedera. Ia baru bermain di sekitar paruh kedua musim ini, dan ia mengemas dua gol dari 13 penampilan bersama PSG.

Dani Carvajal
Dani Carvajal pada saat itu menempati posisi bek kanan. Untuk saat ini ia masih menjadi bagian dari Real Madrid.

Sama seperti musim-musim sebelumnya, Carvajal sebenarnya jadi pilihan inti Carlo Ancelotti. Namun ia kerap mengalami cedera sehingga Nacho atau Lucas Vazquez kerap mengisi posisi bek kanan El Real.

3 dari 6 halaman

Gelandang

Luka Modric pada duel Real Madrid vs Chelsea leg kedua perempat final Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Toni Kroos
Di tahun 2018, Real Madrid menurunkan skema tiga gelandang. Kroos menjadi salah satu pemain yang jadi starter di posisi itu.

Kroos saat ini masih menjadi bagian dari Real Madrid. Ia jadi pilihan utama Carlo Ancelotti di musim ini, meski usianya sudah menua.

Casemiro
Di pos gelandang bertahan, Casemiro jadi pilihan El Real di tahun 2018. Hingga saat ini posisinya tidak tergeser dari pos tersebut.

Sepanjang musim ini, Carlo Ancelotti sangat mengandalkan Casemiro. Namun ia sempat mengalami beberapa kali cedera sehingga ia tidak bisa maksimal di El Real musim ini.

Luka Modric
Tandem Kroos dan Casemiro di final 2018 adalah Luka Modric. Sang gelandang juga masih bermain untuk El Real hingga hari ini.

Meski usianya sudah mencapai 37 tahun, Modric masih menjadi sosok pembeda bagi El Real. Bahkan ia dirumorkan akan mendapatkan kontrak baru dari manajemen Madrid dalam waktu dekat ini.

4 dari 6 halaman

Penyerang

Cristiano Ronaldo (c) AFP

Isco
Di pos penyerang pertama di final 2018 silam, Real Madrid menurunkan Isco sebagai starter. Ia masih berada di El Real musim ini.

Namun sayangnya beberapa tahun terakhir ia mulai tersisih dari skuat Los Blancos. Jam bermainnya yang minim membuatnya dikabarkan akan meninggalkan El Real setelah Fina UCL berlangsung.

Cristiano Ronaldo
Nama Cristiano Ronaldo menjadi ujung tombak Real Madrid di final UCL 2018. Namun sayang itu adalah tahun terakhirnya bersama El Real.

Di musim panas tahun itu, ia memutuskan pindah ke Juventus dengan pinangan sebesar 100 juta Euro. Namun ia hanya tiga musim di Turin sebelum pindah ke Manchester United pada tahun lalu.

Karim Benzema
Karim Benzema menemani Cristiano Ronaldo di pos ujung tombak El Real di final 2018. Ia menjadi pencetak gol pertama di laga itu memanfaatkan blunder dari Loris Karius.

Sepeninggal Cristiano, Benzema bisa dikatakan menjadi sosok tulang punggung El Real hingga hari ini. Setiap musim ia konsisten mencetak banyak gol bagi El Real dan sosoknya tidak tergantikan hingga hari ini.

5 dari 6 halaman

Pemain Pengganti

Gareth Bale (c) AFP

Nacho Fernandez
Nacho pemain pertama yang masuk sebagai pemain pengganti di final 2018. Ia menggantikan Dani Carvajal di menit 37 yang mengalami cedera.

Hingga saat ini Nacho masih bertahan di Real Madrid. Meski ia tidak jadi starter utama, namun sang bek serba bisa selalu memberikan kontribusi yang apik setiap kali diturunkan di lini pertahanan Los Blancos.

Gareth Bale
Gareth Bale masuk di menit 61. Ia masuk menggantikan Isco setelah Sadio Mane menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Bale yang menjadi pahlawan di final 2018 dengan mencetak dua gol posisinya tergusur dari El Real. Pada tahun 2020, ia sempat dipinjamkan ke Tottenham karena tidak masuk proyeksi skuat Real Madrid.

Musim ini ia kembali membela El Real, namun ia jarang bermain karena rentan cedera. Kontraknya di Bernabeu habis di musim panas ini dan sanga agen sudah mengonfirmasi bahwa sang winger akan cabut.

Marco Asensio
Asensio menjadi pemain terakhir Real Madrid yang tampil di final 2018. Ia masuk menggantikan Karim Benzema di menit 89.

Asensio masih membela El Real musim ini. Namun karena performanya yang angin-anginan, ia mulai digusur Rodrygo Goes di sektor sayap El Real.

6 dari 6 halaman

Manajer - Zinedine Zidane

Zinedine Zidane (c) AFP

Manajer Real Madrid di Final 2018 adalah Zinedine Zidane. Usai membawa El Real menjuarai Final 2018, Zidane memutuskan untuk mundur dari Real Madrid.

Saat ia mundur, Real Madrid menunjuk Julen Lopetegui sebagai gantinya. Namun Lopetegui hanya empat bulan melatih El Real sebelum digantikan Santiago Solari.

Solari juga hanya lima bulan melatih El Real .Sebelum pada tanggal 11 Maret 2019, Zidane balik kucing ke Real Madrid.

Ia dua tahun menangani El Real, dan sukses memenangkan satu gelar La Liga di periode keduanya. Namun ia memutuskan mundur lagi dari Madrid di 27 Mei 2021 kemarin.

Saat ini ia masih menganggur. Namun ia digosipkan jadi kandidat manajer baru PSG, meski kabar yang beredar menyebut Zidane berambisi untuk merebut posisi Didier Deschamps sebagai manajer Timnas Prancis berikutnya

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR