BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dampak Virus Corona di Italia Mulai Merambah Kompetisi Eropa

04-03-2020 04:31 | Yaumil Azis

Napoli (c) AP Photo Napoli (c) AP Photo

Bola.net - Wabah virus Corona yang sempat ramai terjadi China menyebar dan kini telah sampai di Italia. Masalah ini tidak hanya membuat sejumlah pertandingan Serie A ditunda, namun juga beberapa laga kompertisi Eropa harus dimainkan secara tertutup.

Laga-laga dari kompetisi Eropa, seperti Liga Champions dan Liga Europa, rencananya bakalan diegelar pada tengah pekan depan. Namun pihak pemerintah Italia belum menemukan cara agar wabah tersebut bisa berhenti.

Dilansir dari The Local, diketahui bahwa sudah ada sekitar 2,500 kasus virus Corona yang terjadi sejak pasien pertama ditemukan pada bulan Januari lalu. 79 pasien dinyatakan meninggal serta 160 kasus lainnya sembuh total.

Italia mengupayakan yang terbaik agar tidak ada lagi korban dari kasus ini. Salah satu caranya adalah dengan melarang digelarnya sejumlah laga kompetisi sepak bola. Juventus vs Inter Milan, yang seharusnya digelar akhir pekan kemarin, ikut ditunda.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pertandingan Tanpa Penonton

Sejumlah pertandingan pekan ke-26 Serie A sudah dipastikan ditunda. Bahkan, beberapa laga pekan ke-25 sebenarnya juga tidak digelar karena Corona. Sebagai informasi, Inter tidak bermain sama sekali di dua pekan terakhir.

Masalah ini kemudian menjamur ke kompetisi Eropa. Laga-laga yang mempertemukan tim Spanyol dengan klub Italia, seperti Valencia vs Atalanta dan Barcelona vs Napoli, harus dimainkan tanpa kehadiran penonton.

Dua laga di atas merupakan bagian dari rangkaian babak 16 besar Liga Champions musim ini. Selain itu, ada juga laga Sevilla vs AS Roma dan Getafe vs Inter Milan yang merupakan bagian dari 16 besar Liga Europa.

Menteri Kesehatan Spanyol telah memastikan laga-laga tersebut bakalan tetap digelar dengan syarat tanpa kehadiran penonton. Walaupun, sampai berita ini diturunkan, semunya masih hanya sekadar rekomendasi saja.

2 dari 2 halaman

Mengenai Laga-laga Terkait

Laga antara Valencia vs Atalanta sendiri tidak dimainkan di Italia. Setelah menang 4-1 pada leg pertama, kini giliran Atalanta yang bertandang ke markas Valencia untuk menjalani leg kedua. Tapi yang jadi masalah adalah basis dari Atalanta sendiri.

Sebagai informasi, Atalanta merupakan klub yang berbasi di wilayah Lombardy. Dan perlu diketahui juga kalau Lombardy merupakan area yang merasakan dampak virus Corona paling parah saat ini.

Hal yang sama juga terjadi kepada Inter Milan. Ditakutkan kalau para pemain, staf, atau bahkan fans yang ikut datang terjangkit virus itu tanpa diketahui dan berpotensi menyebarkannya di Spanyol.

Sementara itu, laga Sevilla vs Roma dan Barcelona vs Napoli seharusnya tidak terpengaruh. Sebab kota Roma dan Naples sendiri bukanlah area yang terkena penyebaran virus Corona. Walau begitu, dua laga itu diharapkan digelar secara tertutup.

(Football Italia)

KOMENTAR