BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Cuan Abis! Empat Pemain Ini Dijual Mahal FC Porto ke Premier League

03-12-2020 18:14 | Serafin Unus Pasi

Alex Telles menjadi pahlawan kemenangan Porto atas Roma (c) AP Photo Alex Telles menjadi pahlawan kemenangan Porto atas Roma (c) AP Photo

Bola.net - FC Porto memang tidak terlalu menonjol dibandingkan klub-klub Eropa lainnya. Namun, gelar Liga Champions yang pernah diraihnya sebagai kuda hitam pada musim 2003/04, telah membuktikan bahwa Porto memiliki pemain-pemain top di dalamnya.

FC Porto pun sudah sejak lama dianggap sebagai salah satu penerbit bintang-bintang sepak bola. Tak jarang klub-klub besar membajak pemain dari Porto dengan harga yang sangat besar. Salah satu liga yang sering mencari bintang dari klub tersebut adalah Premier League.

Sudah banyak bintang-bintang sepak bola yang dibawa dari klub pemilik 29 gelar Liga Portugal tersebut. Jose Mourinho yang pernah membawa Porto menjadi juara di Eropa pun turut membawa eks anak asuhnya Ricardo Carvalho dengan harga mahal ke ranah Inggris.

Pemain tersebut pun akhirnya menjadi pilar kesayangan Jose Mourinho di Chelsea dan menjadi kunci kokohnya pertahanan The Blues di musim 2005. Carvalho juga meraih sukses besar dan memiliki gelar yang banyak di Chelsea, tiga Premier League dan tiga FA Cup.

Meskipun sulit melepas bintang di klub, nyatanya Porto memang pandai melakukan bisnis yang pas dengan bintang-bintang yang dijualnya. Di Premier League sendiri, salah satu pembelian termahal dari Porto bahkan gagal total. Lalu siapa saja pemain termahal Porto yang dijual ke Premier League? berikut empat nama teratasnya.

1 dari 4 halaman

4. Ricardo Carvalho

Ricardo Carvalho (c) AFP Ricardo Carvalho (c) AFP

Ricardo Carvalho menjadi anak asuh Jose Mourinho yang menjadi juara Liga Champions di musim 2003/04. Performanya yang impresif selama diasuh Mourinho membuat, pelatih flamboyan tersebut turut membawa Carvalho ke Chelsea untuk musim 2004/05.

Harga yang dibayarkan Chelsea saat itu pun tidaklah murah, Carvalho diangkut dengan mahar sebesar 30 juta euro. Harga yang sepadan karena Carvalho turut menjadi salah satu bek tangguh dan menjadi kunci Chelsea meraih gelar Premier League di musim perdananya.

Selama enam musim berada di Stamford Bridge, Carvalho telah tampil sebanyak 210 kali di semua kompetisi dengan raihan 11 gol dan enam assists. Carvalho kemudian meraih gelar Premier League selanjutnya di tahun 2006 dan 2010.

2 dari 4 halaman

3. Anderson

Anderson (c) Ist Anderson (c) Ist

Dianggap sebagai salah satu bibit muda bertalenta dalam sepak bola, Manchester United berani membayar Anderson dengan harga 31,5 juta euro ketika usianya masih menginjak 19 tahun. Anderson selanjutnya sempat masuk ke dalam skuad inti Manchester United dan digadang-gadang akan menjadi penerus Paul Scholes.

Musim pertamanya yang berjalan lancar di United dan turut menjadi bagian dari skuad juara di Liga Champions 2008, membuat Anderson kemudian dianugerahi penghargaan Golden Boy. Namun setelahnya Anderson mengalami kemunduran karir akibat cedera yang terus-menerus datang.

Performanya pun lagi spesial dan akhirnya Anderson pun sempat dipinjamkan ke Fiorentina dan akhirnya dilepas permanen secara gratis ke Internacional.

3 dari 4 halaman

2. Fabio Silva

Fabio Silva bergabung dengan Wolverhampton (c) WWFC Fabio Silva bergabung dengan Wolverhampton (c) WWFC

Fabio Silva sedang menjalani musim debutnya di Premier League dan semakin menambah kesan timnas Portugal di Wolverhampton. Fabio Silva yang baru berusia 18 tahun ditebus Wolverhampton dengan harga yang mahal sebesar 40 juta euro.

Harga yang dikeluarkan karena Fabio Silva mampu menampilkan teknik-teknik olah bola yang mumpuni di usianya yang masih muda. Musim ini, Fabio Silva belum menampilkan kontribusi nyata dan hanya tampil lima kali sebagai pemain pengganti di Premier League.

4 dari 4 halaman

1. Eliaquim Mangala

Eliaquim Mangala (c) AFP Eliaquim Mangala (c) AFP

Hingga kini belum ada pemain dari Porto yang dijual ke Premier League melebihi harga Eliaquim Mangala. Didatangkan dengan mahar yang besar senilai 45 juta euro, Mangala malah tampil buruk bersama Manchester City.

Kedatangannya pun menunjukkan bahwa harga mahal tidak selalu berakhir baik untuk tim. Penampilannya yang tidak kunjung membaik membuat Mangala beberapa kali dipinjamkan ke Valencia dan Everton, dan akhirnya dilepas permanen secara gratis ke Valencia musim lalu.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR