BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Catat Tanggalnya! Bursa Transfer Eropa Ditutup 2 Pekan Lagi, Klub Jagoanmu Sudah Beli Pemain Belum?

23-09-2020 07:00 | Richard Andreas

Gambar ilustrasi bola. (c) AP Photo Gambar ilustrasi bola. (c) AP Photo

Bola.net - Bursa transfer Eropa musim panas ini berjalan tak seperti biasanya. Pandemi virus corona mengubah situasi, UEFA dan liga-liga pun harus menyesuaikan diri.

Biasanya bursa transfer paling panas di pertengahan tahun (Juni-Juli), tapi sekarang molor sampai September. Baru dua-tiga pekan terakhir klub-klub besar aktif belanja dan menjual.

Juga, bursa transfer kali ini pun berjalan lebih panjang dari biasanya, dengan maksud memberi waktu klub-klub untuk bernapas sejenak setelah menutup musim yang berjalan molor.

Kini, bursa transfer mulai mendekati akhir. Kapan ditutup dan seperti apa skemanya?

Mengutip Goal internasional, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Kapan ditutup?

Bursa transfer 2020 kali ini ditutup pukul 24.00 malam CET (Central European Time) 5 Oktober 2020, atau pukul 05.00 WIB 6 Oktober 2020.

Seharusnya, pada situasi normal bursa transfer ditutup pada 1 September, tapi pandemi virus corona mengubah segalanya.

Lima liga top Eropa, Premier League, La Liga, Serie A, Bundesliga, dan Ligue 1, selaras menutup bursa transfer pada 5 Oktober nanti, tidak biasanya kelima liga ini menutup transfer bersamaan.

Meski begitu, ada beberapa perbedaan di negara Eropa lainnya. Di Belanda, Eridivisie menutup bursa transfer pada 6 Oktober waktu setempat. Lalu di Portugal, baru akan ditutup pada 25 Oktober, dan Rusia pada 17 Oktober.

2 dari 3 halaman

Masih bisa transfer meski sudah ditutup?

Seperti biasa, jika di lapangan ada injury time, dalam bursa transfer pun demikian. Klub mendapat waktu satu jam ekstra setelah penutupan resmi bursa transfer, dengan syarat mereka sudah menyerahkan deal sheet.

Deal sheet hanya bisa digunakan dua jam sebelum penutupan bursa transfer, dan harus diterima liga terkait sebelum tenggat transfer lewat.

Waktu ekstra ini diberikan supaya klub bisa menyelesaikan pengisian informasi pemain baru, sesuai dengan syarat FIFA's Transfer Mathching System.

Jika deal sheet tidak diserahkan pada waktunya, transfer bisa gagal.

3 dari 3 halaman

Kapan sih dibuka?

Bursa transfer musim panas saat ini dibuka pada tanggal 27 Juli 2020 lalu untuk Liga Inggris. Ada sejumlah transfer top yuang mencuri perhatian.

Sebut saja pergerakan agresif Chelsea dalam Kai Havertz dkk., lalu ada Liverpool yang mendapatkan Thiago Alcantara, dan Tottenham yang memulangkan Gareth Bale.

Masih ada waktu sekitar dua pekan lagi sampai 5 Oktober 2020, yang berarti masih ada kemungkinan kedatangan pemain top lainnya.

Sumber: Goal

KOMENTAR