Calon Lawan Manchester United di 16 Besar UCL 2021/22: Ronaldo vs Messi Bersemi Lagi?

Serafin Unus Pasi | 9 Desember 2021, 05:36
Penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo
Penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Bola.net - Fase grup Liga Champions 2021/22 telah resmi berakhir. Setelah pertandingan keenam fase grup telah selesai digelar pada Kamis (9/12) dini hari tadi.


Sebanyak total 15 tim sudah dipastikan untuk lolos ke fase gugur UCL 2021/22. Hanya ada satu tiket tersisa yang diperebutkan Atalanta dan Villarreal yang pertandingannya tertunda akibat badai salju.

Salah satu tim yang dipastikan lolos ke fase gugur adalah Manchester United. Setan Merah mengamankan satu tiket sebagai juara grup F.

Lawan Manchester United di babak 16 besar nanti akan ditentukan melalui undian. Ada beberapa ketentuan mengenai calon lawan MU nanti.

Yang pertama, mereka akan berhadapan dengan tim yang berstatus sebagai runner up. Kedua, mereka tidak bisa bertemu runner up dari grup F, yaitu antara Atalanta atau Villarreal. Ketiga mereka tidak bisa bertemu dengan tim dari Inggris.

Berdasarkan tiga kriteria tersebut, siapa saja yang bisa dihadapi MU di babak 16 besar? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 8 halaman

PSG

Selebrasi Lionel Messi setelah mencetak gol untuk PSG (c) AP Photo

Lawan pertama yang bisa dihadapi Manchester United di babak 16 besar adalah PSG. PSG berstatus sebagai runner up grup A.

MU terakhir kali jumpa PSG di fase grup UCL musim lalu. Pada saat itu mereka menang 2-1 di Parc Des Princes, namun kalah 2-0 di Old Trafford.

Banyak yang berharap MU benar-benar bisa bertemu dengan PSG. Karena itu berarti duel legendaris antara Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi bakal terulang lagi.

2 dari 8 halaman

Atletico Madrid

Atletico Madrid (c) AP Photo

Calon lawan kedua Manchester United di babak 16 besar UCL 2021/22. Juara bertahan La Liga itu berstatus sebagai runner up grup B.

Manchester United memang sudah lama tidak bertemu tim asal Ibukota Spanyol itu. Terakhir kali mereka bertemu di fase grup UEFA Winners Cup musim 1991/1992.

Di laga itu Manchester United imbang 1-1 melawan Los Cholchorenos di Old Trafford. Di pertemuan kedua mereka tumbang 3-0 di Vicente Calderon.

3 dari 8 halaman

Sporting Lisbon

Sporting Lisbon (c) AFP

Calon lawan ketiga Manchester United di babak 16 besar adalah Sporting Lisbon. Raksasa Portugal itu berstatus sebagai runner up grup C.

Sejarah mencatat kedua tim ini hanya pernah bertemu satu kali di UCL. Itu terjadi di fase grup UCL 2007/08, di mana MU memenangkan kedua pertandingan tersebut dengan skor 2-1 dan 1-0.

Pertandingan ini akan menjadi laga yang emosional bagi dua bintang MU, Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes. Karena keduanya pernah membela Sporting sebelum pindah ke MU.

4 dari 8 halaman

Inter Milan

Lautaro Martinez merayakan golnya di laga Inter Milan vs Spezia di giornata 15 Serie A 2021-22 di Giuseppe Meazza, Kamis (02/12/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Calon lawan keempat Manchester United di fase gugur UCL nanti adalah Inter Milan. Juara bertahan Serie A itu merupakan runner up dari grup D.

Kedua tim sudah lama tidak berjumpa di ajang UCL. Terakhir kali mereka bermain di UCL pada babak 16 besar musim 2009/10, di mana MU menang agregat dengan skor 2-0.

Terbaru, kedua tim sempat bertemu di Singapura pada pertandingan International Champions CUp. Di laga itu, MU menang dengan skor 1-0 berkat gol semata wayang Mason Greenwood.

5 dari 8 halaman

Benfica

Benfica di Liga Champions 2021/22 (c) AP Photo

Calon lawan kelima Manchester United datang dari Portugal. Mereka adalah Benfica.

Benfica memastikan diri lolos ke fase gugur usai mengalahkan Dynamo Kiev pada dini hari nanti. Mereka menyingkirkan Barcelona yang kalah 3-0 dari Bayern Munchen di pertandingan terakhir grup E.

Manchester United terakhir kali berjumpa dengan Benfica di fase grup UCl 2017/18. Pada saat itu MU menang 1-0 di markas Benfica dan menang 2-0 di Old Trafford.

6 dari 8 halaman

FC Salzburg

Selebrasi pemain RB Salzburg, Brenden Aaronson usai mencetak gol ke gawang Brondy di playoff Liga Champions 2021-2022. (c) AP Photo

Calon lawan terakhir Manchester United di babak 16 besar UCL 2021/22 berasal dari Austria. Mereka adalah FC Salzburg.

Salzburg memastikan diri lolos ke fase gugur sebagai runner up grup G. Mereka mengalahkan SEvilla di pertandingan terakhir dan lolos ke 16 besar.

Jika jadi bertemu, ini akan jadi pertemuan bersejarah bagi kedua tim. Karena untuk pertama kalinya kedua tim ini akan saling berhadapan satu sama lain.

7 dari 8 halaman

Undian 16 Besar

Para fans MU tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui siapa lawan mereka di fase gugur. Karena undian 16 besar akan digelar beberapa hari lagi.

Undian itu akan digelar pada hari Senin (13/12). Tempat pengundian akan dilakukan di markas UEFA di Nyon, Swiss.

Tim runner up akan bermain sebagai tuan rumah terlebih dahulu. Selain itu mulai tahun ini, aturan gol tandang tidak akan digunakan lagi.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR