BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Bukti Keakraban Kylian Mbappe dengan Rekor di Liga Champions: Ronaldo dan Messi Patut Waspada

09-04-2021 14:17 | Afdholud Dzikry

Ekspresi Kylian Mbappe setelah membobol gawang Barcelona, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB di leg I babak 16 besar Liga Champions. (c) AP Photo Ekspresi Kylian Mbappe setelah membobol gawang Barcelona, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB di leg I babak 16 besar Liga Champions. (c) AP Photo

Bola.net - Nama Kylian Mbappe dalam beberapa tahun terakhir telah banyak menjadi perbincangan. Sejak namanya mencuat bersama AS Monaco dan kemudian bersinar terang bareng PSG, banyak yang yakin bintang timnas Prancis ini adalah masa depan sepak bola dunia.

Memang kalau hanya omongan belaka tanpa ada buktinya tak bisa dianggap meyakinkan. Namun melihat bagaimana Mbappe kini diidamkan banyak klub besar, dan sederet rekor meyakinkan yang sudah ditorehkan, anggapan bahwa Mbappe bisa jadi penerus kedigdayaan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bukan isapan jempol belaka.

Yang terbaru, Kylian Mbappe membuat publik sepak bola dunia berdecak kagum saat membantu PSG melibas juara bertahan Bayern Munchen 3-2 pada leg pertama perempat final Liga Champions 2020/2021, Kamis (8/4/2021) dini hari WIB.

Bintang Timnas Prancis itu tampil moncer, membuat Bayern Munchen kalang kabut. Dia dua kali membobol gawang klub raksasa Bundesliga itu.

Gol kedua Kylian Mbappe bahkan sangat penting. Saat itu, Bayern Munchen baru saja menyamakan kedudukan 2-2 dan kemudian pemain berusia 22 tahun itu membuat gol yang membuat PSG merasakan kemenangan.

"Seperti yang saya katakan di Barcelona, saya suka jenis permainan ini," kata Kylian Mbappe selepas pertandingan mengutip BBC.

"Semua tentu tidak selalu berjalan sesuai keinginan saya dan mungkin tidak akan terjadi di masa depan, tetapi saya di sini bukan untuk bersembunyi. Saya suka jenis permainan ini dan menjadi penentu," lanjutnya.

Torehan dua gol itu menambah panjang deretan rekor mentereng yang ditorehkan Kylian Mbappe di ajang Liga Champions. Berikut 20 di antaranya, seperti dilansir Planet Football.

1 dari 4 halaman

Rekor Mengilap Kylian Mbappe

Selebrasi bintang PSG, Kylian Mbappe usai membobol gawang Bayern Munchen, Kamis (8/4/2021) (c) AP Photo Selebrasi bintang PSG, Kylian Mbappe usai membobol gawang Bayern Munchen, Kamis (8/4/2021) (c) AP Photo
  • Sejak awal musim 2017/2018, Mbappe mencatatkan assist terbanyak dibanding pemain lain.
  • Pemain berusia 22 tahun itu mengemas delapan gol di Liga Champions musim 2020/2021. Tak ada pemain Prancis lainnya yang mencetak lebih banyak gol dalam satu musim Liga Champions dibandingkan Mbappe.
  • Dalam 18 pertandingan fase gugur Liga Champions, Mbappe menorehkan 13 gol dan empat assist.
  • Mbappe mengemas lebih banyak gol di babak gugur Liga Champions ketimbang Thierry Henry. Dia kini menempati peringkat kedua pemain Prancis yang mencetak gol terbanyak di fase gugur Liga Champions, hanya kalah enam gol dari Karim Benzema.
  • Mbappe menyumbangkan 21 gol di Liga Champions untuk PSG dan sekarang jadi pencetak gol terbanyak PSG di ajang itu, defisit sembilan gol dari Edinson Cavani.
  • Pemain Timnas Prancis itu mengoleksi tujuh gol di fase gugur Liga Champions untuk PSG, lebih banyak dibanding pemain lain di PSG.
2 dari 4 halaman

Rekor Kylian Mbappe Lainnya

Selebrasi Kylian Mbappe usai membobol gawang Barcelona di leg I babak 16 besar Liga Champions, Rabu (17/2/2021). (c) AP Photo Selebrasi Kylian Mbappe usai membobol gawang Barcelona di leg I babak 16 besar Liga Champions, Rabu (17/2/2021). (c) AP Photo
  • Setelah dua golnya melawan Bayern Munchen, ia menjadi pemain pertama yang mencetak total lima gol tandang di fase 16 besar dan perempat final Liga Champions pada musim yang sama.
  • Gol pembuka Mbappe melawan Bayern Munchen adalah yang paling cepat bagi tim Jerman itu kebobolan di fase gugur Liga Champions sejak Maret 2010, ketika Wayne Rooney mencetak gol melewati mereka setelah 63 detik.
  • Sebelumnya juga pada musim ini, Mbappe menjadi pemain pertama yang mencetak empat gol kontra Barcelona pada satu musim Liga Champions.
  • Setelah Faustino Asprilla dan Andriy Shevchenko, dia adalah pemain ketiga yang mencetak hat-trick Liga Champions melawan Barcelona.
  • Pada usia 22 tahun 80 hari, Mbappe menjadi pemain termuda yang mencapai 25 gol Liga Champions, memecahkan rekor Lionel Messi.
  • Meski masih berusia 22 tahun, Mbappe sudah mencetak gol tandang di Etihad, Old Trafford, Anfield, Camp Nou, Bernabeu, Celtic Park, Allianz Arena, Stadion Juventus, dan Signal Iduna Park.13. Dia pemain Prancis termuda kedua yang mencetak gol di Liga Champions, hanya kalah dari Karim Benzema.
3 dari 4 halaman

Rekor Kylian Mbappe Lainnya

Bintang PSG, Kylian Mbappe. (c) AP Photo Bintang PSG, Kylian Mbappe. (c) AP Photo
  • Mbappe adalah pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mencetak gol dalam empat penampilan fase gugur pertamanya.
  • Pada 2017, ia menjadi pemain termuda dalam sejarah yang mencetak gol di kedua leg perempat final Liga Champions.
  • Setelah mencetak gol melawan Juventus pada 2017, Mbappe menjadi pemain termuda dalam sejarah yang mencetak gol di semifinal Liga Champions.
  • Mbappe adalah pencetak gol termuda Monaco dan PSG di Liga Champions.
  • Dia adalah remaja pertama dalam sejarah yang mencetak gol Liga Champions untuk dua klub berbeda.
  • Dia adalah pemain termuda yang mencapai 10 gol Liga Champions, saat berusia 18 tahun dan 350 hari.
  • Mbappe mencetak 13 gol Liga Champions sebelum berusia 20 tahun, menjadikannya remaja dengan gol tertinggi dalam sejarah Liga Champions.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.com (Yus Mei Sawitri; 9/4/2021)

4 dari 4 halaman

KOMENTAR