BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Berani! Tuchel Jelaskan Keputusan Mainkan Kepa di Babak Adu Penalti

12-08-2021 10:00 | Richard Andreas

Aksi Kepa Arrizabalaga menepis penalti lawan, Chelsea vs Villarreal, UEFA Super Cup 2021 (c) AP Photo
Aksi Kepa Arrizabalaga menepis penalti lawan, Chelsea vs Villarreal, UEFA Super Cup 2021 (c) AP Photo

Bola.net - Kepa Arrizabalaga jadi pahlawan kemenangan Chelsea atas Villarreal di UEFA Super Cup, Kamis (12/8/2021). Kepa menghentikan dua tembakan lawan di babak adu penalti.

Keputusan Thomas Tuchel memainkan Kepa ini jadi sorotan. Pasalnya, Kepa baru masuk bermain di menit ke-119, artinya dia memang khusus disiapkan untuk adu penalti.

Kepa ditunjuk menggantikan Edouard Mendy yang sebenarnya bermain baik. Perjudian ini tepat, Kepa terbukti bisa jadi pahlawan Chelsea dalam meraih trofi kali ini.

Meski begitu, keputusan memainkan kiper tepat di menit akhir cukup berisiko. Apa kata Tuchel?

1 dari 3 halaman

Percaya statistik

Tuchel menjelaskan, bahwa Chelsea sudah lama menentukan urutan kiper mereka jika harus bermain di babak adu penalti. Kepa terbukti lebih baik dari Mendy, dan karena itulah Kepa dipercaya kali ini.

"Kami telah berbicara dengan para pelatih dan departemen analisis yang memberikan statistik bahwa Willy Caballero jadi yang terbaik dalam hal penalti, Kepa terbaik kedua, lalu Edou ketiga," ujar Tuchel di Football London.

"Kami bicara terbuka dengan para kiper bahwa ketika muncul situasi seperti hari ini kami akan membuat pergantian, bukan karena alasan personal, tapi untuk membantu tim karena kami percaya statistik."

2 dari 3 halaman

Sudah direncanakan

Selebrasi skuad Chelsea usai dipastikan menjuarai UEFA Supercup 2021. (c) AP Photo
Selebrasi skuad Chelsea usai dipastikan menjuarai UEFA Supercup 2021. (c) AP Photo

Intinya, keputusan itu sudah lama disiapkan dan para kiper sudah mengatahuinya. Oleh sebab itu, reaksi Mendy tampak biasa-biasa saja ketika ditarik keluar dan digantikan oleh Kepa.

"Ketika Anda melihat Mendy menyampingkan egonya dalam keputusan tersebut, dia jelas menyadari itu, dan itulah kuncinya. Ini bukan karena firasat atau gagasan mendadak dari pelatih," tegas Tuchel.

"Keputusan itu sudah direncanakan dan didiskusikan secara terbuka dengan para kiper dan saya sangat puas mereka menunjukkan semangat tim, Edou rela melakukannya demi tim."

3 dari 3 halaman

Dibantu keberuntungan

Meski begitu, Tuchel pun mengakui bahwa Kepa juga dibantu keberuntungan di babak adu penalti. Dia tahu adu penalti selalu sulit.

"Anda masih membutuhkan keberuntungan, semua orang tahu itu. Berkat dukungan dan keberuntungan, Kepa bisa menunjukkan dan membuktikan kualitasnya," tutup Tuchel.

Sumber: Football London

KOMENTAR