BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barisan Pelatih Top Dunia yang Masih Mengganggur, Ada Eks Barcelona

16-04-2020 15:43 | Aga Deta

Ernesto Valverde, Barcelona (c) AP Photo Ernesto Valverde, Barcelona (c) AP Photo

Bola.net - Beragam aksi pemain dari lapangan hijau memang tidak pernah ada habisnya untuk dibahas. Namun, kiprah para pelatih terutama di pentas sepak bola Inggris juga sering menghadirkan kisah yang menarik.

Hal itu karena pelatih memiliki andil besar atas kesuksesan sebuah tim. Bahkan, dari sentuhannya, prestasi sebuah tim ditentukan. Seorang pelatih adalah nakhoda sebuah tim.

Banyak pelatih bertangan dingin, memiliki sentuhan emas di panggung sepak bola dunia. Mereka mencatatkan banyak gelar bersama tim asuhan dan berbagai prestasi itu masuk buku sejarah.

Beberapa pelatih dalam dua dekade terakhir yang punya nama besar, semisal Sir Alex Ferguson, Carlo Ancelotti, Marcelo Lippi, Giovanni Trapattoni, Arsene Wenger, Jose Mourinho, dan lain sebagainya. Ada yang sudah pensiun, ada pula yang masih terus berkarya dan mencoba mengukir sejarah-sejarah baru.

Sayangnya, ada beberapa pelatih dengan nama besar, masih aktif atau belum pensiun, tak bisa berkarya. Bukan karena sedang menjalani sanksi atau semacamnya, namun karena tak ada klub yang berkenan merekrut mereka. Setidaknya sampai saat ini.

Sebut saja Mauricio Pochettino. Sejak didepak Tottenham Hostpur pada 19 November 2019 akibat rentetan hasil buruk, pelatih asal Argentina itu masih belum mendapat klub lagi.

Tampaknya, Pochettino masih harus menunggu lebih lama lagi untuk mendapat klub baru menyusul penghentian sementara mayoritas kompetisi akibat pandemi virus corona. Hal itu membuat kompetisi musim ini diperkirakan akan molor.

Selain Pochettino, ada beberapa pelatih bintang lain yang masih menganggur. Beragam alasan menyertai situasi tersebut. Ada yang memang tak mendapat tawaran, mendapat tawaran namun merasa tak sreg, hingga sengaja beristirahat lebih dulu.

Berikut beberapa di antara pelatih top yang masih jobless tersebut. Mungkin ada di antara Anda yang sudah merindukan mereka beraksi lagi di tepi lapangan.

1 dari 5 halaman

1. Ernesto Valverde

Ernesto Valverde merupakan korban "terakhir" dalam kerasnya persaingan sepak bola elite Eropa. Dia didepak Barcelona pada 13 Januari 2020, tak lama setelah Blaugrana menelan kekalahan 2-3. dari Atletico Madrid di ajang Piala Super Spanyol.

Valverde membesut Barcelona sejak 29 Mei 2017, menggantikan Luis Enrique, dan mempersembahkan dua gelar La Liga, satu titel Copa del Rey serta Piala Super Spanyol.

2 dari 5 halaman

2. Unai Emery

Bisa dibilang, karier Unai Emery di Arsenal sebagai sebuah bencana. Dia didatangkan pada 23 Mei 2018, dan didepak pada 29 November 2019. Karier yang seumur jagung, di klub sebesar Arsenal.

Pelatih asal Spanyol ini dilepas setelah dianggal gagal mengangkat performa the Gunners. Kendati berhasil mengantar Meriam London ke final Liga Europa 2018-2019, tujuh partai tanpa kemenangan membuatnya berada di pintu keluar Emirates Stadium. Hingga kini ia belum melatih lagi.

3 dari 5 halaman

3. Max Allegri

Max Allegri merupakan salah seorang pelatih yang ditakuti dan dihormati di Serie A. Namun, karier melatihnya untuk sementara terhenti setelah ia dan Juventus mencapai kesepakatan untuk berpisah pada akhir musim 2018-2019. Hingga sekarang ia belum mendapat klub baru.

Kendati, namanya sudah sering dikaitkan dengan sejumlah klub elite, mulai Barcelona, Manchester United, Arsenal, dan terbaru adalah Newcastle United.

Dalam berbagai kesempatan Allegri menuturkan ia belum menerima tawaran melatih karena ingin break dan mengisi waktunya untuk melakukan aktivitas lain, seperti belajar bahasa asing.

4 dari 5 halaman

4. Mauricio Pochettino

Sejak didepak Tottenham Hostpur pada 19 November 2019 akibat rentetan hasil buruk, pelatih asal Argentina itu masih belum mendapat klub lagi.

Padahal, CV-nya cukup mentereng, satu di antaranya berhasil mengantar Tottenham ke final Liga Champions 2018-2019. Itu menjadi prestasi pertama sepanjang sejarah klub London Utara itu di Liga Champions.

Beberapa klub sempat dikaitkan dengan Pochettino, termasuk Manchester United dan Barcelona, namun hingga kini pelatih berusia 48 tahun itu masih menganggur.

5 dari 5 halaman

5. Manuel Pellegrini

Karier Manuel Pellegrin di klub terakhirnya, West Ham United, tergolong singkat. Pelatih asal Chile ini ditunjuk menakhodai West Ham pada 22 Mei 2018. Dia mendapat kontrak selama tiga tahun.

Pellegrini berhasil membawa the Irons finis di peringkat ke-10 pada akhir musim 2018-2019. Posisi 10 besar pertama sejak 2016.

Namun, pada 28 Desember 2019, West Ham menyudahi kontraknya lebih cepat akibat buruknya performa tim. Hingga kini, mantan pelatih Real Madrid dan Manchester City itu masih belum membesut tim lagi.

Sumber: Four Four Two
Disadur dari: Bola.com/Penulis Aning Jati
Published: 16 April 2020

KOMENTAR