Barisan 5 Bek Kiri Termahal di Dunia: Dua Nama Ada di Chelsea

Dimas Ardi Prasetya | 7 Agustus 2022, 16:54
Ben Chilwell merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brentford pada pekan ke-8 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo
Ben Chilwell merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brentford pada pekan ke-8 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Bola.net - Posisi fullback, termasuk di kiri, mulai dianggap sebagai bagian vital dalam sepak bola modern dan ini membuat mereka mulai diberi bandrol selangit.

Bek kiri di dunia sepak bola hari ini punya banyak tuntutan yang harus dilakukan. Mereka harus bisa lebih menekan ke depan, berlari sangat cepat, dan memiliki kemampuan untuk menerima umpan dan mengalirkan umpan selayaknya pemain gelandang.

Satu hal yang mengejutkan, cukup banyak pemain berposisi bek kiri yang mampu menjalankan peran seperti itu. Sebut saja Roberto Carlos yang pernah memperkuat Real Madrid dan Timnas Brasil. Kemudian juga ada Jordi Alba di Barcelona dan Timnas Spanyol.

Pemain dengan kemampuan yang begitu lengkap seperti itu tentu saja mendapatkan apresiasi dengan diberi bandrol selangit. Dan sekarang siapa saja lima pemain di pos bek kiri yang berstatus termahal di dunia?

Simak informasinya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Nuno Mendes

Aksi Nuno Mendes pada duel PSG vs Real Madrid di leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Aksi Nuno Mendes pada duel PSG vs Real Madrid di leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Setelah cukup dominan di kancah domestik, Paris Saint-Germain (PSG) mencoba untuk bisa mendominasi di Eropa dengan merekrut pemain hebat macam Lionel Messi, Gianluigi Donnarumma, Georginio Wijnaldum, dan Achraf Hakimi. Selain itu, mereka mendatangkan bek kiri Nuno Mendes sebagai pemain pinjaman dari Sporting Lisbon.

PSG gagal mendapatkan tujuan mereka pada musim lalu, tapi sejumlah pemain mampu membuat para penggemar terkesan dengan performa yang mereka perlihatkan. Mendes adalah satu di antara pemain yang sukses mencuri perhatian.

Punya kecepatan yang luar biasa dan kreatif, Mendes mampu melakukan akselerasi di sisi kiri kapanpun kesempatan datang. Ia dengan mudah menyatu dengan rekan-rekan setimnya dan tak ragu untuk membantu serangan.

Tampil impresif selama menjadi pemain pinjaman, dengan mencatatkan dua assist dalam 37 pertandingan di semua kompetisi pada musim lalu, PSG pun mempermanen statusnya. Juara Prancis itu mengaktifkan klausul pembelian senilai 38 juta euro dari kontrak Mendes bersama Sporting Lisbon pada musim panas ini.

2 dari 5 halaman

Ferland Mendy

Duel Ferland Mendy dan Mateo Kovacic pada laga Chelsea vs Real Madrid di leg pertama perempat final Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Duel Ferland Mendy dan Mateo Kovacic pada laga Chelsea vs Real Madrid di leg pertama perempat final Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Setelah Marcelo memasuki senja kariernya, Real Madrid membuat keputusan besar untuk merekrut bek kiri lain pada musim panas 2019. Ferland Mendy diboyong dari Olympique Lyon, dan Los Blancos rela mengeluarkan dana 48 juta euro untuk memboyongnya.

Mendy membawa sesuatu yang berbeda jika dibandingkan dengan Marcelo. Pemain asal Prancis ini bukan pemain yang flamboyan untuk maju ke depan, tapi ia tahu bagaimana memperketat lini bertahan.

Ia mencetak sebuah gol dan memberikan empat assist dalam 25 laga di La Liga Spanyol yang dimainkan Real Madrid untuk menjadi juara pada musim lalu.

Pemain berusia 27 tahun itu juga menjadi instrumen penting di balik sukses Real Madrid pada musi 2021/2022. Mendy mencetak dua gol dan liam assist dalam keberhasilan Real Madrid menjuarai Liga Champions dan La Liga Spanyol.

3 dari 5 halaman

Ben Chilwell

Penggawa Chelsea, Ben Chilwell, tidak memedulikan selebrasi pemain Aston Villa dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (23/5/2021). (c) AP Photo

Penggawa Chelsea, Ben Chilwell, tidak memedulikan selebrasi pemain Aston Villa dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (23/5/2021). (c) AP Photo

Chelsea merekrut Ben Chilwell dari Leicester City pada musim panas 2020 dengan nilai 50,2 juta euro. Jebolan Leicester City itu memang tampil mengesankan di Premier League, dengan mencetak enam gol dalam 27 laga untuk akhirnya diboyong ke Stamford Bridge.

Ben Chilwell bermain dalam 42 laga di semua kompetisi bersama Chelsea pada musim 2020/2021. Ia sukses mencatatkan empat gol dan tujuh assist.

Performa impresifnya di Liga Champions memainkan bagian penting di balik keberhasilan Chelsea meraih trofi juara kompetisi elit Eropa itu.

4 dari 5 halaman

Benjamin Mendy

Aksi Benjamin Mendy saat lawan Liverpool. (c) AP Photo

Aksi Benjamin Mendy saat lawan Liverpool. (c) AP Photo

Mengesankan bersama AS Monaco, Manchester City merekrut Benjamin Mendy dengan nilai 57,5 juta euro pada musim panas 2017.

Sempat mengalami cedera, Mendy hanya tampil dalam tujuh pertandingan Premier League pada musim debutnya di Inggris, dengan catatan hanya satu assist.

Cedera dan masalah disiplin membuatnya kesulitan selama tiga musim pertama, hanya bermain dalam 65 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak dua gol serta 13 assist.

Pada awal musim 2021/2022, Mendy juga sempat mendapatkan masalah karena dugaan penganiayaan seksual, memaksa klub memutuskan semua hubungan dengannya. Pemain tersebut mengaku tidak bersalah untuk sembilan tuduhan pelecehan seksual yang disangkakan kepadanya.

5 dari 5 halaman

Marc Cucurella

Marc Cucurella. (c) chelseafc.com

Marc Cucurella. (c) chelseafc.com

Bergabung bersama Chelsea dari Brighton and Hove Albion, Marc Cucurella dihargai 65,3 juta euro, yang membuatnya menjadi bek kiri paling mahal dalam sejarah sepak bola.

Jebolan dari akademi Barcelona ini mendapatkan debut profesionalnya dengan menghadapi Eibar pada musim 2018/2019. Pemain asal Spanyol itu tampil dalam 31 pertandingan liga dan mencetak satu gol serta dua assist.

Ia kemudian bermain bersama Getafe sebelum akhirnya bergabung bersama Brighton dengan nilai 18 juta euro pada musim panas lalu. Ia hanya menccetak satu gol dan satu assisst dalam debutnya di Premier League.

Namun, Cucurella menjadi pemain yang mengesankan dengan kecepatannya yang luar biasa dan kerja kerasnya yang tidak kenal lelah. Kini ia pun memikul beban sebagai bek kiri termahal sepanjang sejarah yang membuatnya menjadi pemain Chelsea yang cukup disorot pada musim ini.

Sumber Asli: Sportskeeda
Disadur dari: Bola.com/Penulis Benediktus Gerendo Pradigdo
Published: 07/08/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR