BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barcelona vs PSG: Koeman Menang Pengalaman dan Poin, Pochettino Unggul Head to Head

15-02-2021 16:31 | Gia Yuda Pradana

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG) akan berjumpa pada laga Babak 16 Besar Liga Champions 2020/2021. Palagan antara kedua tim ini bakal digelar di Camp Nou, Rabu (17/02) dini hari WIB.

Pertandingan leg pertama ini tak hanya akan menjadi pertarungan antara bintang-bintang kedua tim tersebut. Laga ini sekaligus akan menjadi ajang adu siasat bagi pelatih kedua tim tersebut.

Ronald Koeman di Barcelona akan beradu taktik dengan Mauricio Pochettino, yang menangani PSG.

Kedua pelatih berbeda generasi. Namun, mereka berdua sama-sama berstatus sebagai pelatih papan atas saat ini.

Bagaimana perbandingan dan catatan-catatan kedua pelatih tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Koeman Menang Pengalaman

Ronald Koeman (c) AP Photo Ronald Koeman (c) AP Photo

Soal pengalaman melatih, Koeman unggul ketimbang Pochettino. Pelatih asal Belanda ini terjun ke dunia kepelatihan lebih dulu ketimbang koleganya asal Argentina tersebut.

Koeman pertama kali mecicipi dunia kepelatihan pada 1997. Waktu itu, ia menjadi asisten pelatih Timnas Belanda. Sejauh ini, Koeman sudah 708 kali memimpin langsung anak asuhnya di pertandingan.

Pochettino menyusul masuk ke dunia kepelatihan pada 2008 kala menangani tim sepak bola wanita Espanyol. Awal 2009, ia ditugaskan menangani tim utama Espanyol. Setelahnya, pada Januari 2013, ia hijrah ke Inggris dan bergabung dengan Southampton. Semusim berselang, Pochettino pindah ke Tottenham Hotspurs dan bertahan di sana sampai 19 November 2019, ketika ia dipecat akibat serangkaian hasil buruk yang diterima Spurs.

Selama karier kepelatihannya, Pochettino sudah menjalani 513 pertandingan.

2 dari 4 halaman

Koeman Unggul Raihan Poin

Ronald Koeman (c) AP Photo Ronald Koeman (c) AP Photo

Tak hanya soal pengalaman di dunia kepelatihan, Koeman juga memiliki kelebihan lain dari Pellegrini. Eks penggawa Barcelona ini memiliki rataan poin yang lebih ciamik ketimbang juniornya tersebut.

Dalam 708 pertandingan, Koeman meraih 385 kemenangan, 147 imbang, dan 176 kali kalah. Total, ia meraih 1302 poin atau rata-rata 1,84 poin dalam tiap pertandingan.

Sementara, dalam 522 laga yang dilakoninya sebagai pelatih, Pochettino meraih 243 kemenangan, 117 hasil imbang, dan 162 kali kalah. Total, eks Tottenham Hotspur ini meraih 846 poin, atau rata-rata 1,62 poin dalam tiap laga.

3 dari 4 halaman

Skuad Koeman Lebih Buas dan Kukuh

Lionel Messi dan Ronald Koeman (c) Barcelona Twitter Lionel Messi dan Ronald Koeman (c) Barcelona Twitter

Performa skuad besutan Koeman dalam membobol gawang lawan pun jauh lebih baik ketimbang armada Pochettino. Dalam 708 laga, skuad besutan Koeman sudah mencetak 1291 gol. Rata-rata, dalam tiap laga, tim Koeman mencetak 1,82 gol.

Sementara, dalam 552 laga, armada Pochettino 'baru' mencetak 848 gol. Rata-rata, dalam tiap laga, tim yang dinakhodai pelatih 48 tahun tersebut mencetak 1,62 gol.

Urusan pertahanan pun, tim Koeman lebih ciamik. Dari 708 laga, gawang mereka kebobolan 756 gol. Rata-rata, dalam tiap pertandingan, gawang mereka kebobolan 1,07 gol.

Di sisi lain, dari 522 laga, gawang tim besutan Pochettino sudah 615 kali bobol. Artinya, dalam tiap laga rata-rata gawang timnya kebobolan 1,17 kali.

4 dari 4 halaman

Pochettino Menang Head to Head dari Koeman

Pelatih PSG, Mauricio Pochettino (c) AP Photo Pelatih PSG, Mauricio Pochettino (c) AP Photo

Sementara itu, ada satu hal di mana Pochettino memiliki keunggulan dari Koeman. Hal tersebut adalah catatan pertemuan mereka.

Sepanjang karier mereka berdua, Koeman dan Pochettino sempat tujuh kali bersua. Semua pertemuan itu tersaji di Premier League. Koeman melalui empat di antaranya bersama Southampton, sedangkan tiga lainnya bersama Everton. Sementara itu, Pochettino melakoni tujuh pertandingan itu sebagai pelatih Tottenham.  

Hasilnya, Pochettino meraih empat kali kemenangan dan dua hasil imbang. Sisanya, satu laga, dimenangi Koeman.

Namun, Pochettino tak bisa terlalu jemawa. Pasalnya, catatannya kala menghadapi Barcelona tak bisa dibilang bagus.

Sejauh ini, Pochettino sudah berpengalaman sebelas kali bersua Blaugrana. Hasilnya, ia hanya bisa meraih sekali kemenangan dan empat kali imbang. Sementara, dalam enam laga sisanya, ia menelan kekalahan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR