BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Barcelona vs PSG: 5 Alasan Les Parisiens Bakal Tekuk Blaugrana di Camp Nou

15-02-2021 10:57 | Gia Yuda Pradana

PSG (c) AP Photo
PSG (c) AP Photo

Bola.net - PSG akan menghadapi Barcelona di babak 16 besar Liga Champions 2020/21. Leg pertama akan digelar di Camp Nou, markas Blaugrana, Rabu (17/2/2021).

PSG takkan turun dengan kekuatan penuh mereka. Ada sejumlah pemain Les Parisiens yang harus menepi akibat cedera. Salah satunya adalah bintang Brasil yang juga merupakan mantan pilar Barcelona, Neymar.

Namun, PSG sama sekali tidak bisa diremehkan. Peluang wakil Prancis itu untuk menekuk sang raksasa Spanyol di leg pertama bahkan cukup terbuka.

Ada beberapa alasan untuk memfavoritkan tim tamu. Simak ulasannya berikut.

1 dari 5 halaman

Barcelona Tak Terlalu Menakutkan

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di laga Barcelona vs Juventus (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di laga Barcelona vs Juventus (c) AP Photo

Barcelona musim ini, harus diakui, tak lagi menakutkan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Salah satu alasannya adalah bergabungnya sang mesin gol Luis Suarez ke Atletico Madrid.

Bersama pelatih baru Ronaldo Koeman, Barcelona masih kerap bermasalah dengan inkonsistensi. Selain itu, masih ada juga tanda tanya besar seputar kontrak kapten Lionel Messi.

Musim ini, Barcelona tercatat telah menelan enam kekalahan di semua ajang. Dua di antaranya bahkan kekalahan kandang 1-3 kontra Real Madrid di La Liga (24/10/2020) dan 0-3 kontra Juventus di fase grup Liga Champions (9/12/2020).

Ya, Barcelona bisa dikalahkan di Camp Nou. Kalau Madrid dan Juventus bisa, tim sekuat PSG pun seharusnya juga punya kans untuk melakukan hal yang sama.

2 dari 5 halaman

Lubang di Pertahanan Barcelona

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (c) AP Photo
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (c) AP Photo

Bicara krisis pemain, bukan cuma PSG yang mengalaminya. Barcelona juga demikian. Terlebih lagi, Barcelona kehilangan beberapa beknya.

Gerard Pique, Ronald Araujo, dan Sergi Roberto dibekap cedera. Sementara itu, Samuel Umtiti masih meragukan.

Barcelona bahkan tercatat cuma dua kali clean sheet dalam sepuluh laga terakhirnya di semua ajang. Dua clean sheet itu pun didapatkan ketika melawan tim sekelas Cornella di Copa del Rey dan Elche di La Liga.

Selama periode itu, Barcelona kebobolan total 13 gol. Tiga di antaranya adalah ketika kalah 2-3 dari Athletic Bilbao di final Supercopa de Espana.

3 dari 5 halaman

Ini PSG Racikan Mauricio Pochettino

Pelatih PSG, Mauricio Pochettino (c) AP Photo
Pelatih PSG, Mauricio Pochettino (c) AP Photo

Mauricio Pochettino menggantikan Thomas Tuchel sebagai pelatih PSG sejak 2 Januari 2021. PSG racikannya bisa dibilang sangat menjanjikan.

Dalam sepuluh pertandingan di semua kompetisi bersama mantan pelatih Tottenham tersebut sejauh ini, PSG meraih delapan kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Mereka juga mencetak total 21 gol dan baru kebobolan enam.

Pochettino bahkan telah mempersembahkan trofi pertamanya, yakni ketika membawa PSG mengalahkan Marseille 2-1 di Trophee des Champions (Piala Super Prancis) pada 13 Januari 2021. PSG menang lewat gol Mauro Icardi dan penalti Neymar.

Bersama Pochettino, PSG boleh merasa percaya diri dalam lawatan ke Spanyol ini.

4 dari 5 halaman

Ancaman Kean dan Icardi

Duo PSG, Moise Kean dan Mauro Icardi (c) AP Photo
Duo PSG, Moise Kean dan Mauro Icardi (c) AP Photo

Neymar absen akibat cedera. Angel Di Maria juga sama. Namun, PSG tak kekurangan amunisi di lini serang.

Moise Kean, yang dipinjam dari Everton, bisa mengisi posisi Di Maria di kanan. Penyerang 20 tahun Italia mantan pemain Juventus itu juga telah menunjukkan kualitasnya bersama PSG. Dia sudah mencetak 13 gol dan satu assist dalam 24 penampilan untuk PSG di semua kompetisi musim ini.

Di posisi ujung tombak, Mauro Icardi bisa dijadikan andalan. Striker 27 tahun Argentina mantan pemain Inter Milan tersebut mencetak empat gol dan tiga assist dalam delapan penampilan terakhirnya untuk PSG di semua kompetisi.

Mereka berpotensi menebar ancaman buat Blaugrana.

5 dari 5 halaman

Dan, Tentu Saja Mbappe

Penyerang PSG, Kylian Mbappe (c) AP Photo
Penyerang PSG, Kylian Mbappe (c) AP Photo

Namun, dari semua pemain PSG, satu nama yang pastinya paling diwaspadai oleh Barcelona adalah Kylian Mbappe. Penyerang 20 tahun Prancis tersebut sudah menyumbang 18 gol dan sembilan assist dalam 28 penampilan untuk PSG di semua kompetisi musim ini.

Kecepatan, teknik, dan finishing Mbappe berada di atas rata-rata. Barcelona tak boleh melakukan kesalahan jika tidak ingin celaka.

PSG datang ke Camp Nou bukan untuk kalah. Mereka datang untuk menang. Mbappe adalah salah satu tumpuan Les Parisiens untuk menaklukkan Blaugrana.

KOMENTAR