BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barcelona vs Bayern Munchen: Membedah Kekuatan Dua Raksasa Eropa dari Statistik

14-08-2020 11:22 | Yaumil Azis

Barcelona vs Bayern Munchen di perempat final Liga Champions 2019-2020. (c) bola.net Barcelona vs Bayern Munchen di perempat final Liga Champions 2019-2020. (c) bola.net

Bola.net - Liga Champions kehilangan sejumlah kandidat kuat juara yang tersingkir di babak 16 besar. Tetapi keseruan kompetisi papan atas Eropa itu tidak berkurang. Masih ada dua raksasa yang akan saling tatap muka: Barcelona dan Bayern Munchen.

Munchen dinyatakan lolos ke babak perempat final setelah menyingkirkan klub raksasa Inggris, Chelsea. Tidak tanggung-tanggung, Die Bavarians menumbangkan the Blues dalam duel dua leg dengan agregat 7-1.

Barcelona pun melaju dengan kemenangan yang tak kalah apik. Setelah sempat ditahan imbang 1-1 pada pertemuan perdana melawan Napoli, klub asuhan Quique Setien tersebut berhasil mengakhiri laga leg kedua dengan skor 3-1.

Dua klub di atas adalah kandidat terkuat juara yang tersisa pada musim ini. Mereka akan saling bertatap muka pada hari Sabtu (15/8/2020) mendatang di Estadio da Luz, Portugal. Jelas, laga ini tidak boleh sampai dilewatkan oleh Bolaneters sekalian.

Ada banyak cara untuk mengetahui siapa yang terbaik dari kedua tim ini sebelum laga dimulai. Salah satunya melalui statistik. Informasi dari Barca Blaugranes ini mungkin bisa membantu Bolaneters dalam menentukan pilihannya. Yuk disimak!

1 dari 3 halaman

Statistik Barcelona dan Bayern Munchen di Liga Champions

Skuat Bayern Munchen merayakan gol Robert Lewandowski ke gawang Chelsea, Minggu (9/8/2020) (c) AP Photo Skuat Bayern Munchen merayakan gol Robert Lewandowski ke gawang Chelsea, Minggu (9/8/2020) (c) AP Photo

1. Munchen berhasil memenangkan seluruh delapan laga di Liga Champions musim ini dengan torehan 31 gol. Sementara itu, Barcelona yang belum terkalahkan hanya mampu meraih lima kemenangan dari delapan laga dengan catatan 13 gol.

Sebagai informasi, Robert Lewandowski sebagai top skorer Bayern Munchen musim ini telah membukukan 13 gol di Liga Champions saja.

2. Munchen melepaskan 184 tembakan di Liga Champions edisi kali ini, hampir dua kali lipat dari 97 tembakan yang dilakukan Barcelona. Die Bavarians juga mencatatkan 18 peluang emas dibandingkan tujuh milik Blaugrana.

3. Munchen terbukti sebagai tim yang lebih bugar, di mana para pemainnya sanggup berlari sejauh 906,7 km di Liga Champions musim ini. 113,3 km per pertandingan. Sementara itu, pemain Barca hanya berlari sejauh 850 km, 106,3 km per pertandingan.

4. Dari aspek pertahanan, kedua tim tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Mereka sama-sama mengantongi enam kali kebobolan, walaupun Munchen memiliki empat clean sheet dibandingkan dua punya Barcelona.

Barcelona unggul dari segi perolehan tackling (33 dibandingkan 28 milik Munchen) serta blokade tembakan (32 dibandingkan 10). Tetapi Munchen lebih baik dari segi merebut bola kembali dari lawan (364 kali berbanding 342 milik Barca).

5. Munchen telah mengantongi enam kartu kuning dan nol kartu merah musim ini. Sangat jauh berbeda dengan Barca yang sudah mengantongi 22 kartu kuning dan satu kartu merah pada Liga Champions edisi kali ini.

6. Barcelona memiliki catatan pelanggaran yang lebih besar dari Munchen (89 berbanding 81), namun dilanggar lebih sering ketimbang klub raksasa Jerman tersebut (102 berbanding 64).

2 dari 3 halaman

Statistik Barcelona dan Bayern Munchen di Kancah Domestik

Skuat Barcelona rayakan golnya ke gawang Alaves. (c) AP Photo Skuat Barcelona rayakan golnya ke gawang Alaves. (c) AP Photo

Statistik di kancah domestik juga boleh diperhitungkan guna memperluas perspektif Bolaneters. Jumlah penampilan dari kedua tim sedikit berbeda, di mana Barcelona melakoni 38 laga berbanding 34 milik Munchen. Namun statistik domestik tetap bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Muchen berhasil mencetak gol pertama dalam 26 dari 34 laga di Bundesliga musim ini, sedangkan Barcelona hanya 25 kali dari 38 pertandingan La Liga.

2. Munchen unggul sebelum jeda babak pertama sebanyak 21 kali dari 34 laga, masih lebih baik dari Barcelona yang memiliki torehan 19 kali dari 38 pertandingan. Munchen juga mampu mempertahankan keunggulan selama 48,6 menit per laga berbanding 39,8 menit per pertandingan milik Barcelona.

3. Munchen kebobolan lebih dulu sebanyak 11 kali musim ini, namun bisa menyamakan kedudukan sebanyak tujuh kali (64 persen). Barcelona kebobolan lebih dulu sebanyak 14 kali dan berhasil menyamakan keadaan delapan kali (57 persen).

4. Munchen berhasil mencetak 34 gol yang membuat mereka unggul atas lawan dan hanya kebobolan delapan gol penyama kedudukan, dengan presentase 24 persen. Sedangkan Barca mencetak gol yang membuat mereka unggul sebanyak 36 kali, namun kebobolan gol penyama kedudukan 11 kali (31 persen).

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Bayern Munchen vs Barcelona (c) AP Photo Bayern Munchen vs Barcelona (c) AP Photo

Barcelona memiliki beban yang cukup berat. Namun ada sedikit harapan pada beberapa aspek. Contohnya, Barcelona punya kemampuan untuk mencetak gol lebih dulu ketimbang lawannya. Mengingat ini duel satu leg, aspek ini bisa menjadi krusial buat Lionel Messi dkk. Tapi perlu dicatat kalau mereka kerap kesulitan untuk mempertahankan keunggulan.

Kelemahan lainnya, Barcelona lebih lambat dalam memberi respon saat kebobolan lebih dulu ketimbang Munchen. Jadi, penting bagi mereka untuk mencetak gol pertama jika ingin meraih kemenangan.

Munchen juga memiliki garis pertahanan tinggi yang bisa dimanfaatkan oleh Barcelona dengan memanfaatkan umpan terobosan dan kecepatan pemainnya. Dalam hal ini, pemain seperti Nelson Semedo, Frenkie De Jong, dan Lionel Messi bisa menjadi sosok pembeda.

(Barca Blaugranes)

KOMENTAR