BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barcelona Bukan Cuma Tentang Lionel Messi, Ada Satu Pemain Ini yang Berjasa Besar

24-10-2019 06:20 | Richard Andreas

Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan golnya ke gawang Slavia Praha dalam laga Liga Champions, Kamis (24/10/2019). (c) AP Photo Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan golnya ke gawang Slavia Praha dalam laga Liga Champions, Kamis (24/10/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi boleh jadi merupakan pemain terbaik Barcelona ketika mengalahkan Slavia Praha 2-1, Kamis (24/10/2019) dini hari WIB tadi. Namun, kemenangan itu jelas tidak diraih hanya karena penampilan Messi.

Bertandang ke Eden Arena pada matchday 3 Grup F Liga Champions 2019/20, Barcelona harus berjuang keras untuk membungkus 3 poin. Pertandingan itu tidak mudah, bahkan bisa saja Barca gagal menang,

Skor 2-1 itu tidak cukup menjelaskan situasi sebenarnya. Unggul cepat lewat gol Messi di menit ke-3, Barcelona kemudian menderita sepanjang laga. Slavia membalas lewat gol Jan Boril di menit ke-50, lalu Barca beruntung mendapati gol bunuh diri Peter Olayinka di menit ke-57.

Artinya, gol Messi benar-benar jadi pembeda pada laga itu, tapi sebenarnya ada satu pemain Barca lainnya yang tak kalah penting. Siapa dia? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Marc-Andre ter Stegen

Selain Messi, Barcelona harus berterima kasih pada sang kiper, Marc-Andre ter Stegen. Jika tidak karena kiper Jerman ini, bisa jadi Barca kebobolan lebih banyak gol.

Tercatat, Ter Stegen membuat 8 penyelamatan pada pertandingan ini. Jumlah yang cukup banyak atas tim sekelas Slavia.

"Ter Stegen telah menjadi pemain kunci kami pada tiga pertandingan Liga Champions sejauh ini," kata sang pelatih, Ernesto Valverde di laman resmi UEFA.

2 dari 3 halaman

Garansi

Tak hanya Valverde yang memuji sang kiper, Sergio Busquets pun mengatakan hal yang sama. Menjadi kiper Barca tidak mudah. Mereka biasanya tidak bekerja terlalu keras, tapi harus siap sewaktu-waktu lawan mendobrak.

"Dia [Ter Stegen] adalah asuransi jiwa kami," buka Busquets.

"Biasanya sulit menjadi kiper Barcelona karena tim lawan tidak banyak menyerang, tapi kami punya garansi di belakang kami."

Ini bukan pertaman kalinya Ter Stegen jadi penyelamat. Pada matchday 1 lalu, kala Barca bertandang ke markas Borussia Dortmund, Ter Stegen juga layak dianggap sebagai pahlawan tim.

3 dari 3 halaman

Reaksi Ter Stegen

Mendapatkan pujian selangit dan dianggap berperan penting, Ter Stegen memilih rendah hati. Dia yakin kemenangan itu lahir lewat perjuangan tim, meski sebenarnya permainan mereka kurang maksimal.

"Kami tidak bermain di level yang dibutuhkan untuk menang. Ada beberapa hal yang perlu dikembangkan," ujar Ter Stegen.

"Akan tetapi kami akan membicarakannya di tempat latihan, bukan di sini, " tandasnya.

Sumber: UEFA

KOMENTAR

Wayne Rooney Bersama Derby County Bakal Hadapi Manchester United