BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bakal Sengsara di Perempat Final, Barcelona Siapkan Rencana 'Anti-Bayern'

12-08-2020 11:20 | Richard Andreas

Skuad Barcelona. (c) AP Photo Skuad Barcelona. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona harus tampil sempurna ketika menghadapi Bayern Munchen pada duel satu leg perempat final Liga Champions 2019/20, Sabtu (15/8/2020) nanti. Tak hanya itu, Barca mungkin butuh lebih dari sempurna.

Betapa tidak, Bayern jauh lebih diunggulkan dalam pertandingan kali ini. Barca terlibat sejumlah masalah sejak awal musim, gagal total di La Liga, dan terlalu bergantung pada sang kapten, Lionel Messi.

Berbeda dengan Bayern yang merupakan salah satu tim paling konsisten di Eropa musim ini. Mereka sudah menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal, tinggal satu lagi untuk menyempurnakan treble winners.

Sebab itu, pada laga ini, Bayern dinilai sebagai favorit pemenang, bahkan favorit juara Liga Champions musim ini. Apa yang harus dilakukan Barcelona?

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Rencana Barcelona

Pelatih Barca, Quique Setien, sudah berkata jujur bahwa timnya tidak cukup bagus ketika harus menghadapi tekanan tinggi yang diterapkan lawan sembari berusaha menjaga penguasaan bola.

Setien tidak bermaksud memandang remeh kualitas skuadnya, dia hanya menyinggung kebugaran fisik pada pemain. Kemenangan atas Napoli akhir pekan lalu pun tidak diraih Barca dengan nyaman.

Sebab itu, menghadapi Bayern yang punya kecepatan untuk mengalahkan sebagian besar tim kuat lain di Eropa, Barca bakal menerapkan pendekatan berbeda.

Menurut Sport, Setien bakal menurunkan formasi 4-4-2 pada pertandingan nanti, yang menjanjikan permainan lebih solid di lini tengah.

2 dari 3 halaman

Apa maksudnya?

Setien yakin timnya cukup bagus untuk mengalahkan Bayern, tapi semuanya tergantung pada level kebugaran pemainnya.

Tidak ada gunanya menurunkan tiga penyerang jika para gelandang tidak bisa mengirim bola ke depan. Karena itulah Barca diyakini bakal kembali ke formasi 4-4-2. Lionel Messi bakal dibiarkan bergerak bebas di belakang Luiz Suarez

Selain itu, Barca bakal menyambut kembali Sergio Busquets dan Arturo Vidal, yang tidak bisa dimainkan kontra Napoli lalu. Keduanya mungkin bakal memenuhi lini tengah bersama Frenkie de Jong dan Sergi Roberto.

3 dari 3 halaman

Sudah pernah

Akibat dari perubahan formasi ini, Antoine Griezmann bakal duduk menghangatkan bangku cadangan. Dia baru kembali dari cedera, dan performanya kontra Napoli kemarin mengecewakan.

Barca sudah pernah menggunakan formasi ini saat menghadapi Real Madrid dan Atletico Madrid musim ini. Rencananya adalah untuk menahan bola selama mungkin.

Barca ingin menguasai bola, membatasi pergerakan Bayern yang sangat berbahaya di kedua sisi sayap. Jika bisa, Messi dan Suarez bakal lebih sering mendapatkan bola, yang juga meningkatkan kemungkinan mencetak gol.

Ingin tahu informasi jadwal, live streaming, dan highlights Liga Champions lainnya? Yuk klik di sini!

Sumber: Sport

KOMENTAR