BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Atalanta vs PSG: La Dea Kuat, Tapi Ada 5 Alasan Menjagokan Les Parisiens

12-08-2020 11:06 | Gia Yuda Pradana

Liga Champions, Atalanta vs PSG (c) Bola.net Liga Champions, Atalanta vs PSG (c) Bola.net

Bola.net - Tim debutan Atalanta akan menantang PSG di babak perempat final Liga Champions 2019/20, Kamis (13/8/2020). La Dea adalah tim yang kuat dan berbahaya. Namun, ada setidaknya lima alasan yang membuat Les Parisiens masih pantas dijagokan menang.

Dua tim ini belum pernah bertemu sebelumnya. Duel perdana mereka ini pun langsung bersifat sangat krusial, karena akan menentukan siapa yang berhak lolos ke semifinal kejuaran elit Eropa.

Atalanta adalah salah satu tim paling on fire di Eropa musim ini. Pasukan Gian Piero Gasperini mencetak total 98 gol di Serie A, terbanyak ketiga di lima liga top Eropa, hanya kalah dari Manchester City (102) dan Bayern Munchen.

Meski begitu, PSG tetap layak difavoritkan menang. Berikut alasan-alasannya.

1 dari 5 halaman

Kuatnya Pertahanan PSG

Bek PSG, Thiago Silva (c) AP Photo Bek PSG, Thiago Silva (c) AP Photo

PSG memenangi lima dari enam laga yang mereka mainkan di fase grup Liga Champions musim ini. Satu-satunya kegagalan menang adalah ketika imbang 2-2 di kandang Real Madrid pada matchday 5.

Lini pertahanan yang digalang Thiago Silva tergolong sangat kuat. Lima kemenangan di fase grup itu pun semuanya diraih PSG tanpa kebobolan. Mereka mengalahkan Madrid 3-0 di Paris pada matchday pertama, juga mengalahkan Galatasaray 1-0 dan 5-0, serta Club Brugge 5-0 dan 1-0.

Hingga babak 16 besar, di mana mereka menyingkirkan Borussia Dortmund dengan agregat 3-2, PSG hanya kebobolan empat gol, lebih sedikit dibandingkan tim-tim lainnya.

2 dari 5 halaman

Rajin Mencetak Gol

Neymar (c) AP Photo Neymar (c) AP Photo

PSG sudah mencetak 20 gol dalam delapan pertandingan di Liga Champions musim ini. Pasukan Thomas Tuchel mencetak rata-rata 2,5 gol per laga.

Top skornya adalah Mauro Icardi dan Kylian Mbappe, dengan masing-masing lima gol. Sementara itu, Neymar telah menyumbang tiga gol.

PSG tercatat memenangi 10 dari 15 laga terakhirnya di Liga Champions (M10 S3 K2). Selain itu, Les Parisiens juga tak pernah absen mencetak gol dalam 32 laga terakhirnya di kompetisi elit ini.

3 dari 5 halaman

Penurunan Performa Atalanta

Atalanta (c) AP Photo Atalanta (c) AP Photo

Atalanta sempat membukukan 11 kemenangan beruntun di semua kompetisi antara Februari dan Juli 2020. Namun, Atalanta kemudian mengalami penurunan performa.

Atalanta tercatat cuma menang tiga kali dalam tujuh laga terakhirnya (M3 S3 K1). Dalam laga penutup Serie A musim ini, pasukan Gian Piero Gasperini ditekuk Inter Milan dua gol tanpa balas.

4 dari 5 halaman

Kedalaman Skuad PSG

PSG (c) AP Photo PSG (c) AP Photo

PSG tak bisa menurunkan kekuatan penuhnya. Angel Di Maria harus absen akibat skorsing, sedangkan Marco Verratti dan Layvin Kurzawa masih dibekap cedera. Tak cukup sampai di situ, kondisi Kylian Mbappe juga masih meragukan.

Edinson Cavani dan Thomas Meunier juga tak dimasukkan ke dalam skuad oleh Tuchel.

Namun, PSG memiliki kedalaman skuad yang dapat diandalkan. Masih ada Ander Herrera, Idrissa Gueye, Marquinhos, Pablo Sarabia, hingga Mauro Icardi yang bisa dipasang dari menit awal.

5 dari 5 halaman

Ancaman Mauro Icardi

Mauro Icardi (c) AP Photo Mauro Icardi (c) AP Photo

Bagi Atalanta, Neymar adalah pemain yang wajib diwaspadai. Selain Neymar, ada pula Mauro Icardi yang bisa mengancam wakil Italia tersebut.

Icardi, yang merupakan mantan striker Inter Milan, telah mencetak 20 gol dalam 33 penampilan untuk PSG di semua kompetisi musim ini. Dari 20 gol itu, lima di antaranya dia ciptakan di pentas Liga Champions.

Icardi juga punya rekor bagus melawan Atalanta. Striker Argentina itu tercatat telah mencetak tujuh gol dalam 13 penampilan melawan Atalanta, dan semuanya di Serie A. Barisan belakang La Dea bakal dipaksa bekerja sangat keras untuk coba meredamnya.

Ingin tahu jadwal dan highlights pertandingan Liga Champions lainnya? Klik di sini.

KOMENTAR