BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

7 Aksi Diving Terburuk 2013/14 (Sejauh Ini)

07-11-2013 17:00 |

Aksi diving banyak mewarnai kompetisi sepakbola musim ini. (c) Bolanet Aksi diving banyak mewarnai kompetisi sepakbola musim ini. (c) Bolanet

Bola.netBola.net - Entah apa yang terjadi dengan kompetisi sepakbola di Eropa musim ini. Pasalnya, beberapa kompetisi besar, mulai dari Premier League, La Liga, hingga Liga Champions, diwarnai dengan aksi diving.


Ya, diving, atau aksi berpura-pura mendapat kontak fisik dari lawan lalu kemudian menjatuhkan diri dengan tujuan untuk mendapat tendangan penalti atau sekedar pelanggaran, kini nampaknya kembali marak dilakukan oleh para pesepakbola top Eropa.

Contoh paling mutakhir adalah apa yang dilakukan oleh Ashley Young di laga Liga Champions antara Real Sociedad dan Manchester United. Aksinya itu menimbulkan kecaman dari banyak pihak, sama seperti pemain lain yang juga melakukan, atau mendapat tuduhan, melakukan hal serupa di musim ini.

Nah, kali ini Bolanet akan coba untuk merangkum beberapa aksi diving yang dilakukan oleh pesepakbola kompetisi Eropa di musim 2013/14. Tentunya mengingat musim masih akan berlangsung lama, mungkin masih akan ada banyak aksi diving kontroverial lainnya di yang bakal terjadi.

Ingat, diving merupakan pelanggaran serius di dalam sepakbola, jadi anda tidak disarankan untuk meniru tindakan para pemain berikut ini.


 

1 dari 7 halaman

Gareth Bale

Bale terlihat mendapat sedikit sentuhan dari pemain Sevilla di laga yang dimenangkan oleh Real Madrid dengan skor 7-3 tersebut. Wasit sendiri nampaknya tak terpengaruh oleh aksi Bale dan meminta pertandingan untuk dilanjutkan.

Pada ESPN, Bale kemudian mengaku ia merasakan 'sedikit dorongan' dan hanya berusaha untuk 'menghindari kontak fisik'
2 dari 7 halaman

Arturo Vidal

Aksi Vidal sempat menjadi pembicaraan di dunia maya selama beberapa hari. Melawan Real Madrid, Vidal memiliki kesempatan untuk melepaskan tendangan ke arah gawang Casillas. Naas, kakinya justru menghantam rumput Santiago Bernabeu dan membuatnya terjatuh.

Entah karena malu atau benar-benar merasa dilanggar oleh pemain lawan, Vidal kemudian menunjuk pemain Madrid, menandakan bahwa ia merasa 'dijatuhkan. Faktanya, pemain terdekat Madrid berada hampir satu meter dari tempat Vidal terjatuh.
3 dari 7 halaman

Marouane Chamakh

Aksi diving pemain satu ini terlihat jelas di rekaman tayangan ulang. Memasuki kotak penalti Southampton, striker Maroko yang kini membela Crystal Palace itu memutuskan untuk 'menjatuhkan diri' usai dirinya dihadang oleh kiper lawan.

Meski demikian, wasit tak mempedulikan aksi 'jatuh bangun' Chamakh dan tak ada penalti untuk Palace.

Padahal, andai memutuskan untuk terus berlari, bisa jadi justru Chamakh berhasil mencetak gol dengan cara 'bersih'.

Laga yang digelar di kandang The Canaries itupun akhirnya berakhir dengan skor imbang 0-0.
4 dari 7 halaman

Ashley Young

Ya, 'aksi teatrikal' Young saat melawan Real Sociedad di Liga Champions pekan ini ternyata bukan satu-satunya diving yang ia lakukan di musim 2013/14. Young juga pernah melakukannya kala United menjamu Crystal Palace musim ini.

Menusuk pertahanan lawan dari sisi kiri, Young melewati satu peman lawan sebelum akhir melompat dan sengaja melakukan kontak dengan kaki bek lawan. Aksi standar khas Young ini kemudian ditutup dengan gerakan menjatuhkan diri ke tanah dan tentu saja, meminta penalti pada wasit.

Namun tak seperti di Liga Champions, wasit tidak tertipu dan justru memberikan Young kartu kuning.
5 dari 7 halaman

Daniel Sturridge

Aksi 'diving' Sturridge dilakukan kala Liverpool menghadapi Arsenal di Premier League pekan lalu. Usai menunjukkan skill individu yang memukau, Sturridge berhasil merangsek ke dalam kotak penalti Arsenal.

Entah karena merasa kecepatannya tak mungkin bisa mengelabui pengawalan Kieran Gibbs, Sturridge mendadak menjatuhkan diri ke tanah. Tentu saja, wasit tak tertarik dengan aksi Sturridge tersebut dan tidak ada bonus penalti bagi The Reds.

Meski demikian, sulit untuk memahami motivasi Sturridge melakukan tindakan ini karena bola bahkan sudah meninggalkan lapangan saat ia terjatuh.

6 dari 7 halaman

Neymar

Aksi ini baru saja hangat terjadi dini hari tadi. Ketika Barcelona menjamu Milan di Camp Nou. Abate dianggap melakukan dorongan pada Neymar di kotak penalti dan akhirnya membuahkan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Messi.

Well, mungkin terlalu berlebihan untuk menyebut aksi Neymar satu ini sebagai murni diving. Namun melihat dari rekaman yang ada dan insiden yang sempat melibatkan dirinya dengan Scott Brown beberapa waktu lalu, maka nampaknya cukup adil untuk menyebut Neymar sedikit 'terlalu mudah untuk dijatuhkan'
7 dari 7 halaman

Ronaldo

Sama seperti rekannya, Gareth Bale, di video sebelumnya, kali ini Cristiano Ronaldo juga terlihat begitu mudah untuk dijatuhkan oleh Giorgio Chiellini. Padahal dari tayangan nampak bek Juventus itu tak melakukan kontak fisik yang terlalu berlebihan.

Namun dari reaksi Ronaldo, nampak bahwa ia seolah mendapatkan 'sikutan' super keras dari Chiellini. Tak seperti Bale, aksi Ronaldo ini tak banyak diperdebatkan karena memang tampak jelas (melalui rekaman yang ada), bahwa ia bereaksi 'sedikit' berlebihan.

Bagaimana Bolanetters? Apakah menurut kalian semua pemain yang ada di daftar video ini benar-benar melakukan diving? Atau ingin menyebutkan tindakan yang ditengarai mengandung unsur diving lainnya? Silahkan mengungkapkan opini anda di kotak komentar.

KOMENTAR