6 Transfer Top yang Sukses Bikin Geger: Membelot ke Rival Abadi hingga Pindah dengan Harga Selangit

Ari Prayoga | 31 Juli 2022, 08:08
6 Transfer Top yang Sukses Bikin Geger: Membelot ke Rival Abadi hingga Pindah dengan Harga Selangit
Neymar, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo (c) AFP

Bola.net - Sederet transfer top yang sukses menggegerkan dunia sepak bola. Bursa transfer selalu menghadirkan drama menarik dari tahun ke tahun.

Salah satu kejutan besar musim panas ini adalah bergabungnya Erling Haaland ke Manchester City, serta penolakan Kylian Mbappe untuk merapat ke Real Madrid.

Sebelumnya, ada sejarah sejumlah klub yang melakukan transfer kejutan. Sejumlah pemain juga pernah pindah klub ke klub rival atau klub yang jauh dari ekspetasi publik.

Transfer-transfer membuat syok dunia sepak bola dan mungkin saja terjadi lagi di bursa transfer musim panas ini. Bursa transfer musim panas ini masih akan berlangsung hingga akhir bulan Agustus.

Berikut 6 perpindahan di bursa transfer yang pernah membuat syok dunia sepak bola. Dari mulai pindah ke klub rival, hingga hijarah dari klub raksasa ke klub kurcaci.

1 dari 6 halaman

Luis Figo

Luis Figo (c) LaLiga

Luis Figo (c) LaLiga

Jelang La Liga musim 2000/2001, Luis Figo mengaku akan setia pada Barcelona. Namun pada bursa musim panas sebelum kompetisi tersebut, muncul kabar sangat mengejutkan datang dari Spanyol.

Bintang Barcelona itu memutuskan pindah klub pada 24 Juli. Yang mengejutkan dunia, dia menuju ke tim rival yakni Real Madrid.

Real Madrid saat itu memang sedang memulai era Galactico di bawah Florentino Perez. Luis Figo kemudian menjadi cemoohan suporter Barcelona saat El Clasico berlangsung.

2 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Mesut Ozil dan Cristiano Ronaldo (c) AFP

Mesut Ozil dan Cristiano Ronaldo (c) AFP

Cristiano Ronaldo memecahkan transfer rekor pesepak bola dunia pada 2009. Kepindahannya dari Manchester United ke Real Madrid dengan biaya transfer 80 juta poundsterling jadi yang terbesar sejagat saat itu.

Nominal itu memang layak untuk Cristiano Ronaldo. Dia juga memenangkan segalanya bersama Real Madrid dari level domestik hingga internasional.

Namun setelah memenangkan trofi Liga Champions keempat bersama klub tahun 2018, transfernya lagi-lagi mengejutkan dunia. Ronaldo memutuskan hengkang ke Juventus dengan bandrol 100 juta poundsterling.

3 dari 6 halaman

Neymar

Neymar (c) AFP

Neymar (c) AFP

Usaha tidak kenal lelah Paris Saint-Germain (PSG) untuk mengejar Neymar akhirnya membuahkan hasil. Neymar mecahkan rekor transfer dunia saat hijrah dari Barcelona ke PSG.

Saat pindah, PSG menawari kontrak hingga 222 juta euro atau Rp3,3 triliun. Nilai transfer pada 2017 ini masih bertahan sebagai yang tertinggi di dunia hingga kini.

Mungkin saja nilai transfer Neymar bakal dipatahkan rekan setimnya yakni Kylian Mbappe. Namun pemain berpaspor ini masih bertahan di PSG.

4 dari 6 halaman

Carlos Tevez dan Javier Mascherano

Carlos Tevez dan Javier Mascherano (c) AFP

Carlos Tevez dan Javier Mascherano (c) AFP

Tentu saja kepindahan duo bintang baru Argentina Carlos Tevez dan Javier Macherano ke West Ham United pada 2007 sangat mengejutkan. West Ham kemungkinan jadi tim kuda hitam berbahaya.

Namun dua bintang baru ini gagal mengangkat prestasi West Ham. Bahkan klub London ini hanya beberapa tingkat di jurang degradasi.

Selain itu, ada konrtoversi terkait legalitas transfer kedua pemain. Penyebabnya, dalam satu musim, dua pemain ini memperkuat tiga klub yang berbeda.

5 dari 6 halaman

David Beckham

David Beckham (c) AFP

David Beckham (c) AFP

David Beckham merupakan seorang bintang di akhir 1990-an hingga awal 2000-an. Dia mampu membawa Manchester United dan Real Madrid meraih gelar Liga Champions dan juara liga domestik.

Namun, setelah itu hal mengejutkan terjadi padanya di bursa transfer. Beckham memilih melanjutkan kariernya di Amerika Serikat bersama LA Galaxy.

Setelah lima tahun di Los Angeles, Beckham sempat dipinjamkan ke AC Milan. Dia kemudian menutup karirnya di Paris Saint Germain (PSG).

6 dari 6 halaman

Fernando Torres

Fernando Torres (c) AFP

Fernando Torres (c) AFP

Roman Abramovich telah mendambakan tanda tangan Torres selama bertahun-tahun. Akhirnya pada 2011, Liverpool menyerah dan dengan gembira memberi Torres ke Chelsea dengan harga 50 juta poundsterling.

Selama di Chelsea, cedera terus mengganggunya, dan dia hanya berhasil mencetak sembilan gol dalam 26 penampilan dalam semusim. Meski demikian Chelsea tetap mempertahankan Torres.

Saat berkarir di Chelsea, Torres hanya mencetak 20 gol dalam 110 penampilan. Tetapi dia menjadi cerita suporter di Stamford Bridge termasuk saat golnya melawan Barcelona.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.com (Suharno, Yus Mei Sawitri) 25 Juli 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR