BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pemain Porto yang Bisa Halangi Chelsea ke Semifinal Liga Champions

13-04-2021 16:17 | Yaumil Azis

Pemain FC Porto merayakan gol yang dicetak Sergio Oliveira ke gawang Juventus di babak perpanjangan waktu laga leg kedua 16 besar Liga Champions, Rabu (10/3/2021). (c) AP Photo
Pemain FC Porto merayakan gol yang dicetak Sergio Oliveira ke gawang Juventus di babak perpanjangan waktu laga leg kedua 16 besar Liga Champions, Rabu (10/3/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Rangkaian leg kedua babak perempat final Liga Champions bakal dimulai pada Rabu (14/4/2021) dinihari. Salah satunya akan mempertemukan Porto dengan klub raksasa Inggris, Chelsea, yang bakal bertindak sebagai tuan rumah di Ramon Sanchez Pizjuan.

Porto berada dalam kondisi terdesak karena harus mengejar ketertinggalan agregat. Pekan lalu, pada leg pertama yan juga digelar di Ramon Sanchez Pizjuan, tim asuhan Sergio Conceicao tersebut menelan kekalahan dengan skor 0-2.

Berhubung mereka bermain sebagai tuan rumah kala itu, Porto pun harus mampu mencetak minimal tiga gol untuk bisa lolos ke babak semifinal. Misi yang sulit, apalagi melawan Chelsea yang lini pertahanannya semakin kuat sejak diasuh Thomas Tuchel.

Kendati demikian, bukan berarti harapan Porto untuk melaju ke babak semifinal pupus seketika. Mereka masih bisa lolos andai kelima pemain ini bisa berada dalam kondisi terbaiknya.

1 dari 5 halaman

Sergio Oliveira

Ada banyak faktor yang menyebabkan Porto bisa menelan kekalahan di leg pertama, salah satunya adalah kondisi skuad yang pincang. Mereka tidak diperkuat oleh sejumlah pemain pentingnya yang absen karena akumulasi kartu.

Di antara pemain-pemain yang absen, ada nama Sergio Oliveira. Pria berumur 28 tahun tersebut memiliki peran penting di balik keberhasilan Porto menyingkirkan Juventus di babak perempat final beberapa waktu lalu.

Oliveira sudah mengumpulkan 19 gol dari 38 penampilan di semua kompetisi. Ketajamannya akan sangat dibutuhkan oleh Porto agar bisa melakukan comeback dan lolos ke seminfinal.

2 dari 5 halaman

Mehdi Taremi

Selain Oliveira, Porto juga biasanya mengandalkan Mehdi Taremi untuk menjebol gawang lawan. Sialnya, Taremi pun absen pada leg pertama lantaran terkena akumulasi kartu yang membuat Porto harus mengandalkan Moussa Marega sendirian di depan.

Musim ini, Taremi sudah mengumpulkan 11 gol dari 31 laga di semua kompetisi. Penyerang berumur 28 tahun itu juga cukup rajin dalam memberikan bantuan assist kepada rekan setimnya, di mana dirinya sudah mengumpulkan enam assist sejauh ini.

Whoscored memberikan rating 7.10 untuk penampilan Taremi secara keseluruhan di pentas Liga NOS, terbaik kelima dalam skuad. Jika ada satu pemain yang patut diperhatikan Tuchel, maka Taremi adalah jawabannya.

3 dari 5 halaman

Moussa Marega

Marega pun merupakan salah satu lumbung gol Porto di musim ini. Penyerang berkebangsaan Mali tersebut sudah mencetak 11 gol dan dua assist dari 38 penampilannya di berbagai kompetisi.

Salah satu dari 11 golnya tersebut diciptakan pada laga leg pertama melawan Juventus, di mana Porto berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1. Ia mencetak gol di awal babak kedua yang cukup mengejutkan Bianconeri.

Perlu dicatat bahwa Marega belum mencetak gol lagi sejak menghadapi Braga di bulan Maret lalu. Akan tetapi, Tuchel juga patut mewaspadai aksinya jika tak ingin kecolongan seperti Juventus dulu.

4 dari 5 halaman

Pepe

Jika bicara pengalaman, tidak ada pemain yang memiliki karir lebih mentereng dari Pepe di skuad Porto saat ini. Bek berumur 38 tahun tersebut sudah merasakan asam manis sepak bola saat memperkuat Real Madrid.

10 tahun memperkuat Los Merengues membuat dirinya hafal soal persaingan berat di Liga Champions. Ia bahkan pernah mendapatkan tiga medali juara pada musim 2013/14, 2015/16 dan 2016/17.

Usia yang jauh dari kata muda mungkin akan mengurangi kemampuan bertahan Pepe. Namun pengalamannya bisa mengganti kekurangan itu. Kai Havertz dkk wajib mempelajari gaya bermainnya jika ingin mencetak gol.

5 dari 5 halaman

Corona

Corona duduk di peringkat ketiga dalam daftar pemain dengan rating keseluruhan terbaik di skuad Porto menurut Whoscored. Namanya wajib masuk daftar ini karena kemampuannya dalam menyajikan assist buat rekan setimnya.

Bersama Taremi, Corona menyandang status sebagai pemain dengan perolehan assist terbanyak di Porto. Keduanya telah mengantongi enam assist. Namun, Corona baru mencetak dua gol pada musim ini.

Pria berusia 28 tahun itu patut diwaspadai karena memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Kerja samanya dengan Wilson Manafa di sisi kanan bisa membuat Ben Chilwell serta Antonio Rudiger kepayahan kalau tidak waspada.

(Whoscored)

KOMENTAR