BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pelajaran Liverpool vs Midtjylland: Masalah di Pertahanan The Reds

28-10-2020 08:09 | Yaumil Azis

Fabinho dan Jurgen Klopp dalam laga Liverpool vs Midtjylland, Rabu (28/10/2020) (c) Pool Getty via AP Photo
Fabinho dan Jurgen Klopp dalam laga Liverpool vs Midtjylland, Rabu (28/10/2020) (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Liverpool berhasil menuai kemenangan keduanya di fase grup Liga Champions. Menghadapi Midtjylland di Anfield Stadium pada Rabu (28/10/2020) dinihari tadi, pasukan Jurgen Klopp tersebut menang dengan skor 2-0.

Awalnya, Liverpool sempat dibuat kerepotan karena lini belakang Midtjylland tampil apik. Mereka gagal mencetak gol sehingga wasit harus mengakhiri babak pertama dengan skor imbang 0-0.

Namun situasinya berubah di babak kedua. Diogo Jota sukses membuka kemenangan Liverpool di menit ke-55. Mohamed Salah menutup pertandingan dengan gol dari titik putih pada masa injury time.

Kemenangan ini mengantarkan Liverpool ke puncak klasemen sementara Grup D dengan raihan enam poin. Mereka berhasil menyalip Atalanta yang hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam.

Pertandingan kali ini juga menghasilkan 5 pelajaran penting yang bisa dipetik. Informasi selengkapnya yang disadur dari Sportskeeda berikut bisa Bolaneters simak dengan melakukan scroll ke bawah.

1 dari 5 halaman

Masalah di Lini Pertahanan The Reds

Kabar soal cederanya Virgil Van Dijk menjadi seperti petir di siang bolong. Seperti yang diketahui, pemain asal Belanda tersebut harus menepi selama beberapa bulan, jika tidak sampai akhir musim, karena mengalami cedera ACL.

Di tengah musibah tersebut, Liverpool mendapatkan angin segar dengan penampilan gemilang Fabinho di lini belakang. Kendati posisi naturalnya adalah gelandang, namun Fabinho tetap mampu melakukan tugasnya dengan baik sebagai bek.

Sialnya, Fabinho mengalami cedera pada pertandingan kali ini. Ia hanya mampu bermain selama 30 menit sebelum bek berusia 19 tahun, Rhys Williams, masuk untuk menggantikan dirinya.

Dengan begini, Liverpool hanya memiliki dua bek yang punya pengalaman dalam diri Joel Matip dan Joe Gomez. Jika tidak segera merekrut bek anyar Januari nanti, besar kemungkinan the Reds bakal menemui nasib sial di musim ini.

2 dari 5 halaman

Midtjylland Tiba-tiba Menghilang

Statistik mencatat bahwa Liverpool tampil lebih dominan dengan penguasaan bola mencapai 63 persen. Meski begitu, bukan berarti Midtjylland tidak memberi perlawanan kepada juara bertahan Premier League tersebut.

Penampilan mereka di babak pertama cukup mengesankan. Klub besutan Brian Priske itu sesekali membuat lini belakang the Reds kerepotan dan mampu membendung barisan depan yang beranggotakan Diogo Jota, Takumi Minamino dan Davick Origi.

Namun semuanya berubah di babak kedua. Midtjylland nampak kesulitan dalam menciptakan peluang-peluang berbahaya ke lini pertahanan the Reds. Kesempatan emas mereka bahkan baru datang di menit ke-90.

3 dari 5 halaman

Jurgen Klopp Berbagi Menit Bermain

Padatnya jadwal pertandingan membuat Liverpool harus cermat dalam menurunkan pemainnya sejak menit awal. Pertandingan melawan Midtjylland ini digunakan Klopp sebagai kesempatan untuk mengistirahatkan nama-nama penting.

Trio penyerang andalannya, Mo Salah, Sadio Mane beserta Roberto Firmino, memulai permainan dari bangku cadangan. Sebagai gantinya, Klopp mengusung Jota, Minamino dan Origi. Di antara ketiga pemain ini, hanya Jota yang bisa mencetak gol.

Kendati demikian, ini adalah sinyal bahwa pemain-pemain yang kerap berada di bangku cadangan punya kesempatan untuk membuktikan diri. Mengingat Liverpool harus melalui banyak pertandingan, pemain cadangan bisa dipastikan bakal mendapatkan menit tampil yang lumayan.

4 dari 5 halaman

Liverpool Berada di Atas Angin

Penampilan Liverpool di fase grup Liga Champions sejauh ini tidak begitu meyakinkan. Sebelum menghadapi Midtjylland, mereka hanya mampu menuai kemenangan dengan skor tipis 1-0 melawan Ajax Amsterdam pekan lalu.

Kendati demikian, kemenangan tetap berharga tiga poin berapapun skor akhirnya. Pertandingan melawan Ajax dan Midtjylland ini membuat the Reds kini menempati posisi pertama dengan keunggulan dua poin dari Atalanta.

Pekan depan, Liverpool bakal bertemu dengan Atalanta di Stadio Atleti Azzurri d'Italia. Mereka tidak memiliki beban berarti, sebab meskipun kalah, Liverpool takkan turun hingga peringkat ketiga mengingat Ajax baru meraih satu angka.

5 dari 5 halaman

10 Ribu Gol Buat Liverpool

Ada rekor apik yang berhasil dibukukan Jordan Henderson dkk dalam pertandingan kali ini. Mereka sukses mencatatkan gol yang ke-10.000 sejak pertama kali berdiri pada 3 Juni 1892, atau 128 tahun silam.

Angka tersebut tercapai pada menit ke-55. Tepatnya saat Diogo Jota 'menyontek' bola kiriman Trent Alexander-Arnold dengan mudahnya tanpa pengawalan berarti dari pemain bertahan Midtjylland.

Proses terciptanya gol ke-10.000 ini terbilang cukup apik. Berawal dari Alexander-Arnold yang menyusur sisi kanan, ia melewati salah seorang pemain lawan lalu mengoper bola ke Shaqiri yang berada di depan kotak penalti.

Shaqiri melihat Alexander-Arnold telah masuk ke kotak penalti lawan dan langsung mengembalikan bola kepada dia. Kiper lawan menerjang, namun Alexander-Arnold cukup cekatan untuk memberikan bola kepada Jota yang telah menanti di depan gawang kosong.

(Sportskeeda)

KOMENTAR