BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Laga Dynamo Kiev vs Juventus: Ternyata Bisa Menang Tanpa Ronaldo

21-10-2020 07:10 | Asad Arifin

Pemain Juventus merayakan gol yang dicetak Alvaro Morata ke gawang Dynamo Kiev di Liga Champions (c) AP Photo Pemain Juventus merayakan gol yang dicetak Alvaro Morata ke gawang Dynamo Kiev di Liga Champions (c) AP Photo

Bola.net - Juventus tetap perkasa walau tanpa Cristiano Ronaldo. Buktinya, Si Nyonya Tua menang pada lawatan ke markas Dynamo Kiev pada matchday 1 Grup G Liga Champions 2020/21, Selasa (20/10/2020).

Kedua gol Juventus diborong Alvaro Morata, masing-masing di menit ke-46 dan 84. Striker 27 tahun ini membuktikan ketajamannya meski tidak banyak peluang tercipta.

Hasil ini mengantar Juventus berada di posisi kedua klasemen Grup G dengan 3 poin. Juventus kalah selisih gol dari Barcelona yang menang dengan skor 5-1 dari Ferencvaros.

Andrea Pirlo membawa Juventus bangkit, usai dua hasil imbang di Serie A. Pelatih 41 tahun juga sukses mengalahkan salah satu mentornya saat menjadi pemain, Mircea Lucescu.

Lantas, pelajaran apa saja yang bisa dipetik dari duel Dynamo Kiev melawan Juventus? Simak di bawah ini ya Boalneters.

1 dari 5 halaman

Taktik Andrea Pirlo

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. (c) AP Photo Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. (c) AP Photo

Andrea Pirlo, seperti dikutip dari Whoscored, memakai formasi dasar 4-4-1-1 pada laga melawan Kiev. Akan tetapi, pada praktiknya, formasi ini adalah kali berubah sesuai situasi di lapangan.

Juan Cuadrado yang dimainkan pada bek kanan acap kali bermain sebagai wingback. Pemain asal Kolombia bisa mengisi tempat di tengah. Sedangkan, Danilo yang berada di posisi bek kiri akan membantu tiga bek sejajar dengan Bonucci dan Chiellini.

Di lini depan, peran Aaron Ramsey, Federico Chiesa, dan Dejan Kulusevski sangat cair. Mereka memberi dukungan yang dibutuhkan Alvaro Morata sebagai penyerang tunggal. Pirlo punya banyak opsi yang menarik di lini depan.

2 dari 5 halaman

Bisa Menang Tanpa Ronaldo

Striker Juventus, Alvaro Morata. (c) AP Photo Striker Juventus, Alvaro Morata. (c) AP Photo

Banyak yang meragukan Juventus jelang laga melawan Kiev. Sebab, Si Nyonya Tua tidak diperkuat Cristiano Ronaldo. Pemain 35 tahun tersebut tidak bisa bermain karena positif Covid-19.

Pekan lalu, tanpa Ronaldo, Juventus gagal menang saat berjumpa Crotone.

Alvaro Morata kembali menjawab keraguan. Pemain 27 tahun memborong dua gol ke gawang Kiev. Sebelumnya, Morata juga mencetak gol saat Juventus bermain imbang 1-1 lawan Crotone.

Hasil melawan Kiev menjadi bukti jika Juventus bisa menang tanpa Ronaldo. Juventus masih punya Morata, Aaron Ramsey, Dejan Kulusevski, Federico Chiesa, dan Paulo Dybala untuk memburu gol.

3 dari 5 halaman

Cedera Giorgio Chiellini

Giorgio Chiellini memberikan ban kapten Juventus pada Leo Bonucci (c) AP Photo Giorgio Chiellini memberikan ban kapten Juventus pada Leo Bonucci (c) AP Photo

Satu kabar buruk diterima Andrea Pirlo pada menit ke-19. Giorgio Chiellini mengalami cedera. Posisi pemain senior itu kemudian digantikan Merih Demiral.

Chiellini sudah berusia 36 tahun. Akan tetapi, secara teknis dia masih menjadi andalan Andrea Pirlo. Bukan hanya itu saja, Chiellini juga menjadi kapten Juventus. Perannya di tim sangat penting.

"Chiellini mengalami nyeri otot di fleksor. Dia sudah merasakannya setelah tugas internasional, jadi diistirahatkan melawan Crotone. Kami akan mengevaluasinya," kata Andrea Pirlo.

4 dari 5 halaman

Posisi Tidak Lazim Federico Chiesa

Pemain Juventus Federico Chiesa. (c) AP Photo Pemain Juventus Federico Chiesa. (c) AP Photo

Federico Chiesa mendapat kartu merah di laga melawan Crotone, laga debutnya bersama Juventus. Tiga hari setelah momen buruk itu, Federico Chiesa segera bangkit dan tampil bagus.

Ada yang menarik dari peran yang dimainkan Federico Chiesa pada laga melawan Kiev. Pemain 22 tahun itu bermain sebagai sayap kiri. Padahal, dia lebih sering bermain sebagai sayap kanan dalam karirnya.

Sedangkan, posisi sayap kanan dipercayakan kepada Dejan Kulusevski.

"Yang saya inginkan adalah memiliki banyak pemain yang menyerang. Federico Chiesa bisa bermain di kedua sayap," kata Andrea Pirlo.

5 dari 5 halaman

Penampilan Perdana Paulo Dybala

Aksi Paulo Dybala pada laga melawan Dynamo Kiev di Liga Champions 2020/2021 (c) AP Photo Aksi Paulo Dybala pada laga melawan Dynamo Kiev di Liga Champions 2020/2021 (c) AP Photo

Paulo Dybala hanya duduk manis di bangku cadangan saat Juventus bermain imbang lawan Crotone akhir pekan lalu. Pada laga melawan Kiev, Paulo Dybala dimainkan untuk pertama kali pada musim 2020/2021.

Pirlo memainkan Paulo Dybala pada menit ke-56, menggantikan peran Dejan Kulusevski. Pirlo nampaknya belum cukup yakin dengan kebugaran Paulo Dybala.

Paulo Dybala tidak bermain untuk menjadi duet bagi Alvaro Morata. Pirlo meminta Paulo Dybala bermain di belakang sang penyerang. Aaron Ramsey pun sedikit di geser ke belakang untuk memberi ruang pada Paulo Dybala.

Selama di lapangan, tidak ada aksi Paulo Dybala yang membahayakan gawang Kiev.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR