BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Laga Liverpool vs Atalanta: Misi Balas Dendam Berhasil

26-11-2020 09:19 | Aga Deta

Joel Matip berduel dengan Cristian Romero (c) AP Photo Joel Matip berduel dengan Cristian Romero (c) AP Photo

Bola.net - Atalanta berhasil mengalahkan Liverpool pada matchday keempat Liga Champions 2020/21. Tampil di Anfield, Kamis (26/11) dini hari WIB, La Dea menang dengan skor 0-2.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol pada babak pertama. Namun, tim tamu berhasil memastikan kemenangan berkat gol Josep Ilicic pada menit ke-60 dan Robin Gosens di menit ke-64.

Hasil ini tidak mempengaruhi posisi Liverpool di klasemen. Tim asuhan Jurgen Klopp itu masih berada di puncak klasemen sementara grup D dengan sembilan poin.

Meski begitu, The Reds tetap perlu waspada. Sebab, Ajax dan Atalanta hanya terpaut dua poin di bawah mereka.

Lantas pelajaran apa yang bisa dipetik dari laga Liverpool vs Atalanta? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Fullback Liverpool Terlihat Berbeda

Trent Alexander-Arnold cedera di laga Manchester City vs Liverpool di Etihad, Minggu (08/11/2020). (c) Pool Getty via AP Photo Trent Alexander-Arnold cedera di laga Manchester City vs Liverpool di Etihad, Minggu (08/11/2020). (c) Pool Getty via AP Photo

Bukan rahasia lagi bahwa Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson telah menjadi salah satu bagian terpenting dari Liverpool selama beberapa tahun terakhir.

Akan tetapi kedua pemain tersebut harus absen saat menjamu Atalanta. Satu mengalami cedera dan satunya terlalu sering digunakan di level klub dan negaranya.

Sebagai gantinya, Jurgen Klopp memainkan Neco Williams dan Kostas Tsimikas di posisi bek sayap. Namun, kedua pemain tersebut tidak bisa meniru performa pemain yang mereka gantikan.

Williams dan Tsimikas tidak mendapat menit bermain yang cukup untuk memahami rekan setimnya di lapangan dan ritme dalam permainan mereka sendiri. Hal itu membuat Liverpool kekurangan kreativitas.

2 dari 5 halaman

Atalanta Balas Dendam

Selebrasi Robin Gosens usai mencetak gol dalam laga Liverpool vs Atalanta, Kamis (26/11/2020) (c) AP Photo Selebrasi Robin Gosens usai mencetak gol dalam laga Liverpool vs Atalanta, Kamis (26/11/2020) (c) AP Photo

Dibandingkan dengan saat kedua tim bertemu tiga minggu lalu, Atalanta bisa dibilang sudah mengalami peningkatan besar. Ketika itu, pertahanan Atalanta sangat kacau dan kedua striker mereka tidak bisa berbuat banyak.

Kali ini dua striker mereka lebih mobile dan lini tengah lebih solid. Meski awalnya kesulitan menciptakan peluang, serangan mereka jauh lebih mengalir.

Setelah mencetak gol pertama, Atalanta tampak lebih percaya diri untuk maju. Alhasil, mereka bisa mendapat gol kedua dengan cepat.

3 dari 5 halaman

Klopp Kekurangan Alternatif di Lini Tengah

Ekspresi Jurgen Klopp ketika di laga Everton vs Liverpool, Sabtu 17 Oktober 2020. (c) AP Photo Ekspresi Jurgen Klopp ketika di laga Everton vs Liverpool, Sabtu 17 Oktober 2020. (c) AP Photo

Cedera mulai mempengaruhi Liverpool. The Reds kekurangan kecepatan dan energi dalam permainan mereka, dua ciri khas dari gaya permainan mereka dan hal itu terlihat jelas di lini tengah.

Curtis Jones bermain bagus. James Milner maupun Gini Wijnaldum tidak terlalu buruk. Namun, mereka juga tidak bisa menemukan rute untuk menyerang dan manajer tidak punya pilihan di bangku cadangan untuk mengatasi masalah tersebut.

Dua pemain muda Jake Cain dan Leighton Clarkson memiliki janji besar. Namun, sepertinya masih terlalu dini bagi mereka untuk menjadi pembeda.

Jordan Henderson, Thiago Alcantara, Alex Oxlade-Chamberlain dan Naby Keita mengalami cedera. Jurgen Klopp berharap mereka kembali dalam waktu dekat.

4 dari 5 halaman

Kesempatan Terakhir Origi?

Divock Origi usai mencetak gol ke gawang Everton pada Kamis (5/12/2019) dini hari WIB di Anfield (c) AP Photo Divock Origi usai mencetak gol ke gawang Everton pada Kamis (5/12/2019) dini hari WIB di Anfield (c) AP Photo

Pada akhir 2018/19, Divock Origi adalah pemain yang sangat menonjol untuk Liverpool pada saat dibutuhkan. Namun, Origi tidak terlihat sama sejak saat itu.

Origi menunjukkan performa yang buruk dan tidak efektif saat melawan Atalanta. Hal itu menunjukkan Origi kekurangan waktu bermain untuk mendekati level terbaiknya.

Origi memang kesulitan mendapat kesempatan bermain belakangan ini. Start impresif Diogo Jota dan kedatangan Takumi Minamino membuat Origi seakan terlupakan di Anfield.

Pemain Belgia itu sekarang hanya menjadi pilihan keenam di lini depan. Ia mungkin harus menunggu lama untuk kembali mendapatkan kesempatannya lagi.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Grup Ketat

Gian Piero Gasperini. (c) AP Photo Gian Piero Gasperini. (c) AP Photo

Liverpool masih tetap di puncak klasemen dan membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke babak berikutnya. Namun, persaingan di Grup D sekarang semakin ketat setelah hasil terbaru.

Ajax berhasil mengalahkan Midtjylland. Kini tim Belanda itu mempunyai poin yang sama dengan Atalanta yaitu tujuh poin.

Ajax dan Atalanta hanya terpaut dua poin saja dari Liverpool. Dengan demikian, ketiga tim tersebut sama-sama mempunyai peluang besar untuk lolos ke babak beriktunya.

Pada pertandingan berikutnya, Liverpool akan menjamu Ajax di Anfield. Sementara itu, Atalanta akan menghadapi Midtjylland.

Sumber: Independent

KOMENTAR