BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Alasan Real Madrid Bakal Pecundangi Atalanta: DNA Eropa yang Berbicara

24-02-2021 11:05 | Ari Prayoga

Pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Toni Kroos saat menghadapi Valencia dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (14/2/2021). (c) AP Photo Pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Toni Kroos saat menghadapi Valencia dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (14/2/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Atalanta menjamu Real Madrid di Stadio Atleti Azzurri d'Italia pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/21, Kamis (25/2/2021) dini hari WIB.

Real Madrid sejatinya memiliki modal kurang bagus menjemput lawatan ini karena mereka harus kehilangan sembilan pemain akibat cedera, termasuk Sergio Ramos, Eden Hazard, hingga Karim Benzema.

Selain itu, sepak terjang Madrid musim ini juga tak selalu meyakinkan. Cadiz, Shakhtar Donetsk, Valencia, Deportivo Alaves, Athletic Bilbao, Alcoyano, dan Levante telah bergantian memaksa Madrid menelan kekalahan.

Meski demikian, Real Madrid masih menjadi favorit untuk memenangi laga ini karena perbedaan sejarah kedua tim di Liga Champions yang sangat jomplang.

Musim ini baru musim kedua Atalanta di Liga Champions. Musim debut wakil Italia ini adalah 2019/20 lalu, di mana mereka secara spektakuler lolos hingga perempat final.

Sementara itu, Real Madrid merupakan rajanya kompetisi elite ini. Rekor 13 titel juara telah direngkuh Los Blancos sejauh ini.

Selain karena perbedaan sejarah kedua tim, ada sejumlah alasan kuat lainnya yang mendukung prediksi Real Madrid tak akan menemui kesulitan berarti untuk membawa pulang poin penuh dari markas Atalanta. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Sosok Zinedine Zidane

Meski musim ini kerap mendapat kritik tajam, Real Madrid tetap harus merasa beruntung memiliki sosok sekaliber Zinedine Zidane di pinggir lapangan.

Tiga gelar Liga Champions sebagai pelatih menjadi buktinya. Zidane sukses membawa Real Madrid berjaya di Eropa dalam tiga musim beruntun, yakni 2015/16, 2016/17, dan 2017/18.

Tuah Zidane sepertinya bakal kembali menguntungkan Real Madrid dalam perjalanan mereka di Liga Champions musim ini, khususnya dalam laga kontra Atalanta ini.

2 dari 5 halaman

Mentalitas Juara

Setelah musim lalu menjuarai La Liga, musim ini Real Madrid terbilang masih tidak konsisten. Perjalanan mereka di La Liga dan Liga Champions menjadi buktinya.

Di babak fase grup, Real Madrid dua kali menyerah dari Shakhtar Donetsk. Meski demikian, Los Blancos pada akhirnya tetap mampu lolos ke fase knock out dengan status juara grup.

Prestasi tersebut bisa diraih Real Madrid tentu karena mereka memiliki mentalitas juara yang luar biasa sebagai pemegang gelar terbanyak di Liga Champions.

Di fase knock out musim ini, sekali lagi mentalitas juara tersebut bakal diuji, dimulai dengan lawatan ke markas Atalanta.

3 dari 5 halaman

Catatan Apik Real Madrid di Italia

Real Madrid memiliki catatan cukup bagus ketika bertemu dengan tim-tim asal Italia, khususnya ketika El Real menjalani laga tandang ke negeri spaghetti.

Real Madrid tercatat selalu menang dalam lima laga tandang terakhirnya melawan tim-tim Italia. Kemenangan terakhir diraih pada laga fase grup musim ini, yakni 2-0 di kandang Inter Milan.

Menghadapi tuan rumah Atalanta, Real Madrid pun berpeluang besar melanjutkan catatan impresif mereka ketika bertandang ke Italia.

4 dari 5 halaman

Performa Kandang Atalanta di Fase Grup

Faktor lain yang semakin menambah keyakinan bahwa Real Madrid bakal membawa pulang kemenangan dari markas Atalanta adalah buruknya performa kandang La Dea di fase grup musim ini.

Atalanta tercatat tak mampu meraih kemenangan dalam tiga laga kandang di fase grup musim ini, masing-masing imbang 2-2 lawan Ajax, kalah 0-5 dari Liverpool, serta imbang 1-1 lawan Midtjylland.

5 dari 5 halaman

Real Madrid Menang Pengalaman

Tak bisa dipungkiri, di pentas Liga Champions seringkali yang berbicara adalah pengalaman. Dari sisi ini, Real Madrid menang telak atas Atalanta.

Real Madrid pun diyakini bakal sangat diuntungkan dengan keunggulan pengalaman mereka kala mengunjungi kandang Atalanta kali ini.

KOMENTAR