BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

4 Alasan Liverpool Bisa Kalahkan Ajax: Diogo Jota Sedang On Fire

30-11-2020 19:05 | Serafin Unus Pasi

Liga Champions, Liverpool vs Ajax Amsterdam (c) Bola.net Liga Champions, Liverpool vs Ajax Amsterdam (c) Bola.net

Bola.net - Liverpool akan menjamu raksasa Belanda, Ajax Amsterdam pada matchday kelima Grup D Liga Champions 2020/21. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Anfield, Rabu (2/12/2020) pukul 03.00 WIB.

Laga tersebut diprediksi akan menjadi sajian menarik tengah pekan ini. Mengingat kedua kesebelasan sama-sama berambisi untuk menjaga asa lolos ke fase gugur.

Liverpool masih memimpin klasemen grup D dengan 9 poin, disusul Ajax dan Atalanta dengan 7 poin. Sementara wakil Denmark, Midtjylland menjadi juru kunci tanpa poin.

Dengan selisih angka yang tipis, tiga tim masih punya peluang melaju ke babak 16 besar. Oleh karena itu, baik Liverpool maupun Ajax harus menang agar tetap lolos.

Namun, Liverpool diunggulkan untuk menjadi pemenang. The Reds tentu pantang tergelincir untuk kedua kalinya setelah dipermalukan Atalanta pada matchday keempat.

Ada sejumlah alasan yang membuat pasukan Juergen Kloop diunggulkan atas Ajax. Bola.net merangkumnya sebagai berikut:

1 dari 4 halaman

Modal Kemenangan di Belanda

Di era Liga Champions, Liverpool baru satu kali bertemu dengan Ajax Amsterdam. Pertemuan tersebut terjadi di Amsterdam Arena bulan lalu atau matchday pertama Grup D.

Pada pertandingan itu, Liverpool yang datang sebagai penantang keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 0-1. Si Merah menang lewat gol bunuh diri bek Ajax, Nicolas Tagliafico.

Meski didapat lewat gol bunuh diri, kemenangan itu tentu menjadi modal bagus bagi Liverpool saat menjamu de Godenzonen.

2 dari 4 halaman

Rekor Bagus Menjamu Klub Belanda

Dalam dua dekade terakhir, Liverpool tercatat baru tiga kali menjamu klub Belanda di Liga Champions. Bahkan, hanya PSV satu-satunya klub yang berulang kali bersua The Reds.

Dari pertemuan itu, Liverpool berhasil menyapu bersih pertandingan yang berlangsung di Stadion Anfield. Masing-masing dengan skor 2-0, 1-0 dan 3-1.

Dengan catatan apik tersebut, The Reds berpeluang menundukkan Ajax di Anfield, dan membuat pemuncak klasemen sementara Liga Belanda itu pulang dengan tangan hampa.

3 dari 4 halaman

Kembalinya Salah dan Henderson

Liverpool menghadapi musim berat di Liga Inggris maupun Liga Champions setelah dihantam badai cedera. Tak tanggung-tanggung yang harus menepi adalah pemain bintang mereka.

Sebut saja Virgil van Dijk yang menjadi tulang punggung di lini pertahanan, disusul Trent Alexander-Arnold, Naby Keita, Joe Gomez, Xherdan Shaqiri. Termasuk Thiago Alcantara dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Namun, pada pertandingan tengah pekan ini, Liverpool bisa menurunkan komposisi yang berbeda dari matchday sebelumnya. Itu setelah Mohamed Salah dan Jordan Henderson masuk dalam skuad.

Setelah terpapar Covid-19, Salah sudah membela Liverpoon di Liga Inggris akhir pekan kemarin, begitu pun Henderson yang sempat dibekap cedera. Pengalaman keduanya di Liga Champions tentu akan memberikan tenaga baru bagi Liverpool yang dipaksa takluk oleh Atalanta di kandang.

4 dari 4 halaman

Diogo Jota Sedang On Fire

Mantan pemain Wolverhampton Wanderers, Diogo Jota menjadi andalan baru di lini depan The Reds musim ini. Dia sudah menyumbang 5 gol di Premier League dan 4 gol di Liga Champions.

Pemain timnas Portugal itu juga masuk dalam jajaran top skor kompetisi paling bergengsi di Benua Biru itu. Dia hanya tertinggal 2 gol dari penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland.

Diogo Jota menjadi ancaman tersendiri bagi gawang Ajax yang bakal dikawal Andre Onana. Apalagi, dia tengah on fire setelah mencetak gol pada laga kontra Brighton & Hove Albion di liga domestik.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR