BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

4 Alasan Dynamo Kiev Bisa Menang Atas Barcelona

04-11-2020 06:10 | Ari Prayoga

Dynamo Kiev. (c) @dynamokyiven Dynamo Kiev. (c) @dynamokyiven

Bola.net - Dynamo Kiev bertandang ke markas Barcelona pada matchday ketiga Grup G Liga Champions 2020/21. Pertandingan akan berlangsung di Camp Nou, Kamis (5/11/2020) pukul 03.00 WIB.

Laga ini akan menjadi ujian berat bagi Dynamo Kiev setelah sembilan pemainnya dinyatakan positif terpapar Covid-19. Ditambah sejumlah penggawa yang harus absen karena dibekap cedera.

Namun, bukan berarti Dynamo Kiev tidak punya peluang untuk meraih kemenangan atas Barcelona. Tim asal Ukraina tersebut bisa saja membuat kejutan di markas Blaugrana.

Ada sejumlah alasan yang membuat Dynamo Kiev bisa mencuri poin penuh di tanah Katalunya. Bola.net telah merangkumnya sebagai berikut.

1 dari 4 halaman

Barcelona Belum Konsisten

Barcelona sebenarnya punya catatan bagus dalam dua pertandingan awal grup G Liga Champions 2020/21. Lionel Messi dkk mengalahkan Ferencvaros dan Juventus masing-masing dengan skor 5-1 dan 0-2.

Namun, Blaugrana masih mengalami kesulitan di Liga Domestik. Setelah dipermalukan Real Madrid di Camp Nou, anak asuh Ronald Koeman hanya mampu bermain imbang di markas Deportivo Alaves pada pekan ke-7 La Liga.

Sehingga, Barcelona masih terseok-seok di papan tengah klasemen sementara La Liga musim 2020/21. Tim asal Catalan itu mengemas 8 poin dari 2 kali menang, 2 kali seri dan 2 kali kalah.

Inkonsistensi tersebut bisa dimanfaatkan oleh Dynamo Kiev untuk bisa membuat kejutan di Camp Nou. Meskipun, tim asal Ukraina itu hanya bermodal satu kali hasil imbang dari dua laga sebelumnya di Grup Liga Champions 2020/21.

2 dari 4 halaman

Pernah Menang di Camp Nou

Barcelona tercatat sudah sepuluh kali menghadapi Dynamo Kiev di Level Eropa. Delapan pertemuan terjadi di Liga Champions dan sisanya pada Piala Winners yang sudah ditiadakan sejak 1998/1999.

Dynamo Kiev juga sudah bertandang sebanyak empat kali ke markas Blaugrana. Dari empat pertemuan itu, klub yang identik dengan warna Putih Biru tersebut memenangi satu pertandingan di antaranya.

Kemenangan tersebut terjadi pada Liga Champions 1997/98, Dynamo Kiev mempermalukan Barcelona dengan skor 0-4 di Camp Nou. Hasil itu juga ditandai dengan hattrick Andry Shevchenko.

3 dari 4 halaman

Barcelona Pincang

Bukan hanya Dynamo Kiev yang harus kehilangan banyak pemain pada matchday ketiga Grup G Liga Champions, Barcelona juga hampir pasti kehilangan tiga pemainnya pada laga yang berlangsung di Camp Nou itu.

Dilansir SportMole, ketiga pemain tersebut adalah Samuel Umtiti, Phillipe Coutinho, dan Ronald Araujo. Pemain-pemain tersebut mengalami cedera hamstring, kecuali Umtiti yang cedera lutut.

Sementara, Mac-Andre Ter Stegen kemungkinan bisa tampil setelah pulih dari cedera lutut. Barca juga bebas dari hukuman akumulasi kartu setelah Gerrard Pique menebusnya pada laga kontra Juventus.

4 dari 4 halaman

Diterpa Masalah Finansial

Di tengah perjuangan mengumpulkan poin di fase grup Liga Champions, Barcelona diterpa masalah finansial. Salah satu raksasa Liga Spanyol itu dilaporkan mengalami kerugian Rp. 1,6 triliun pada awal Oktober lalu akibat pandemi Covid-19.

Untuk menyelamatkan klub dari kebangkrutan, manajemen Brauglana harus kembali memangkas gaji pemain setidaknya hingga Rp. 3,2 triliun.

Situasi tersebut bisa mengganggu konsetrasi pemain yang tengah bersiap menghadapi Dynamo Kiev. Terlebih rencana pemotongan gaji berkisar 30 sampai 70 persen.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR