BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

3 Kunci Sukses PSG ke Final Liga Champions: Determinasi, Semangat, dan Kualitas

19-08-2020 07:18 | Asad Arifin

Bintang PSG, Angel Di Maria merayakan gol ke gawang RB Leipzig, Rabu (19/8/2020) (c) AP Photo Bintang PSG, Angel Di Maria merayakan gol ke gawang RB Leipzig, Rabu (19/8/2020) (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih PSG, Thomas Tuchel menyebut ada tiga faktor yang membuat tim racikannya sukses melangkah ke final Liga Champions. Tiga faktor itu tidak lain adalah determinasi, semangat, dan kualitas.

PSG baru saja memastikan lolos ke final Liga Champions. Le Parisien mengukir sejarah untuk pertama kali bermain di final Liga Champions usai menumbangkan RB Leipzig di babak semifinal.

PSG menang telak RB Leipzig tiga gol tanpa balas dalam partai semifinal Liga Champions 2019/20. Laga ini digelar di Estadio da Luz, Rabu (19/8/2020) dini hari WIB.

Angel Di Maria bermain sangat bagus pada laga ini. Pemain asal Argentina mencetak satu gol dan dua assist. Di Maria memberi assist untuk gol yang dicetak Marquinhos dan Juan Bernat.

1 dari 2 halaman

3 Kunci Sukses PSG

RB Leipzig bukan lawan yang mudah dikalahkan. Buktinya, pada babak perempat final, mereka mampu menang atas Atletico Madrid. Akan tetapi, PSG punya tiga faktor yang bisa membuat RB Leipzig tidak berdaya.

"Saya tidak pernah santai, tetapi cara kami bertahan juga merupakan hal terpenting bagi saya. Kami memiliki perpaduan yang baik antara determinasi, semangat, dan kualitas," ucap Thomas Tuchel dikutip dari BBC Sport.

Thomas Tuchel menerangkan bahwa PSG tidak ingin terpengaruh pada cara bermain RB Leipzig. PSG tetap bermain menyerang walau tahu ada resiko besar karena RB Leipzig punya serangan balik yang sangat cepat.

"Kami tetap setia pada gaya permainan kami. Jika memungkinkan, kami berusaha mengontrol setengah ruang dan mengontrol serangan balik mereka. Dan kami menggunakan akselerasi Angel Di Maria, Kylian Mbappe, dan Neymar dengan bola di antara garis," katanya.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Perubahan Taktik

Thomas Tuchel sejatinya bermain dengan komposisi yang berbeda di laga melawan RB Leipzig dengan laga perempat final lawan Atalanta. Beberapa pemain diganti seperti Mauro Icardi dan Idrissa Gueye.

Namun, manajer asal Jerman itu menyebut tidak ada perubahan dari sisi taktik.

"Kami tidak membuat perubahan taktis yang besar. Ya, kami beradaptasi dengan semua lawan kami, tetapi tidak terlalu banyak. Kami harus menunjukkan kekuatan kami, dan para pemain kembali menunjukkan rasa lapar mereka untuk menang," ucap Thomas Tuchel.

Pada laga final, PSG bakal bersua pemenang antara Bayern Munchen vs Lyon. Kedua tim baru akan berlaga pada Kamis (20/8/2020) dini hari WIB.

Sumber: BBC Sport

Ingin tahu jadwal dan highlight pertandingan Liga Europa/Liga Champions lainnya? Klik di sini.

KOMENTAR