BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

3 Catatan Istimewa Thomas Tuchel Usai Bawa Chelsea Bekuk Atletico Madrid

24-02-2021 06:00 | Richard Andreas

Thomas Tuchel. (c) Pool Getty via AP Photo Thomas Tuchel. (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Chelsea memenangi laga sulit kontra Atletico Madrid di leg pertama 16 besar Liga Champions 2020/21, Rabu (24/2/2021). Bermain di tempat netral, Bucharest, The Blues pulang dengan kemenangan 1-0.

Meski skor cuma 1-0, hasil ini jelas sangat memuaskan bagi Chelsea dan Thomas Tuchel. Atletico merupakan salah satu tim paling merepotkan di Eropa, mengalahkan mereka tidaklah mudah.

Chelsea bermain dengan taktik yang tepat di laga ini. The Blues menguasai bola, mengurung dan tidak memberi kesempatan Atletico untuk menggunakan senjata serangan balik mereka.

Kesabaran dan kedisiplinan Chelsea akhirnya berujung dengan gol Olivier Giroud di menit ke-68. Pasukan Tuchel pun bisa bertahan dengan baik dan menjaga clean sheet.

Kemenangan ini pun menyisakan tiga catatan istimewa untuk Tuchel. Apa saja? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Hanya dua kali kebobolan

Thomas Tuchel sudah memimpin Chelsea mengarungi delapan pertandingan, dan selama itu The Blues hanya kebobolan dua gol.

Ini merupakan catatan terbaik setelah torehan Jose Mourinho yang hanya kebobolan satu gol pada delapan pertandingan pertama sebagai pelatih Chelsea.

Torehan ini pun membuktikan kedisiplinan Chelsea di era Tuchel. Mereka bisa dominan membawa bola dan bertahan dengan baik, lawan tidak punya banyak peluang.

2 dari 3 halaman

Menang di fase gugur

Laga kontra Atletico Madrid ini juga merupakan laga pertama Tuchel sebagai pelatih Chelsea.

Artinya dia langsung memimpin Chelsea di fase gugur, tidak sempat di fase grup. Dan bisa langsung meraih kemenangan terbilang catatan manis.

Menurut Opta, Tuchel adalah pelatih ketiga Chelsea yang memenangi laga Liga Champions pertamanya langsung di fase gugur.

3 dari 3 halaman

Menang tandang

Atletico Madrid adalah salah satu lawan paling merepotkan di Eropa. Pertahanan skuad Diego Simeone begitu tangguh dan berlapis.

Kemenangan ini pun menuntun Chelsea menggenapi catatan 14 kemenangan leg pertama di laga tandang Eropa. The Blues selalu lolos pada 13 laga sebelumnya.

Artinya, situasi mendukung Tuchel dan Chelsea untuk lolos ke putaran berikutnya.

Sumber: Opta

KOMENTAR