23 Tahun Lalu: Berseragam Juventus, Zidane Permalukan Lini Belakang Ajax

Yaumil Azis | 24 April 2020, 05:18
Entrenador Real Madrid, Zinedine Zidane. (c) LaLiga Santander
Entrenador Real Madrid, Zinedine Zidane. (c) LaLiga Santander

Bola.net - Tak ada yang bisa memungkiri kalau Zinedine Zidane adalah salah satu sosok legenda dalam dunia sepak bola. Liukannya di atas lapangan menjadi hiburan utama bagi para penikmat cabang olahraga tersebut.

Selama lima musim, mulai tahun 1996, pria berdarah Prancis tersebut menjadi bagian penting Juventus. Ia mencatatkan total 209 penampilan di semua kompetisi serta mengantongi 31 gol.

Ada banyak trofi yang telah ia sumbangkan ke raksasa Italia tersebut, termasuk dua gelar juara Serie A di tahun 1997 dan 1998. Sayangnya, ia gagal membantu Bianconeri meraih juara Liga Champions.

Kendati demikian, ia memiliki kenangan manis sewaktu memperkuat Juventus di ajang Liga Champions. Tepatnya saat klub tersebut sedang berhadapan dengan klub asal Belanda, Ajax Amsterdam.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Mencetak Gol dengan Mudah

Juventus dipertemukan dengan Ajax pada babak semi-final di tahun 1997. Kala itu, mereka menang dengan kedudukan 4-1 dan Zidane adalah salah satu pencetak golnya.

Zidane mencetak golnya dengan cara yang tidak bisa dilupakan oleh fans Juventus pada era itu. Bagaimana tidak, ia berhasil mengecoh tiga pemain bertahan Ajax, termasuk kiper, untuk menceploskan bola ke gawang.

Awalnya, Zidane melakukan akselerasi dan menusuk kotak penalti Ajax Amsterdam. Didier Deschamps yang sedang menguasai bola melihat pergerakan Zidane dan langsung melepaskan umpan mendatar nan terukur.

Saat sedang berlari, Zidane sudah dikawal oleh pemain Ajax. Ia kemudian dihampiri oleh pemain lain dan kiper yang hendak menghalaunya. Namun semuanya terkecoh oleh satu gocekan dan Zidane mencetak gol dengan 'terlihat' mudah.

2 dari 2 halaman

Assist yang Gemilang

Aksinya tidak sampai di situ saja. Zidane juga turut berpartisipasi dengan menyumbangkan assist dalam proses gol yang dicetak oleh sang penyerang, Nicolas Amoruso.

Zidane membawa bola dari 3/4 lapangan sendirian, tanpa adanya tekanan dari pemain Ajax Amsterdam. Ia melakukan tusukan ke kotak penalti sembari berhadapan satu lawan satu dengan pemain Ajax bernomor punggung 3.

Pemain tersebut tidak berkutik menghalau pergerakannya, bahkan sliding tackle yang dilakukannya berakhir sia-sia. Saat sampai di dekat gawang, ia memberikan umpan kepada Amoruso yang tidak menemui kesulitan menjebol gawang lawan.

Total Zidane mengumpulkan dua assist dan satu gol di laga tersebut. Pencetak gol Juventus lainnya adalah Christian Vieri serta Attilio Lombardo. Sementara Ajax harus puas dengan gol semata wayang Mario Melchiot.

(UEFA)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR