BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

15 Gol dalam 16 Kesempatan, Olivier Giroud si Spesalis Eropa!

24-02-2021 06:20 | Richard Andreas

Olivier Giroud mencetak gol spektakuler ke gawang Bayern Munchen, Rabu (24/2/2021) (c) Chelsea FC Olivier Giroud mencetak gol spektakuler ke gawang Bayern Munchen, Rabu (24/2/2021) (c) Chelsea FC

Bola.net - Olivier Giroud diturunkan sebagai starter dalam laga tandang Chelsea kontra Atletico Madrid di leg pertama 16 besar Liga Champions 2020/21, Rabu (24/2/2021). Giroud menjawab kepercayaan ini dengan gol krusial.

Sesuai prediksi, duel kontra Atletico berjalan alot bagi Chelsea, tapi taktik Thomas Tuchel jitu. Mereka mengurung Atletico dan menutup setiap celah untuk serangan balik, akibatnya pertandingan tadi benar-benar jadi milik Chelsea.

Kesabaran dan kedisplinan Chelsea pun membuahkan hasil dengan gol Olivier Giroud di menit ke-68. Gol ini pun membuktikan bahwa Giroud masih bisa diandalkan sebagai stiker utama Chelsea.

Selain itu, gol ini pun membawa Giroud mencapai catatan istimewa lainnya. Apa itu?

1 dari 3 halaman

15 gol dalam 16 kali jadi starter

Giroud lebih banyak dicadangkan sejak era Frank Lampard lalu, dan situasi itu belum berubah di era Tuchel sekarang. Namun, sama seperti sebelumnya, Giroud seringkali mencetak gol penting setiap kali diberi kesempatan.

Gol ini pun menambah koleksinya jadi 15 gol dari 16 kesempatan jadi starter untuk Chelsea di pentas Eropa, baik di Liga Champions maupun di Liga Europa.

Artinya, meski jarang bermain jadi starter, Giroud hampir selalu memberikan gol untuk Chelsea setiap kali diberi kesempatan.

2 dari 3 halaman

6 gol dalam 4 laga terakhir

Gol ke gawang Atletico ini pun menambah koleksi Giroud jadi enam gol dalam empat pertandingan terakhir di Liga Champions. Bukti bahwa dia tidak perlu banyak kesempatan untuk mencetak gol penting.

Gol-gol ini juga menunjukkan perkembangan Giroud meski sudah mendekati usia pensiun. Dia mencetak 6 gol pada 16 laga sebelumnya, kini bisa mencetak 6 gol hanya dalam empat laga terakhir.

Kali ini Giroud mencetak gol krusial yang mungkin akan mengantarkan Chelsea ke putaran berikutnya.

3 dari 3 halaman

Masih belum habis

Gol Giroud pun menorehkan catatan istimewa lainnya. Menurut Opta, dia merupakan pemain paling senior yang bisa mencetak gol di fase gugur Liga Champions untuk Chelsea, yakni di usia 34 tahun 146 hari.

Giroud sekaligus jadi pemain paling senior dari tim Inggris yang mencetak gol di fase gugur Liga CHampions, hanya kalah dari Ryan Giggs (37).

Catatan ini pun sekali lagi menegaskan bahwa Giroud belum habis. Tuchel beruntung punya striker-striker level top.

Sumber: Opta

KOMENTAR