10 Transfer Termahal yang Sudah Deal di Musim Panas 2022

Ari Prayoga | 19 Juni 2022, 09:17
Sepak bola Eropa (c) AP Photo
Sepak bola Eropa (c) AP Photo

Bola.net - Daftar transfer pemain termahal di musim panas 2022. Banyak klub sudah melakukan gerak cepat dengan merekrut pemain di awal jendela transfer kali ini.

Meski jendela transfer musim panas baru saja dibuka, sudah banyak kepindahan pemain top yang terjadi. Bahkan, beberapa dari mereka direkrut dengan biaya yang sangat mahal.

Setelah ini, diyakini masih bakal banyak transfer mahal yang dilakukan klub-klub top Eropa. Karena itu, bursa transfer musim panas ini sangat menarik untuk diikuti.

Lantas, siapa sajakah para pemain yang sejauh ini masuk dalam daftar 10 transfer termahal di musim panas 2022? Berikut daftar selengkapnya.

1 dari 10 halaman

Yves Bissouma

Yves Bissouma resmi bergabung dengan Tottenham (c) THFC

Yves Bissouma resmi bergabung dengan Tottenham (c) THFC

Bissouma menempati peringkat 10 dalam daftar pembelian termahal musim panas 2022 ini. Bissouma baru saja direkrut Tottenham dari Brighton dengan biaya senilai 25 juta poundsterling atau setara 29,2 juta euro.

Nama Bissouma sempat dikaitkan dengan Arsenal. Lalu, dia juga disebut sebagai salah satu kandidat pengganti Nemanja Matic di United. Tapi, dua klub peminat Bissouma tersebut harus menelan kekecewaan.

Bissouma menjadi pemain baru ketiga Tottenham pada awal musim 2022/2023 ini. Sebelum Bissouma, Tottenham lebih dulu merampungkan transfer Ivan Perisic dan Fraser Forster. Kedua pemain itu datang dengan status free transfer alias gratis.

2 dari 10 halaman

Karim Adeyemi

Karim Adeyemi bergabung dengan Borussia Dortmund (c) BVB

Karim Adeyemi bergabung dengan Borussia Dortmund (c) BVB

Ketajaman yang diperlihatkan Adeyemi bersama Salzburg dalam dua musim terakhir mengundang minat sejumlah klub raksasa Eropa untuk meminangnya.

Dortmund pun menjadi klub yang beruntung mendapatkan Adeyemi. Die Borussen rela membayar 30 juta euro untuk memboyong Adeyemi ke Signal Iduna Park.

Di Dortmund, Adeyemi diplot menggantikan bomber andalan mereka sebelumnya, Erling Haaland yang resmi dilepas ke Manchester City.

3 dari 10 halaman

Diego Carlos

Aksi Diego Carlos di laga Barcelona vs Sevilla, Senin (04/04/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Aksi Diego Carlos di laga Barcelona vs Sevilla, Senin (04/04/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Pada 1 Juni 2022 lalu, Aston Villa mengumumkan bahwa mereka resmi merekrut Diego Carlos dari Sevilla. Biaya transfer bek 29 tahun itu mencapai 31 juta euro.

Penampilan impresif Carlos bersama Sevilla dalam beberapa musim terakhir membuat bek asal Brasil itu sejatinya diincar sejumlah klub top Eropa.

Namun, alih-alih bergabung dengan klub seperti Liverpool, Real Madrid, atau Manchester United, Carlos ternyata lebih memilih untuk menerima pinangan Aston Villa.

4 dari 10 halaman

Brenden Aaronson

Brenden Aaronson bergabung dengan Leeds United (c) LUFC

Brenden Aaronson bergabung dengan Leeds United (c) LUFC

Aaronson menempati peringkat ketujuh dalam pemain dengan biaya transfer termahal pada musim panas 2022 ini. Ia direkrut Leeds United dari Salzburg dengan biaya 32,84 juta euro.

Penampilan apik Aaronson sejak di Philadelphia Union dan kemudian Salzburg membuatnya mendapat julukan sebagai 'Medford Messi'.

Setelah semusim setengah membela Salzburg, kini Aaronson siap meramaikan Premier League dengan menerima pinangan Leeds.

5 dari 10 halaman

Fabio Vieira

Aksi Fabio Vieira (kiri) di laga Porto vs Liverpool, Rabu (29/09/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Aksi Fabio Vieira (kiri) di laga Porto vs Liverpool, Rabu (29/09/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Jumat (17/6/2022) kemarin, Porto mengonfirmasi bahwa mereka telah sepakat untuk melepas Vieira ke Arsenal dengan biaya transfer total mencapai 40 juta euro.

Dari jumlah tersebut, 35 juta euro dibayarkan di awal dan 5 juta euro sisanya dibayarkan dalam bentuk biaya tambahan jika beberapa syarat terpenuhi.

Musim 2021/22 kemarin Vieira tampil luar biasa dengan mencatatkan enam gol dan 14 assist di Liga Portugal. Wajar jika Arsenal sangat kepincut dengannya.

6 dari 10 halaman

Nuno Mendes

Aksi Nuno Mendes pada duel PSG vs Real Madrid di leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Aksi Nuno Mendes pada duel PSG vs Real Madrid di leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Di peringkat kelima dalam daftar pemain yang hengkang dengan mahar tertinggi sejauh ini ada nama Nuno Mendes. Pemain asal Portugal tersebut dipermanenkan dengan mahar sebesar 38 juta euro.

Musim 2021/22 kemarin, PSG meminjam Mendes dari klub Portugal, Sporting. Dalam 37 laga di semua ajang bersama Les Parisiens, ia mencetak dua assist.

Kendati usianya baru menginjak 20 tahun sejak 19 Juni 2022 atau hari ini, Mendes tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan tempat di tim inti PSG. Ia bahkan mampu menggeser pemain berpengalaman yang bermain di posisinya, seperti Juan Bernat dan Layvin Kurzawa.

7 dari 10 halaman

Federico Chiesa

Selebrasi Federico Chiesa, winger Juventus (c) AP Photo

Selebrasi Federico Chiesa, winger Juventus (c) AP Photo

Urutan keempat dalam daftar pemain yang hengkang dengan mahar tertinggi sejauh ini ditempati Federico Chiesa. Juventus mempermanenkan status Chiesa dengan mahar sebesar 40 juta euro.

Chiesa sejatinya sudah bergabung dengan Juventus sejak musim panas 2020 lalu. Namun, kala itu ia direkrut dari Fiorentina dengan status pinjaman selama dua musim.

Dalam dua musim berseragam Bianconeri, Chiesa tercatat sudah bermain sebanyak 61 kali dengan menciptakan 18 gol.

8 dari 10 halaman

Erling Haaland

Manchester City meresmikan transfer Erling Haaland (c) Man City Official

Manchester City meresmikan transfer Erling Haaland (c) Man City Official

Pada jendela transfer musim panas ini, Manchester City merekrut Haaland dari klub Bundesliga, Borussia Dortmund dengan biaya transfer kurang lebih 60 juta euro.

Di Manchester City, striker asal Norwegia itu mendapat kontrak selama lima tahun dengan besaran gaji 400 ribu poundsterling per pekan, salah satu yang tertinggi di Premier League.

Haaland yang memiliki catatan gol luar biasa bersama Dortmund pun diyakini akan langsung menjadi andalan di lini depan tim asuhan Pep Guardiola.

9 dari 10 halaman

Darwin Nunez

Darwin Nunez. (c) Liverpool FC Official Twitter

Darwin Nunez. (c) Liverpool FC Official Twitter

Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, Liverpool resmi mengumumkan perekrutan Nunez. Dua hari sebelumnya, Benfica lebih dahulu menyatakan bahwa mereka melepas Nunez dengan biaya transfer awal senilai 75 juta euro.

Benfica juga menambahkan bahwa dalam kesepakatan ini terdapat sejumlah klausul yang membuat Liverpool bisa membayar biaya tambahan hingga biaya totalnya mencapai 100 juta euro.

Kini, Darwin Nunez siap memulai petualangan baru bersama Liverpool. Menarik dinanti bagaimana kontribusi penyerang 22 tahun itu untuk The Reds musim depan.

10 dari 10 halaman

Aurelien Tchouameni

Aurelien Tchouameni. (c) realmadrid.com/Antonio Villalba

Aurelien Tchouameni. (c) realmadrid.com/Antonio Villalba

Peringkat teratas dalam daftar transfer termahal musim panas 2022 sejauh ini ditempati oleh Aurelien Tchouameni yang diboyong Real Madrid dari AS Monaco dengan biaya awal 80 juta euro.

Nama Tchouameni naik ke permukaan berkat statistik luar biasa yang ia catatkan sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di pentas Ligue 1 dalam dua musim terakhir.

Sejak direkrut dari Bordeaux pada Januari 2020 lalu, Tchouameni tercatat sudah tampil sebanyak 95 kali bagi Monaco dengan menyumbang delapan gol di semua kompetisi.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR