BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

10 Tahun Lalu: Barcelona 4-1 Arsenal, Kejutan Lord Bendtner Ditenggelamkan Magis Lionel Messi

07-04-2020 11:45 | Asad Arifin

Lionel Messi saat melawan Arsenal pada Liga Champions musim 2009/2010 (c) UEFA Lionel Messi saat melawan Arsenal pada Liga Champions musim 2009/2010 (c) UEFA

Bola.net - 6 April 2010, tepat 10 tahun yang lalu. Magis Lionel Messi membuat Barcelona menang mudah atas Arsenal, walau sempat dibuat terkejut lewat gol yang dicetak Nicklas Bendtner.

Arsenal berjumpa Barcelona pada babak perempat final Liga Champions musim 2009/2010. Laga leg pertama digelar di Stadion Emirates dan mampu tampil cukup bagus. Meski tertinggal dua gol, The Gunners mampu membuat skor menjadi imbang 2-2.

Arsenal tertinggal lewat gol Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-46 dan 59. Sedangkan, gol balasan Arsenal dicetak Theo Walcott dan Fabregas. Gol Fabregas terjadi dari eksekusi penalti.

Kedua tim kembali berjumpa pada duel leg kedua di Camp Nou, Kamis (7/10/2010) dini hari WIB. Arsenal butuh kemenangan untuk bisa lolos ke semifinal. Asa tersebut terbuka lewat gol Lord Bendtner.

1 dari 2 halaman

Kejutan Lord Bendtner

Arsenal kehilangan sejumlah pemain kuncinya pada leg kedua. Robin van Persie tidak bisa bermain. Begitu juga dengan Cesc Fabregas, dan William Gallas. Sedangkan, kubu Barcelona kehilangan Carles Puyol karena akumulasi kartu.

Walau kehilangan sejumlah pemain kunci, Arsenal mampu membuat 93 ribu fans Barcelona yang datang ke Camp Nou terdiam. Pada menit ke-18, Lord Bendtner mencetak gol usai menerima umpan yang Theo Walcott.

Harusnya, keunggulan 1-0 cukup untuk membawa Arsenal melaju ke babak semifinal. Gol pemain asal Denmark itu ke gawang Victor Valdez membuat Arsenal unggul agregat 2-3 atas Barcelona.

Akan tetapi,Arsenal tidak mampu mempertahankan keunggulan tersebut. Bahkan hingga babak pertama usai. The Gunners yang tidak diperkuat William Gallas tampil begitu rapuh di lini belakang.

2 dari 2 halaman

Magis Lionel Messi

Setelah publik Camp Nou dikejutkan gol Lord Bendtner, setelah itu panggung menjadi milik Lionel Messi. Bagaimana tidak, pemain dengan julukan La Pulga tersebut mencetak empat gol ke gawang Arsenal yang dijaga Manuel Almunia.

Gol pertama Messi terjadi pada menit ke-21, dari tendangan jarak jauh usai memanfaatkan kesalahan pemain belakang Arsenal. Lalu, gol kedua pada menit ke-37 usai menerima umpan Pedro.

Gol ketiga dicetak Lionel Messi pada menit ke-42 dengan proses yang indah. Tinggal berhadapan dengan Manuel Almunia, Lionel Messi mengirim bola dengan tendangan lambung. Sedangkan, pada gol keempat, pemain Lionel Messi mengirim bola ke antara sela kaki Almunia.

Simak aksi gemilang Lionel Messi pada video berikur ini ya Bolaneters.

Barcelona kemudian melangkah ke babak semifinal. Hanya saja, langkah klub asal Catalan terhenti usai kalah dari Inter Milan yang dilatih Jose Mourinho. Barcelona kalah dengan agregat 2-3 dari Inter Milan yang menjadi juara Liga Champions.

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland