BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

10 Klub Terboros di Bursa Transfer Lima Tahun Terakhir, Nomor Berapa Klub Idola Kalian?

12-07-2019 15:15 | Afdholud Dzikry

Manchester United (c) AP Photo Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Sejak Roman Abramovich datang meramaikan Premier League bersama Chelsea pada 2003 silam, hampir setiap musim selalu ada transfer-transfer dengan harga yang sangat fantastis. Kedatangan taipan minyak asal Rusia tersebut banyak diklaim sebagai awal mula 'rusaknya' harga pasaran pemain.

Dinasti Roman yang dipenuhi para pemain mahal itu pun menuai kesuksesan lewat trofi-trofi yang Chelsea dapatkan. Karena itu banyak klub yang pada akhirnya juga tertarik untuk mendapatkan kesuksesan instan dengan mendatangkan pemain berharga mahal.

Sontak saja, setiap kali musim transfer tiba, dua kali dalam setahun, banyak klub berperang harga dan banyak klub yang memagari para pemain kuncinya dengan banderol yang luar biasa.

'Tradisi' jual beli pemain berharga mahal ini pun terus berlanjut hingga saat ini. Klub-klub yang bergelar OKB (Orang Kaya Baru) pun mendominasi aliran dana transfer pemain di beberapa tahun terakhir. Chelsea, Manchester City dan juga PSG menjadi salah satu klub yang paling banyak mengeluarkan uang untuk mendatangkan pemain, menyaingi Real Madrid yang sebelumnya memang dikenal sebagai klub spesialis pemecah rekor pembelian pemain.

Namun bukan hanya tiga klub itu, klub-klub 'tradisional' seperti Barcelona, Manchester United, Juventus hingga Atletico Madrid juga ketularan melakukan pembelian mahal. Selain memang ada pengaruh dari pasar, harga mahal seorang pemain juga dipengaruhi dengan banyaknya persaingan klub di bursa transfer.

Nah, tahukah Bolaneters siapa sih klub yang paling banyak mengeluarkan uang belanja pemain di lima tahun terakhir? Apakah Real Madrid? Barcelona? Manchester United? Atau justru Juventus yang musim lalu sukses mendatangkan Cristiano Ronaldo?

Berikut 10 klub yang paling banyak mengeluarkan uang belanja pemain selama 5 musim terakhir menurut transfermarkt. Simak yuk!.

1 dari 11 halaman

10. AC Milan

AC Milan menjadi tim ke-10 yang menghabiskan uang paling banyak dalam bursa transfer pemain di lima tahun terakhir.

Pengeluaran terbanyak AC Milan dalam satu musim terjadi pada musim 2017-2018. Adalah pembelian Leonardo Bonucci seharga 42 juta euro dari Juventus kala itu yang membuat pengeluaran Rossoneri di urusan transfer membengkak hingga angka 191,98 juta euro.

Selain Bonucci, kala itu Rossoneri juga mendatangkan Andre Silva seharga 38 juta euro hingga Andrea Conti senilai 24 juta euro. Total belanja Rossoneri selama lima tahun terakhir adalah 551,95 juta euro.

2 dari 11 halaman

9. Liverpool

Di urutan nomor 9 ada nama Liverpool. Klub asuhan Jurgen Klopp tersebut mengeluarkan total dana menurut transfermarkt sebesar 563,28 juta euro untuk mendatangkan pemain di lima musim terakhir.

Musim di mana The Reds mengeluarkan uang terbanyak di 5 musim terakhir adalah pada musim 2018-2019 alias musim lalu ketika mendatangkan Alisson senilai 62 juta euro dari AS Roma, dan Naby Keita dari RB Leipzig senilai 60 juta euro.

Namun pemain termahal Liverpool adalah Virgil van Dijk yang didatangkan dua musim lalu. Harga yang harus dikeluarkan The Reds untuk mendatangkan bek tengah asal Belanda tersebut adalah 84,65 juta euro.

3 dari 11 halaman

8. Real Madrid

Cukup mengejutkan memang. Tapi itulah kenyataannya. Real Madrid yang sebelumnya dianggap adalah klub yang tak sungkan menghamburkan uang, justru dalam lima tahun terakhir lebih berhemat.

Total selama lima tahun terakhir, Los Blancos mendatangkan pemain dengan total biaya 621,25 juta euro. Dan pengeluaran terbanyak sejauh ini adalah pada musim panas ini, sekitar 303,00 juta euro. Eden Hazard menjadi pembelian termahal mereka di lima tahun terakhir dengan biaya 100 juta euro.

4 dari 11 halaman

7. Atletico Madrid

Dalam lima tahun terakhir, Atletico Madrid mendadak menjadi klub yang loyal dalam mengeluarkan uang untuk membeli pemain. Tengok saja pengeluaran mereka dalam lima tahun terakhir yang mencapai 681,61 juta euro.

Musim panas ini menjadi pengeluaran terbesar mereka. Kedatangan Joao Felix senilai 126 juta euro membuat dana belanja mereka membengkak. Selain itu ada juga nama Marcos Llorente yang juga menelan biaya cukup mahal, 30 juta euro.

Atletico Madrid sejatinya masih memiliki satu transfer mahal pada musim panas ini, yakni ketika mereka mempermanenkan status Alvaro Morata. Namun pembayaran untuk Alvaro Morata baru akan dilakukan pada musim depan senilai 56 juta euro.

5 dari 11 halaman

6. Manchester United

Manchester United selama lima musim terakhir tak begitu jor-joran di bursa transfer pemain. Tercatat, pengeluaran terbesar mereka adalah pada musim 2017-2018 sebesar 198,40 juta euro saat mereka mendatangkan empat nama besar, yakni Romelu Lukaku, Nemanja Matic, Alexis Sanchez dan Victor Lindelof.

Sementara pemain termahal mereka adalah Paul Pogba yang didatangkan dari Juventus satu musim sebelumnya senilai 105 juta euro. Secara total, lima tahun terakhir Setan Merah menghabiskan 694,10 juta euro.

6 dari 11 halaman

5. PSG

Setelah Manchester United, ada nama PSG sebagai klub yang paling banyak membelanjakan uangnya untuk mendatangkan pemain. Total selama lima tahun terakhir, raksasa Prancis tersebut mengeluarkan dana sebesar 723,6 juta euro.

Ya, seperti yang sudah bisa ditebak, pengeluaran terbanyak PSG adalah ketika mendatangkan Neymar dari Barcelona senilai 222 juta euro pada musim 2017-2018, yang juga menjadi pengeluaran PSG terbanyak selama lima tahun terakhir, 238 juta euro.

7 dari 11 halaman

4. Chelsea

Seperti sudah disinggung di awal artikel ini, sejak kedatangan Roman Abramovic, Chelsea seperti tak bisa lepas dari label klub kaya yang mendatangkan pemain dengan harga mahal. Dan praktik itu masih berlangsung di lima tahun terakhir.

Terbukti selama lima tahun terakhir The Blues mengeluarkan 729,8 juta euro untuk belanja pemain. Pembelian termahal mereka adalah pada musim 2017-2018 di mana mereka memiliki total pengeluaran sebesar 260,50 juta euro. Ketika itu, The Blues mendatangkan nama-nama Alvaro Morata, Tiemoue Bakayoko, Danny Drinkwater, Antonio Rudiger hingga Olivier Giroud.

8 dari 11 halaman

3. Barcelona

Dengan uang besar yang mereka dapatkan dari penjualan Neymar ke PSG pada 2017, Barcelona pun langsung membangun kembali skuad mereka. Nama-nama baru didatangkan ke Camp Nou, sebut saja Ousmane Dembele dan juga Philippe Coutinho. Total, pada bursa transfer musim 2017-2018 itu, Blaugrana mengeluarkan total 374,5 juta euro.

Bila dihitung selama lima musim terakhir, Barcelona sudah mengeluarkan biaya sebesar 792,35 juta euro untuk mendatangkan pemain baru. Coutinho adalah pembelian termahal mereka dengan biaya 145 juta euro.

9 dari 11 halaman

2. Juventus

Dalam beberapa tahun terakhir, Juventus memang begitu aktif di bursa transfer. Hal itu dilakukan karena mereka begitu mengidamkan trofi Liga Champions, dan karena itu pula mereka akhirnya mendatangkan Cristiano Ronaldo pada musim panas tahun lalu senilai 117 juta euro. Itu juga sekaligus menjadi pembelian termahal Juventus, mengalahkan rekor mereka saat mendatangkan Gonzalo Higuain pada musim 2016-2017 sebesar 90 juta euro.

Secara total, Juventus sudah mengeluarkan dana sebesar 809,43 juta euro untuk belanja pemain. Musim panas tahun lalu menjadi yang terbesar karena mereka mengeluarkan dana hingga 261,50 juta euro untuk belanja pemain.

10 dari 11 halaman

1. Manchester City

Seperti yang sudah bisa ditebak, di lima musim terakhir tidak ada klub yang bisa mengalahkan dana belanja Manchester City. Tim asuhan Josep Guardiola tersebut tercatat telah menghabiskan biaya mencapai 907,89 juta euro selama periode itu.

Dana belanja terbesar mereka adalah pada musim 2017-2018 yang mencapai total 317,50 juta euro. Ketika itu, rekrutan termahal mereka adalah Aymeric Laporte yang didatangkan dari Athletic Bilbao senilai 65 juta euro. Nama-nama lain yang juga datang pada musim itu adalah Benjamin Mendy, Kyle Walker, Bernardo Silva, Ederson, Danilo hingga Douglas Luiz.

Biaya besar yang dikelurkan The Citizens itu tampak tak rugi. Pasalnya, pada musim itu mereka mampu keluar sebagai yang terbaik di Inggris dengan memenangi Premier League, dan begitu juga dengan musim lalu.

Dengan apa yang ditunjukkan Manchester City yang sudah mengeluarkan dana besar untuk belanja pemain, jadi sangatlah wajar bila dalam beberapa tahun ke depan kita bisa melihat banyak klub mengeluarkan dana besar untuk sebuah kesuksesan.

11 dari 11 halaman

Klub-klub Lain

Selain 10 klub yang sudah disebutkan di atas, beberapa klub lain yang juga sudah mengeluarkan biaya besar untuk belanja pemain adalah sebagai berikut:

11. Inter Milan (545,15 juta euro)

12. AS Roma (484,93 juta euro)

13. Borussia Dortmund (468,94 juta euro)

14. Everton (462,8 juta euro)

15. AS Monaco (443,36 juta euro)

16. Valencia (410,4 juta euro)

17. Bayern Munchen (403,5 juta euro)

18. Arsenal (379,24 juta euro)

19. Napoli (348,89 juta euro)

20. Tottenham (346,1 juta euro).

Simak terus artikel-artikel menarik seputar sepak bola dunia hanya di Bola.net.

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR