BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

10 Kiper Dengan Bayaran Termahal di Dunia (Bagian 1)

22-10-2020 12:04 | Aga Deta

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois (c) AP Photo Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois (c) AP Photo

Bola.net - Penjaga gawang mempunyai peran yang sangat krusial dalam sebuah tim sepak bola. Sayangnya gaji yang diterima penjaga gawang biasanya tidak semewah dengan pemain di posisi lainnya.

Biasanya pemain di posisi striker, gelandang dan sayap mendapatkan bayaran yang besar. Sementara itu, para pemain bertahan dan penjaga gawang biasanya berada di kelompok penerima gaji terendah dalam daftar itu.

Mantan bos Manchester United, Sir Alex Ferguson pernah menyatakan bahwa: "Kiper yang hebat bernilai 15 poin selama satu musim."

Pernyataan ini mempertegas peran penjaga gawang yang amat besar untuk sebuah tim sepak bola dalam perburuan gelar.

Dan tampaknya klub-klub akhirnya menyadari kenyataan bahwa untuk memenangkan trofi Anda membutuhkan penjaga gawang terbaik. Dampak langsungnya, sekarang ada kiper kelas elit yang penghasilannya setara atau bahkan lebih tinggi dari rekan satu timnya di posisi populer macam gelandang dan striker.

Namun, secara garis besar hanya segelintir klub yang membayar mahal ke sosok kiper.

Siapa saja penjaga gawang dengan penghasilan tertinggi saat ini? Berikut ini daftar posisi 10-6 besar.

1 dari 5 halaman

10. Wojciech Szczesny (Juventus): 130 Ribu Poundsterling

Penjaga gawang asal Polandia satu ini bergabung dengan Juventus pada tahun 2017 dengan transfer 10 juta poundsterling. Awalnya ia menjadi cadangan untuk Gianluigi Buffon, tetapi kemudian menggantikan legenda Italia tersebut pada tahun 2018 sebagai kiper pilihan pertama klub, karena Buffon yang uzur mulai rentan cedera.

Juventus menjadikan Wojciech Szczesny sebagai penjaga gawang dengan bayaran tertinggi di Serie A dengan gaji mingguan yang sebesar 130 ribu poundsterling. di Arsenal ia tak diperlakukan spesial seperti itu.

Wojciech Szczesny memenangkan Penghargaan Kiper Terbaik Serie A untuk penampilannya di musim 2019-20.

Szczesny adalah penjaga gawang berkualitas. Dalam 308 pertandingan liga di tiga klub telah menjaga 114 clean sheet, termasuk 34 clean sheet bersama Juventus. Musim terbaiknya bersama Arsenal adalah musim 2013-2014 di mana ia memenangkan Piala FA, Community Shield, dan Penghargaan Sarung Tangan Emas Premier League yang bergengsi.

2 dari 5 halaman

9. Kasper Schmeichel (Leicester City): 130 Ribu Poundsterling

Karier Kasper Schmeichel pasang-surut bersama Leicester City. Ia pindah dari East Midlands dari Leeds pada 2011. Awal karier kiper asal Denmark ini dimulai di Manchester City.

Pemain satu ini adalah bagian penting dari tim di bawah Claudio Ranieri yang mengangkat gelar Liga Inggris di musim 2015-2016. Anak kandung penjaga gawang legendaris, Peter Schmeichel turun di semua laga kompetisi . Kesper menjaga 15 clean sheet saat kisah dongeng The Foxes berujung gelar juara.

Sebagai bentuk apresiasi klub memberi kontrak wah pada 2018. Bersama Jamie Vardy menjadi pemain klub dengan bayaran tertinggi di Leicester. Ia dibayar 130 ribu poundsterling per pekan. Vardy telah menandatangani perpanjangan kontrak dengan bayaran 140 ribu poundsterling per minggu.

3 dari 5 halaman

8. Alisson Becker (Liverpool): 150 Ribu Poundsterling

Klub juara bertahan Premier League, Liverpool memiliki salah satu skuat terbaik di dunia, dan posisi penjaga gawang Alisson adalah bagian terakhir dari kumpulan puzzle bagi tim Jurgen Klopp saat The Reds memenangkan Liga Champions dan Liga Inggris setelah ia pindah ke Anfield pada 2018.

Penerima Trofi Yashin perdana memiliki rekor hebat di Premier League, setelah menjaga 35 clean sheet dalam 70 pertandingan. Cedera membuatnya absen musim ini dan ketidakhadirannya sudah tercermin dalam hasil yang diraih Liverpool. The Reds sudah kebobolan 11 gol musim ini tanpa sosok Alisson Becker.

Kiper Brasil itu dibayar Liverpool 150 ribu poundsterling per pekan.

4 dari 5 halaman

7. Kepa Arrizabalaga (Chelsea): 150 Ribu Poundsterling

Terkadang sulit dipercaya bahwa kiper Chelsea saat ini, Kepa Arrizabalaga, berstatus sebagai kiper termahal di dunia. Penjaga gawang Spanyol telah mengalami musim panas dengan Chelsea yang membuatnya sering kehilangan tempatnya di starting XI digantikan Willy Caballero dan sekarang pemain baru Edouard Mendy.

Kepa memiliki rekor buruk di Premier League dan dalam 72 penampilan telah kebobolan 92 gol sambil hanya mengelola 22 clean sheet. Pemain itu baru berusia 26 tahun dan masih bisa membalikkan kariernya, tetapi sulit membayangkan bahwa gajinya akan naik lebih jauh dari saat ini 150 ribu poundsterling per minggu di Chelsea.

5 dari 5 halaman

6. Thibaut Courtois (Real Madrid): 150 Ribu Poundsterling

Penjaga gawang nomor satu Belgia, Thibaut Courtois menjalani musim 2019-2020 yang mengesankan di mana ia menjaga 18 clean sheet. Ia hanya kebobolan 20 gol dalam 34 penampilannya di La Liga. Penampilannya yang solid di antara mistar gawang membantu Real Madrid memenangi gelar kompetisi.

Lulusan Akademi Genk telah tumbuh menjadi salah satu penghenti tembakan terbaik di dunia dan sangat pandai melakukan penyelamatan refleks yang gila. Dia telah menikmati banyak kesuksesan di liga domestik, memenangkan La Liga dan Premier League dua kali (tetapi belum bersinar di Liga Champions).

Dia saat ini ia digaji 150 ribu poundsterling per pekan oleh Los Blancos hingga tahun 2024.

Mau tahu siapa kiper penghuni jajaran lima besar berpenghasilan termahal di dunia? Simak artikel lanjutan.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com/Penulis Ario Yosia

Published: 22 Oktober 2020

KOMENTAR