BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

10 Klub Dengan Market Value Paling Mahal di Dunia (Bagian 1)

19-10-2020 19:23 | Serafin Unus Pasi

Bayern Munchen (c) AP Photo Bayern Munchen (c) AP Photo

Bola.net - Market value atau nilai pasar bisa menjadi tolok ukur keelitan sebuah klub. Pasalnya, dengan memiliki market value yang tinggi, tim tersebut tentu saja dihuni pemain-pemain terbaik Eropa.

Bahkan, sebuah klub rela merekrut pemain dengan harga tinggi demi meningkatkan prestasi tim. Hal tersebut tentu saja membuat nilai pasar klub akan melonjak tinggi bahkan mencapai angka yang fantastis.

Situs ternama asal Jerman, Transfermarkt, telah merilis 50 klub dengan market value paling mahal di dunia. Namun yang menarik perhatian tentu saja ada di daftar 10 besar.

Premier League menjadi liga yang paling dominan dengan bertenggernya lima klub asal Negeri Ratu Elizabeth di dalam daftar sepuluh besar.

Lantas, klub mana saja yang memiliki market value paling mahal di dunia saat ini?

1 dari 5 halaman

5. Paris Saint-Germain (858.8 juta euro)

Pemain PSG merayakan gol Mauro Icardi ke gawang Reims di lanjutan Ligue 1 pekan 5. (c) PSG Pemain PSG merayakan gol Mauro Icardi ke gawang Reims di lanjutan Ligue 1 pekan 5. (c) PSG

Sejak diakuisisi oleh pengusaha asal Qatar, Nasser Al-Khelaifi pada tahun 2011, Paris Saint-Germain menjadi salah satu klub yang berani menggelontorkan dana fantastis untuk mendatangkan pemain di bursa transfer.

Dengan 33 pemain di skuat PSG saat ini, raksasa Ligue 1 itu memiliki market value yang tinggi yaitu 858.8 juta euro.

Tingginya market value Les Parisiens, tentu tak lepas dari dua superstar mereka yakni Neymar dan Kylian Mbappe. Keduanya memiliki nilai pasar masing-masing lebih dari 100 juta euro.

2 dari 5 halaman

4. Bayern Munchen (874.7 juta euro)

Skuad Bayern Munchen merayakan kemenangan 8-0 atas Schalke pada laga pembuka Bundesliga 2020/21. (c) AP Photo Skuad Bayern Munchen merayakan kemenangan 8-0 atas Schalke pada laga pembuka Bundesliga 2020/21. (c) AP Photo

Torehan treble winners Bayern Munchen musim 2019/20 lalu turut membuat nilai pasar klub yang berujuk Die Roten itu mengalami kenaikan. Hal tersebut tentu tidak lepas dari performa sang pemain yang memberikan kontribusi nyata.

Nama-nama beken seperti Serge Gnabry, Joshua Kimmich, dan Alphonso Davies menjadi pemain yang memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan nilai pasar Munchen. Kini, raksasa Bundesliga itu memiliki market value 874.7 juta euro.

3 dari 5 halaman

3. Barcelona (878.5 juta euro)

Skuad Barcelona merayakan gol ke gawang Celta Vigo, La Liga 2020/21. (c) AP Photo Skuad Barcelona merayakan gol ke gawang Celta Vigo, La Liga 2020/21. (c) AP Photo

Walaupun Barcelona gagal meraih satu gelar pun di musim 2019/20 lalu. Tetapi, Blaugrana tetap menjadi klub yang memiliki market value yang cukup tinggi yaitu 878.5 juta euro.

Menetapnya Lionel Messi dan berkembangnya Ansu Fati menjadi salah dua alasan mengapa Barca tetap menjadi salah satu klub dengan nilai pasar yang mahal di dunia.

4 dari 5 halaman

2. Manchester City (1.08 miliar euro)

Skuad Manchester City merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Burnley pada duel Carabao Cup 2020/21. (c) AP Photo Skuad Manchester City merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Burnley pada duel Carabao Cup 2020/21. (c) AP Photo

Manchester City bisa dibilang menjadi salah satu klub yang cukup konsisten dengan market value yang dimiliki. Pasalnya, rata-rata pemain yang ada di skuat City saat ini tidak mengalami penurunan yang drastis.

Raheem Sterling, Kevin de Bruyne, Bernardo Silva, Rodri, dan Aymeric Laporte adalah lima contoh pemain The Citizens yang tidak mengalami penurunan nilai pasar. Sehingga tetap menjaga market value yang dimiliki City sekarang yang mencapai 1.08 miliar euro.

5 dari 5 halaman

1. Liverpool (1.10 miliar euro)

Liverpool (c) AP Photo Liverpool (c) AP Photo

Liverpool menempati posisi puncak sebagai klub dengan market value paling mahal di dunia. Hal tersebut tentu tak lepas dari prestasi The Reds musim lalu yang sukses meraih gelar Premier League.

Klub yang bermarkas di Anfield ini memang tidak melakukan belanja besar-besaran, namun skuat The Reds yang mumpuni dan berkembang pesat berhasil membuat klub asal Merseyside tersebut memiliki market value yang fantastis yaitu 1.10 miliar euro.

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR