Wawancara Eksklusif Emre Can: Dortmund Berprestasi dengan Pemain Muda? Kenapa Tidak?

Serafin Unus Pasi | 2020-08-21 23:03
Emre Can (c) Borussia Dortmund

Bola.net - Emre Can bukan nama yang asing bagi para pecinta sepakbola. Jika Bolaneters memainkan gim Football Managers versi agak lawas, sekitar FM 2012 dan sebelumnya ia selalu masuk dalam radar pemain berlabel wonderkid.


Ya, sejak usianya masih muda, Can memang dikenal sebagai salah satu pemain dengan bakat besar. Ia memiliki keistimewaan yang bisa bermain di beberapa posisi dengan sama baiknya.

Berkat bakat besarnya itu, Bayern Munchen merekrutnya Eintracht Frankfurt di tahun 2009. Namun kesulitan menembus tim utama Bayern Munchen, Can memutuskan pindah ke Bayer Leverkusen di tahun 2013 dan sejak saat itu namanya membumbung tinggi di dunia sepakbola.

Perjalanan karirnya berlanjut ke Inggris di mana ia memperkuat Liverpool selama empat tahun sebelum dua musim setelahnya membela sang jawara Italia, Juventus. Sebelum pada tahun 2019 kemarin, ia pulang ke tanah kelahirannya, Jerman untuk membela Borussia Dortmund.

Pada hari Jumat (21/8) Bola.net mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang secara eksklusif dengan gelandang 26 tahun ini. Yuk simak perbincangan kami di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Bincang Bareng Emre Can

Bagaimana rasanya bermain lagi di Bundesliga setelah enam tahun yang lalu kamu pergi dari Jerman?

Rasanya luar biasa. Saya benar-benar senang bisa kembali ke Bundesliga, saya juga senang bisa kembali ke Jerman. Saya menjalani waktu yang menyenangkan di Inggris dan juga Italia, tetapi saya sangat merindukan Jerman dan saya ingin kembali ke sini. Dan sekarang saya sudah kembali, dan saya kini bersama Dortmund. Saya sangat gembira akan hal ini dan saya sudah tidak sabar untuk tahun-tahun berikutnya.

Menurut kamu, apa yang berbeda dengan Bundesliga sekarang dengan Bundesliga enam tahun yang lalu?

Ini pertanyaan yang bagus. Saya rasa Bundesliga tetap menjadi salah satu liga terbaik di dunia, dan sekarang perbedaan yang paling terlihat adalah kami tidak bisa bermain di hadapan fans, dan saya rasa ini perbedaan terbesar jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi saya rasa tidak ada banyak perubahan di Bundesliga.

2 dari 4 halaman

Bincang Bareng Emre Can

Bisa dikatakan proses adaptasimu di Borussia Dortmund tergolong cukup cepat. Apa sih rahasianya? Dan apakah ada pemain tertentu yang banyak membantu proses adaptasimu di sana?

Saya rasa tidak ada rahasia mengenai hal ini. Saya hanya ingin menjadi diri saya sendiri, saya ingin datang ke klub ini dan menunjukkan kemampuan terbaik saya di atas lapangan. Saya selalu mencoba memberikan yang terbaik, dan segalanya berjalan dengan baik. Saya juga bermain di banyak pertandingan di Dortmund, dan rekan-rekan saya di Dortmund, saya tidak bisa memilih satu nama karena semua rekan-rekan saya begitu baik pada saya sejak hari pertama, dan saya merasa sangat nyaman di Dortmund, dan saya punya tim yang hebat dan juga pelatih yang hebat juga. Saya juga sekarang lebih dekat dengan kampung halaman saya di Frankfurt, saya jadi lebih dekat dengan keluarga dan juga teman-teman dekat saya dan bagi saya itu semua sangat penting.

Tapi apa ada enggak rekan setimmu yang benar-benar banyak membantu proses adaptasimu di Dortmund?

Saya gak mau menyebutkan satu nama karena seluruh tim membantu saya untuk beradaptasi di Dortmund itulah mengapa saya tidak bisa memilih satu pemain.

3 dari 4 halaman

Bincang Bareng Emre Can

Sekarang kamu bermain di Borussia Dortmund, sebuah tim yang menaruh kepercayaan yang besar pada pemain muda. Menurutmu dengan banyaknya pemain muda ini, apakah kalian bisa memenangkan sesuatu tahun ini?

Saya rasa kami memiliki perpaduan yang bagus antara pemain muda dan juga pemain tua. Kami memiliki pemain yang berpengalaman dan kami juga memiliki pemain yang kurang berpengalaman. Kami memiliki perpaduan yang bagus dan kami memiliki kualitas untuk memenangkan sesuatu, tapi untuk memenangkan sesuatu itu tidak mudah karena tim-tim lain juga sama-sama kuat, sehingga kami harus memberikan yang terbaik dan kita lihat apa yang bisa kami raih nanti di akhir musim nanti.

Di training camp kalian kali ini, ada banyak pemain muda berbakat yang ikut serta. Bisakah kamu memberi tahu kami satu atau dua pemain muda yang menurutmu paling menarik?

Hmm Yousuffa Moukoko tentu saja. Dia masih 15 tahun tetapi dia sudah berlatih dengan para pemain profesional dan itu tidaklah mudah. Saat saya berusia 15 tahun saya belum bisa seperti dia, saat itu saya belum cukup kuat untuk bermain di tim utama. Ia sudah berlatih dengan sangat baik sejak hari pertama, dan kami bisa melihat seberapa berkualitasnya dia. Dan jika dia terus melakukan apa yang ia lakukan saat ini, maka suatu hari nanti ia akan menjadi pemain yang sangat besar.

4 dari 4 halaman

Bincang Bareng Emre Can

Menurut kamu, untuk tahun ini tim mana selain Dortmund dan Bayern Munchen yang akan menjadi penantang gelar yang serius untuk Bundesliga?

Saya rasa [Bayer] Leverkusen adalah tim yang kuat, begitu juga dengan [RB] Leipzig. [Borussia] Monchengladbach juga tim yang kuat. Jadi saya rasa sangat sulit untuk menyebut siapa yang akan menjadi penantang gelar sebelum musim dimulai, tetapi saya yakin tim-tim di Bundesliga itu kuat-kuat semua.

Lalu bagaimana dengan Dortmund? Apakah Dortmund mampu untuk menjadi juara Bundesliga tahun ini?

Ya tentu saja. Saya datang ke sini untuk memenangkan sesuatu, dan memenangkan Bundesliga adalah sesuatu yang harus menjadi tujuan semua orang di klub ini. Setiap tahun kami selalu mencoba untuk memenangkan Bundesliga dan itu selalu menjadi target kami. Kami akan memberikan yang terbaik, jadi kita lihat apa yang terjadi di akhir musim nanti.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR