Virtual Tour, Cara Asik Borussia Dortmund Menyapa Fans Asia di Tengah Pandemi COVID-19

Serafin Unus Pasi | 2020-08-06 23:51
Borussia Dortmund (c) AP Photo

Bola.net - Musim panas ini seharusnya menjadi momen yang indah bagi Borussia Dortmund. Klub yang berbasis di Jerman itu punya rencana untuk menyapa para fans mereka di Asia pada musim panas ini.


Seperti musim panas di tahun-tahun sebelumnya, Borussia Dortmund sudah merancang aktivitas pra musim mereka. Untuk tahun ini, juara delapan kali Bundesliga itu berencana mengunjungi beberapa negara Asia seperti China, Jepang dan Singapura untuk menyapa langsung para loyalis mereka.

Namun rencana itu hanya rencana. Karena pada bulan Maret kemarin, seluruh daratan Eropa dan juga di seluruh penjuru dunia terjangkit pandemi mematikan bernama virus corona dan hingga saat ini kondisinya masih belum memungkinkan untuk menggelar tur tersebut.

"Kami sebenarnya sudah berencana untuk datang ke Asia dengan seluruh tim kami. Bahkan seharusnya kami sudah berada di Asia sekitar pertengahan Juli kemarin, dan tur kami ini seharusnya sudah berjalan jika kondisinya normal," ujar Benedikt Scholz, Head of International, Borussia Dortmund dalam acara Media round table yang diselenggarakan Kamis (6/8) bersama sejumlah media Asia Tenggara.

Kegagalan tur Asia ini juga sangat disesalkan oleh para penggawa Dortmund. Pasalnya mereka sudah tidak sabar untuk berjumpa dengan para pendukung mereka di Asia.

"Para pemain kami kecewa tidak bisa mengunjungi Asia di musim panas ini. Ini adalah pertanda yang bagus bahwa para pemain kami punya ketertarikan yang besar pada pasar Asia." imbuh Daniel Stolpe, Head of International Communication, Borussia Dortmund. menambahkan

Lantas bagaimana upaya Dortmund untuk tetap terhubung dengan para fans Asia di tengah-tengah pandemi ini? Yuk intip di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Coba Hadir Secara Virtual

Meski tidak bisa berjumpa secara tatap muka, pihak Dortmund menegaskan bahwa mereka akan mencoba untuk menyapa para fans BVB di Asia pada musim panas ini dengan kegiatan yang mereka namakan 'The Black and Yellow Virtual Asia Tour 2020'

"Namun dengan kondisi seperti ini, kami tetap ingin memberikan yang terbaik. Setidaknya meski kami tidak bisa datang secara langsung, kami mencoba hadir secara virtual kepada orang-orang yang mengikuti Borussia Dortmund atau bahkan mereka yang sudah menjadi fans loyal kami."

"Kita berada dalam kondisi pandemi, dan tidak ada yang lebih membanggakan bagi kami menjadi klub top Eropa pertama yang menggelar virtual tour di Asia. Saya rasa acara ini benar-benar sudah dirancang dengan sangat baik."

2 dari 3 halaman

Lalu apa sih yang ditawarkan dalam Virtual Asia Tour ini?

Dalam virtual tour mereka kali ini, BVB mencoba menghadirkan beberapa konten eksklusif yang bisa diakses olah para fans di Asia.

"Ada beberapa konten yang sedang kami produksi yang dirancang khusus untuk area ini [Asia]. Kami akan melakukan interaksi secara live, kami akan melakukan live streaming, akan melakukan meet and greet secara virtual."

"Kami akan melakukan live streaming saat sesi latihan berlangsung, kami akan melakukan live streaming saat turnamen pra musim kami, lalu kami juga akan menggelar sesi wawancara setelah turnamen."

"Ambisi kami untuk bisa sedekat mungkin dengan para fans, meski kita terpisah sekitar 10 ribu km, namun kami berniat untuk tetap dekat dengan para fans dan juga partner kami di Asia."

3 dari 3 halaman

Rencana Borussia Dortmund untuk Indonesia

Dalam kesempatan ini, Bolanet berkesempatan untuk menanyakan kepada pihak Dortmund mengenai apa rencana mereka di Indonesia kelak. Dan pihak Dortmund memastikan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang tengah coba mereka bidik untuk mengembangkan brand mereka.

"Indonesia adalah pasar yang penting bagi kami, dengan 250 ribu penduduk dan sepakbola adalah olahraga nomor satu di Indonesia," beber Suresh Letchmanan, Managing Director of Pacific Asia.

"Kami sudah beberapa kali melakukan kegiatan di Indonesia seperti membawa legenda kami Karl-Heinz Ridler, Jorg Heinrich. Di tahun 2007 kami mengadakan tur trofi [DFB] Pokal di Indonesia bersama para fans kami. Jadi itu adalah beberapa kegiatan yang telah kami lakukan di Indonesia, dan kami mencoba untuk agresif di Indonesia."

Mengenai apakah Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang dipertimbangkan untuk dikunjungi tim Die Borussen dalam waktu dekat, Suresh mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan agar bisa sesegara mungkin mengunjungi Indonesia.

"Semua orang bertanya-tanya kapan tim ini datang ke Indonesia. Namun itu semua tergantung kapan kami mendapatkan permintaan tersebut. Mungkin tidak dalam waktu dekat, namun kami mungkin mempertimbangkan mengirim tim legenda kami ke Indonesia di masa depan."

Selaras dengan Suresh, Daniel Stolpe juga mengatakan bahwa ia akan sangat senang jika suatu hari nanti BVB bisa mampir ke Indonesia dengan tim penuh.

"Saya bisa bilang bahwa saya selalu antusias untuk mengetahui ke mana tujuan tur kami di setiap tahun, dan saya tidak sabar melihat Indonesia atau Vietnam masuk dalam daftar kunjungan kami." ujarnya.

Sebagai informasi untuk Bolaneters, terakhir kali Dortmund mengunjungi Indonesia itu pada tahun 2007, di mana pada saat itu Die Borussen menang 1-0 atas tim Indonesia Selection di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR