Transfer Terpanas Bundesliga 2019/20

Asad Arifin | 28 Juli 2019 13:31
Julian Brandt resmi jadi pemain Dortmund mulai musim 2019/20 yang akan datang. (c) Twitter resmi Dortmund

Bursa transfer Bundesliga di musim panas 2019/20 menimbulkan reaksi beragam dari para penggemarnya. Kejutan demi kejutan dilakukan tiap klub dalam manuver untuk memperkuat skuadnya.

Pastinya, rasa penasaran sudah tak bisa lagi dibendung menantikan bagaimana para pemain ini berkiprah bersama klub barunya. Kami merangkum beberapa transfer terbesar dan terpanas di musim ini yang mungkin bisa mengubah peta kekuatan dalam perburuan meraih Meisterschale nanti.

Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters. (bola/asa)

1 dari 4 halaman

Dua Juara Dunia dan Kembalinya Sang Idola

Perubahan besar terjadi di lini belakang dua seteru tajam, Bayern München dan Borussia Dortmund. Bayern memboyong dua palang pintu juara dunia 2018, Benjamin Pavard dan Lucas Hernández.

Pavard diboyong Bayern dari klub yang baru saja terdegradasi, VfB Stuttgart, dengan nilai transfer 35 juta euro sedangkan Hernández didatangkan dari klub Spanyol, Atletico Madrid, dengan rekor nilai transfer tertinggi yang pernah dibayar oleh Bayern yaitu 80 juta euro! Sebagai perbandingan, rekor sebelumnya adalah transfer Corentin Tolisso yang “hanya” berada di angka 42 juta euro.

Pavard dan Hernández memang bermain sebagai bek sayap kala mereka bersama-sama memenangkan trofi Piala Dunia pada tahun 2018 namun posisi natural mereka adalah bek tengah. Transfer ini akhirnya “menggusur” bek senior, Mats Hummels, yang untuk kedua kalinya akan berseragam hitam-kuning lagi bersama Borussia Dortmund. Hummels adalah bagian dari tim juara kala Dortmund mematahkan dominasi Bayern delapan tahun lalu.

Hummels bertekad untuk mengulangi tantangan itu dan publik Signal Iduna Park sepertinya tak keberatan untuk menerima kembali Sang Idola yang sempat menyeberang ke klub rivalnya itu.

2 dari 4 halaman

Captain America Hengkang, Thor Datang

Kepergian Christian Pulisic ke Inggris membuat Dortmund harus bergerak cepat di bursa transfer ini. Hasilnya sama sekali tak mengecewakan, dua punggawa klub rival berhasil dirayu untuk berganti perahu.

Julian Brandt yang musim lalu bermain cemerlang di posisi barunya bersama Bayer Leverkusen digaet dengan nilai transfer 25 juta euro. Tak puas hanya dengan satu pemain, sang Direktur Sepak Bola jenius sekaligus legenda klub, Michael Zorc, menunjukkan magisnya dengan menggaet pemain andalan dari klub seteru mereka, Borussia Mönchengladbach — siapa lagi kalau bukan Thorgan Hazard.

Transfer mengejutkan ini dipastikan akan memanaskan Borussen Derby nanti di mana Thorgan akan berdiri di sisi lain lapangan dari rekan setimnya musim lalu dan sepertinya Dortmund sudah bisa melupakan perginya Si Kapten Amerika.

3 dari 4 halaman

Efek Domino

Perpindahan Brandt dan Thorgan menimbulkan efek transfer yang beruntun dan membuat bursa transfer kali ini cukup sibuk. Kepergian Brandt mendorong sang pelatih Peter Bosz dan Direktur Olah Raga Rudi Völler untuk segera mencari penggantinya, Kerem Demirbay pun dipilih, gelandang andalan TSG Hoffenheim itu diboyong dengan nilai 32 juta euro.

Tak berhenti sampai di situ, Leverkusen juga memperkuat sektor kirinya dengan mendatangkan dua pemain, Moussa Diaby dan Daley Sinkgraven dari Ajax Amsterdam dan Paris Saint-Germain.

Sedangkan di Gladbach, Breel Embolo didatangkan dari FC Schalke 04 untuk menggantikan Thorgan. Embolo yang musim lalu mencetak gol indah ke gawang Dortmund dalam kemenangan Schalke di Revierderby terakhir akan kembali menantang Si Hitam-Kuning dalam derbi dan seragam yang berbeda. Efek domino ini terus berlanjut sampai di Gelsenkirchen. Kepergian Embolo membuat

Schalke memboyong top skorer Fortuna Düsseldorf musim lalu, Benito Raman, ke VELTINS-Arena. Selain itu, Schalke juga mendatangkan bek muda berbakat asal Turki yang musim lalu menjalani debut Bundesliganya bersama Stuttgart, Ozan Kabak.

Tak sabar menantikan aksi mereka semua bersama klub barunya? Saksikan mulai tanggal 16 Agustus 2019 nanti!

4 dari 4 halaman

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR