Tragis! Masih 21 Tahun Tapi Bek Dortmund Ini Terpaksa Pensiun Dini

Dimas Ardi Prasetya | 2019-07-04 01:15
Dario Scuderi (kanan) (c) afp

Bola.net - Defender Borussia Dortmund Dario Scuderi terpaksa pensiun dini dari pentas sepakbola profesional karena trauma yang mendalam akan cedera lutut yang pernah dialaminya.


Kisah sedih ini bermula tiga tahun yang lalu. Pada tahun 2016, Dario memperkuat Dortmund di ajang UEFA Youth League melawan Legia Warsawa.

Pada menit ke-15, petaka menimpanya. Lututnya kaki kirinya bergeser. Kabarnya hal itu terjadi setelah pul sepatunya menancap erat di lapangan.

Cedera itu sangatlah horor. Banyak pihak yang menyebut Dario mungkin tak akan bisa bermain lagi usai mengalami cedera tersebut.

Ia kemudian harus menjalani operasi. Dokter yang menanganinya saat itu, Michael Strobel, menjabarkan bahwa cederanya itu sangat parah.

"Itu [adalah] cedera terburuk yang bisa Anda bayangkan. Hampir semuanya robek: ligamen, semua otot dan tendon."

1 dari 2 halaman

Bisa Comeback


Namun Dario tak menyerah begitu saja. Pemain asal Italia ini bertekad untuk bisa pulih dan kembali berlaga.

Ia akhirnya harus menjalani sekitar sembilan prosedur operasi untuk memulihkan cedera lutut tersebut. Dan pada akhirnya ia bisa bermain lagi pada tahun 2018 setelah menghabiskan hampir 700 hari menepi dari lapangan.

Ia bermain bagi tim cadangan Dortmund dalam sebuah laga uji coba. Setelah itu ia gabung skuat U-23 yang terjun ke kompetisi resmi pada bulan Mei.

2 dari 2 halaman

Trauma


Akan tetapi, Dario akhirnya berubah pikiran. Ia memilih untuk pensiun dini pada musim panas ini.

Usianya saat ini masih 21 tahun. Ia memilih untuk gantung sepatu karena trauma lututnya bisa cedera lagi.

"Itu bukan keputusan yang mudah, bermain sepakbola selalu menjadi impian besar saya dan saya memberikan segalanya untuk itu. Saya berjuang dan juga memiliki tawaran untuk terus bermain," ucapnya merefleksikan keputusannya kepada Ruhr Nachrichten.

"Borussia Dortmund adalah keluarga saya dan saya menantikan untuk melakukan sesuatu yang baru," sambung Dario.

Dario Scuderi kini memilih menjalani studi di bidang manajemen olahraga. Ia tak perlu khawatir dengan biaya studi itu karena Borussia Dortmund yang akan menanggung semua pengeluarannya selama menjalani studi tersebut.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR