Terungkap! Bayern Munchen Lebih Dulu Endus Bakat Jamal Musiala Sebelum Diketahui Chelsea

Abdi Rafi Akmal | 5 Oktober 2022, 01:32
Pemain Bayern Munchen Jamal Musiala. (c) AP Photo
Pemain Bayern Munchen Jamal Musiala. (c) AP Photo

Bola.net - Andaikan saja Chelsea lebih jeli dalam mengendus bakat pemain mudanya, mungkin Jamal Musiala akan jadi terobosan potensial di Liga Inggris. Namun sebelum The Blues menyadari potensi sang pemain, Bayern Munchen lebih dulu bergerak.

Semuanya terjadi di tahun 2019. Para pemandu bakat Munchen mengendus kemampuan istimewa miliki seorang anak kelahiran Jerman, tetapi sudah lama menghabiskan masa mudanya di Inggris.

Posisinya saat itu Musiala sudah menghabiskan delapan tahun di akademi Chelsea. Musiala bahkan sudah pernah membela timnas Inggris U-15, U-16, U-17, dan U-21.

Direktur Teknis Bayern Munchen Marco Neppe yang terus mendapatkan laporan positif dari para pemandu bakat akhirnya memberikan satu keputusan penting. Ia ingin sang pemain bagaimanapun juga bergabung dengan Munchen.

1 dari 4 halaman

Pantau Langsung

Jamal Musiala (c) Bayern Munchen

Jamal Musiala (c) Bayern Munchen

Neppe menjelaskan saat itu tidak ada klip video untuk melihat aksi-aksi dari Musiala. Semua laporan yang ia dapatkan adalah eye-test dari para pemandu bakat.

“Kami terus membicarakan tentang Jamal Musiala dalam setiap sesi scouting kami. Dia sekitar usia 15 tahun saat itu. Saat itu sulit untuk mendapatkan klip video, jadi saat itu semuanya dari pantauan langsung,” ujarnya kepada Sky Sport Germany.

“Kami kemudian secara serempak berpendapat bahwa kami akan melakukan apapun untuk membawanya ke Munchen,” kata dia lagi.

2 dari 4 halaman

Terbang ke London

Jamal Musiala. (c) AP Photo

Jamal Musiala. (c) AP Photo

Neppe langsung terbang ke London untuk bertemu dengan keluarga Musiala. Neppe juga berkesempatan berbicara dengan pemain yang kini jadi perhatian dunia.

“Saya mengadakan pertemuan dengan keluarga di London. Saya juga sempat berbicara dengan anak berusia 15 tahun itu, yang ternyata tidak banyak bicara,” ungkap dia.

“Jamal pada dasarnya bukan orang yang banyak bicara, tetapi pernyataannya jelas. Dia berbicara soal ambisi. Apa yang dia katakan telah memberikan saya perasaan yang baik soal jalan yang akan dia tempuh untuk ambisinya itu,” katanya.

3 dari 4 halaman

Dua Nama

Aksi Jude Bellingham di laga Inggris vs Kroasia, Euro 2020 (c) AP Photo

Aksi Jude Bellingham di laga Inggris vs Kroasia, Euro 2020 (c) AP Photo

Musiala bukan satu-satunya nama yang sempat dikagumi para pemandu bakat Munchen. Satu nama lain yang sempat masuk daftar adalah Jude Bellingham.

“Saat itu kami menyaksikan dia bermain dalam sebuah turnamen internasional. Jamal bermain untuk Inggris U-16,” ucap Neppe.

“Saya lupa berapa skor pertandingannya. Hal yang saya ingat adalah ada dua pemain yang sangat apik, mereka adalah Jude Bellingham dan Jamal Musiala. Mereka spektakuler,” tutupnya.

Sumber: Sky Sport Germany

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR