Starting XI Transfer Musim Panas Bundesliga 2019, Siapa Favoritmu?

Yaumil Azis | 10 September 2019 23:32
Penggawa anyar Bayern Munchen, Philippe Coutinho. (c) Bundesliga

Bola.net - Aktivitas transfer di sepanjang musim panas lalu telah dilakoni oleh sejumlah klub Bundesliga. Tujuannya adalah agar skuatnya bisa semakin kompetitif demi meraih gelar juara.

Beberapa nama penting berhasil didatangkan. Mulai dari Philippe Coutinho yang memutuskan bergabung dengan Bayern Munchen, hingga Stephan Lichtsteiner yang pindah ke Augsburg. Mereka adalah pemain dengan raihan prestasi apik pada musim sebelumnya.

Bundesliga pun menyusun sebuah starting XI yang berisikan muka-muka baru di kompetisi tertinggi sepak bola Jerman tersebut. Simak ulasannya di bawah ini ya, Bolaneters.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Pertahanan

Zack Steffen,24 Tahun, Penjaga Gawang

Pengawal gawang Timnas Amerika Serikat itu memutuskan untuk bergabung dengan Fortuna Dusseldorf dengan status pinjaman dari klub raksasa Inggris, Manchester City. Ia langsung dipinjamkan usai diboyong dari Columbus Crew SC.

Ini bukan kali pertama Steffen bermain di Jerman. Sebagai informasi, ia memulai karir profesionalnya bersama SC Freiburg II dan mencatatkan 14 penampilan di ajang Regionalliga Sudwest, kasta keempat sepak bola Jerman.

Stephan Lichtsteiner, 35 Tahun, Bek Kanan

Setelah puas menjelajahi Italia dan Inggris, Stephan Lichtsteiner melanjutkan kiprahnya di Jerman. Pemain yang kerap dijuluki Swiss Express tersebut diboyong secara gratis lantaran kontraknya bersama Arsenal telah berakhir.

Lichtsteiner sudah merasakan asam garam kompetisi berlevel tinggi, seperti Serie A, Premier League, hingga Liga Champions. Sejak memilih bergabung dengan Juventus tahun 2012 lalu, ia sudah meraih total 14 gelar dari berbagai ajang.

Benjamin Pavard, 23 Tahun, Bek Kanan/Tengah

Pavard tidak bisa dikatakan sosok baru di Bundesliga, namun wajahnya sudah pasti asing saat berseragam Bayern Munchen. Ya, Pavard direkrut oleh raksasa Jerman tersebut dari Eintracht Frankfurt dengan mahar 35 juta euro, seperti yang tertulis di Transfermarkt.

Namanya mulai mentereng saat membela Timnas Prancis di ajang Piala Dunia 2018 lalu. Tapi kiprahnya bersama Frankfurt tak bisa dipandang remeh. Selama tiga musim, ia kerap menjadi pilihan utama dan sukses mencatatkan 84 penampilan di Bundesliga.

Mats Hummels, 30 Tahun, Bek Tengah

Seperti Pavard, Hummels juga bukan wajah baru di Bundesliga. Malah, ia merupakan salah satu sosok veteran yang menghabiskan seluruh karirnya di Jerman sampai saat ini.

Hummels memulai karirnya di Bayern Munchen pada tahun 2007 silam, lalu berpaling ke Borussia Dortmund satu musim setelahnya. Kemudian, ia memutuskan kembali ke Munchen lalu berbalik lagi ke Dortmund usai diboyong dengan harga 37 juta euro.

Lucas Hernandez, 23 Tahun, Bek Tengah/Kiri

Hernandez adalah satu dari tiga pemain berdarah Prancis yang tampil di Bundesliga pada musim ini. Ia memutuskan pindah ke Bayern Munchen setelah diboyong dengan harga 80 juta euro, seperti yang tertera di situs Transfermarktweb.

Sebelumnya, Hernandez menghabiskan sebagian besar karirnya di Atletico Madrid. Semenjak melakoni debutnya pada tahun 2014 lalu, ia sudah mencatatkan total 109 penampilan di semua kompetisi untuk Los Rojiblancos.

2 dari 3 halaman

Gelandang

Marko Grujic, 23 Tahun, Gelandang Tengah

Marko Grujic sempat membuat publik terkesan saat bermain untuk Hertha BSC di tahun 2018 lalu. Berstatus sebagai pinjaman dari klub Premier League, Liverpool, pria asal Serbia tersebut mencatatkan 24 penampilan di Bundesliga.

Masa pinjaman tersebut hanya berlaku selama satu musim. Namun Hertha BSC tampak terkesan dengan penampilannya dan merekrutnya kembali pada musim panas ini. Lagi-lagi, ia diboyong dengan status pinjaman.

Julian Brandt, 23 Tahun, Gelandang Serang

Pemain kelahiran Bremen, Jerman, itu mencatatkan rekor pribadi terbaru saat berseragam Bayer Leverkusen musim lalu. Untuk pertama kalinya, Brandt turut terlibat dalam 14 gol khusus di putaran kedua saja. Sebelumnya, ia tak pernah menyentuh angka 12.

Pada musim panas kemarin, ia memutuskan bergabung dengan Borussia Dortmund. Penampilannya dalam tiga pertandingan terakhir pun terbilang cukup apik, dengan catatan satu gol yang lahir saat menghadapi Augsburg di pekan perdana Bundesliga

3 dari 3 halaman

Penyerang

Ivan Perisic, 30 Tahun, Winger

Kepergian Arjen Robben dan Franck Ribery jelas menjadi pukulan telak bagi Bayern Munchen. Namun, mereka berhasil mengobati luka dengan memboyong Ivan Perisic sebagai pemain pinjaman dari Inter Milan. Klub asuhan Niko Kovac itu memiliki opsi pembelian pada akhir musim yang belum diketahui pasti nilainya.

Perisic pernah melanglang buana di Bundesliga beberapa tahun lalu. Bahkan, ia sempat turut serta mengangkat trofi juara saat masih berseragam Borussia Dortmund pada musim 2011-2012 lalu.

Philippe Coutinho, 27 Tahun, Gelandang Serang/Winger

Pemain asal Brasil tersebut bisa dikatakan sebagai pembelian terbesar di Bundesliga pada musim panas kemarin. Coutinho diboyong oleh Bayern Munchen dengan status pinjaman selama satu musim dari klub raksasa Spanyol, Barcelona.

Sejak berlabuh di Camp Nou tahun 2018 lalu, Coutinho belum mampu menunjukkan sihirnya di atas lapangan. Namun kualitasnya tetap tak boleh diragukan, apalagi jika mengingat kiprahnya saat membela Liverpool beberapa tahun lalu.

Thorgan Hazard, 26 Tahun, Winger

Banyak harapan yang tersemat di pundak saudara bintang Real Madrid, Eden Hazard, tersebut. Ia diharapkan bisa menggantikan eks bintang Borussia Dortmund, Christian Pulisic, yang memutuskan hengkang ke Chelsea pada musim panas kemarin.

Thorgan Hazard mencatatkan torehan apik saat membela Borussia Monchengladbach pada musim kemarin. Dari 33 penampilannya, ia sukses membukukan 10 gol.

Bas Dost, 32 Tahun, Penyerang

Nama Bas Dost mungkin tidak sering terdengar. Tapi gaung namanya terdengar jelas di Portugal. Bagaimana tidak, torehan 76 gol dari 84 penampilan di Primeira Liga sudah membuktikan bahwa striker asal Belanda itu tajam di depan gawang lawan.

Kini, ia memutuskan untuk bergabung Eintracht Frankfurt. Didapuk sebagai pengganti Luka Jovic yang memutuskan hengkang ke Real Madrid, Bas Dost sukses membuat publik girang karena mencetak gol pada laga debutnya kontra Fortuna Dusseldorf awal September ini.

(Bundesliga)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR