Sengit Sampai Akhir, Bayern Munchen Jadi Kampiun Bundesliga 2018/2019

Serafin Unus Pasi | 18 Mei 2019 22:33
Bayern Munchen merayakan gol pengunci gelar Bundesliga musim 2018/2019 (c) AP Photo

Bola.net - - Setelah melalui 34 pekan, Bundesliga musim 2018/2019 resmi menemukan juara mereka. Adalah sang juara bertahan Bayern Munchen yang resmi dinobatkan sebagai tim terbaik di Jerman untuk musim ini dengan memenangkan gelar juara Bundesliga..

Gelar juara Bayern Munchen ini didapatkan di pertandingan pekan ke 34 alias pekan terakhir Bundesliga musim ini. Menghadapi Eintracht Frankfurt setelah mereka menang dengan skor 5-1.

Perjalanan Bayern Munchen untuk meraih gelar juara ini memang tidak mudah. Di awal musim, mereka sempat tidak diunggulkan dari bursa juara Bundesliga musim ini akibat sejumlah performa inkonsisten di bawah kepemimpinan sang pelatih baru, Niko Kovac.

Bagaimana perjalanan Bayern Munchen untuk memenangkan gelar juara ini? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Melempem di Awal Musim

Seperti yang kami tuliskan di atas, Bayern Munchen sebenarnya mengawali musim dengan cukup baik. Mereka sempat empat pekan bertengger di puncak klasemen sebelum mereka meraih sejumlah hasil buruk.

Sejak pekan ke enam, mereka tersingkir dari peringkat pertama klasemen Bundesliga. Mereka harus menunggu selama 20 pekan untuk kembali ke puncak klasemen, di mana selama 20 pekan itu rival abadi mereka, Borussia Dortmund merajai klasemen Bundesliga.

Titik balik Munchen untuk kembali merajai klasemen Bundesliga di pekan 20-22, di mana Dortmund meraih tiga hasil imbang beruntun. Lalu di pekan ke 24 Dortmund kalah dari Augsburg, sehingga Munchen bisa merangkak naik ke puncak.

2 dari 3 halaman

Nyaris Juara Minggu Lalu

Bayern Munchen yang mulai konsisten menguasai puncak klasemen Bundesliga sebenarnya bisa mengunci gelar juara itu pada minggu lalu.

Pada saat itu ada jarak empat poin antara mereka dengan Dortmund. Pada saat itu Munchen harus berhadapan dengan salah satu tim kuda hitam RB Leipzig.

Bermain di RedBull Arena, Bayern hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan tuan rumah. Sementara Dortmund berhasil menang atas Fortuna Dusseldorf sehingga penentuan juara harus diadakan di pekan terakhir.

3 dari 3 halaman

Bikin Deg-degan

Berhadapan dengan tim kuda hitam lagi, Eintrach Frankfurt, Die Rotten langsung tancap gas sejak awal laga. Mereka berhasil unggul terlebih dahulu di menit 4 berkat gol David Alaba, dan skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Namun ketika memasuki babak kedua, sang tamu membuat kejutan dengan gol yang diciptakan Sebastien Haller di menit 50. Namun beruntung David Alaba langsung membalikkan kedudukan tiga menit kemudian.

Gelar juara Bayern akhirnya aman setelah di menit 58 Renato Sanches sukses mengemas gol ketiga Bayern. Lalu di menit 72 dan 78, dua pemain veteran Bayern, Franck Ribery dan Arjen Robben juga turut membuat gol perpisahan mereka sehingga mereka resmi menjadi kampiun Bundesliga dengan perolehan 78 poin.

Perolehan poin ini tidak bisa dikejar oleh Dortmund yang berhasil memenangkan pertandingan melawan Monchengladbach dengan skor 2-0, di mana Dortmund finish dengan perolehan 76 poin.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR