Sebelum Juventus, Dortmund Sudah Sempat Gelar Negosiasi dengan De Ligt

Dimas Ardi Prasetya | 28 Agustus 2019 17:50
Matthijs De Ligt (c) AP Photo

Bola.net - Eks asisten pelatih Borussia Dortmund Hendrie Kruzen mengklaim klub Bundesliga itu dahulu pernah mencoba untuk merekrut Matthijs de Ligt dari Ajax Amsterdam pada tahun 2017.

Kruzen adalah asisten yang setia menemani Peter Bosz. Ia mendampinginya saat di Maccabi Tel-Aviv, Ajax Amsterdam, Borussia Dortmund dan sekarang di Bayer Leverkusen.

Namun sayangnya di Dortmund, Kruzen dan Bosz hanya bertahan selama lima bulan saja. Kruzen kemudian mengungkapkan apa yang salah di klub itu hingga ia cuma bertahan kurang dari setengah tahun saja di sana.

Kruzen menyebut saat itu para pemain suka bertindak seenaknya sendiri. Selain itu kegagalan tim merekrut pemain secara efektif juga ikut membuat situasi jadi suram.

1 dari 2 halaman

Tak Ada Peluang

Kruzen mengatakan saat itu para pemain sulit untuk diatur. Jadinya, tim pelatih pun tak bisa memaksimalkan idenya di skuat tersebut.

"Saat itu, di Dortmund ada terlalu banyak pemain yang tinggal di dunia mereka sendiri sedikit. Jika terlalu banyak pemain berpikir mereka bisa melakukan apa yang mereka inginkan, Anda tidak memiliki peluang sebagai pelatih," ungkapnya pada Goal dan SPOX.

"Mungkin satu [klub] seharusnya tetap sedikit lebih tenang. Mereka [hirarki Dortmund] melihat bahwa gaya yang ingin mereka mainkan bisa berhasil [di bawah Bosz dan Kruzen], terutama setelah awal yang bagus. Tentu saja, ada juga alasan pribadi," terangnya.

2 dari 2 halaman

Pendekatan pada De Ligt

Kruzen kemudian mengungkapkan momen saat Dortmund berusaha untuk mendatangkan De Ligt. Mereka harus membeli bek baru karena Lukasz Piszczek cedera.

"Sayangnya, ketika kami mengalami fase sulit, seperti yang sering terjadi di sepakbola profesional, kami tidak punya waktu untuk menyelesaikannya dan untuk mendapatkan pemain baru di musim dingin," ungkapnya.

"Kami sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa dari mereka, dan para pemain itu berkaliber tinggi bahkan untuk klub seperti BVB. Saya tidak tahu apakah mereka pasti akan gabung atau tidak, tetapi salah satu dari mereka pergi dari Ajax ke Juventus untuk banyak uang musim panas ini," klaim Kruzen.

Matthijs de Ligt pindah dari Ajax Amsterdam ke Juventus pada musim panas 2019 kemarin dengan bandrol sekitar 85 juta euro. Bek 20 tahun itu sebelumnya jadi rebutan banyak klub top seperti Manchester City, Barcelona dan Real Madrid.

(SPOX)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR