Saga Transfer Erling Haaland: Kapan Manchester United dan Chelsea Bergerak?

Yaumil Azis | 29 Maret 2021, 05:07
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland. (c) Bundesliga

Bola.net - Saga transfer penyerang Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland, sukses menyedot perhatian banyak pemerhati sepak bola dunia. Belakangan namanya cukup sering dikaitkan dengan dua raksasa Inggris, Manchester United dan Chelsea.


Haaland baru bergabung dengan Die Borussen pada pertengahan musim 2019/20 kemarin. Kendati demikian, penyerang berdarah Norwegia tersebut sudah mencatatkan total 49 penampilan di berbagai ajang dan juga sudah mencetak 49 gol.

Keahliannya dalam mencetak gol tentu akan bermanfaat buat setiap klub, termasuk Manchester United. Mereka sedang krisis pada lini depan karena performa Anthony Martial menurun dan Edinson Cavani dikabarkan ingin bermain di Argentina musim depan.

Situasi yang sama juga dialami oleh Chelsea. Pada musim panas lalu, mereka telah mendatangkan Timo Werner yang menjadi salah satu penyerang subur di Bundesliga. Sayangnya, sejauh ini, pemain berusia 25 tahun itu belum memenuhi harapan banyak orang.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Kapan Baru Bisa Bergerak?

Wajar apabila kedua klub tersebut terus dikait-kaitkan dengan Haaland. Bukan cuma mereka, dua raksasa Spanyol yakni Real Madrid dan Barcelona pun dikabarkan tertarik untuk membawa Haaland pergi dari Signal Iduna Park musim depan.

Lantas, kapan klub-klub peminat Haaland ini baru bergerak? Kata jurnalis ternama asal Italia, Fabrizio Romano, Manchester United dan Chelsea beserta klub raksasa lain baru bisa memulai langkah pada bulan Mei mendatang.

"Di Inggris ada ketertarikan dari Chelsea, tidak ada masalah soal hubungan antara Thomas Tuchel dan Borussia Dortmund; masalah sesungguhnya adalah harga sang pemain, dan Manbchester City, Manchester United juga Real Madrid dan Barcelona tertarik," tulisnya dalam kolom khusus di Benchwarmers.

"Tidak ada tawaran dari Bayern Munchen untuk musim panas tahun 2021, dan Juventus sangat berhati-hati dengan penyerang ini. Mino Raiola tidak suka menentukan destinasi pemainnya lebih dulu, jadi negosiasi untuk Haaland takkan dimulai sebelum bulan Mei," kata Romano lagi.

2 dari 2 halaman

Situasinya Masih Tenang

Meski peminatnya banyak, namun situasi pendekatan terhadap Haaland terbilang cukup tenang. Bisa jadi, situasi ini disebabkan oleh klausul pembelian Haaland yang baru berlaku pada tahun 2022 mendatang.

Klausul pelepasan dalam kontraknya menyatakan kalau Haaland bisa pindah kalau ada klub yang siap menebusnya dengan harga 75 juta euro. Ketimbang membelinya mahal-mahal tahun ini, para peminatnya diyakini lebih memilih menunggu satu musim lagi.

"Dari Premier League ke La Liga, mencapai kesepakatan takkan mudah dan sampai sekarang tidak ada klub favorit; sang striker masih terikat dengan Borussia Dortmund, klausul pelepasan baru valid pada tahun 2022 dan bukan di musim panas ini," lanjutnya.

"Itulah kenapa situasinya tetap tenang pada saat ini, dengan semua klub papan atas tertarik namun Borussia sedang berjuang untuk tetap berada di Liga Champions, ini akan menjadi kunci sesungguhnya untuk transfer Haaland."

(Benchwarmers - via Express.co.uk)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR