Profil Ridle Baku: Jagoan Wolfsburg yang Dipanggil Timnas Jerman

Serafin Unus Pasi | 2020-11-10 17:49
Ridle Baku (c) Wolfsbugh

Bola.net - Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew telah memanggil tiga pemain debutan untuk jeda internasional pada pekan ini. Salah satunya adalah wonderkid Wolfsburg yaitu Ridle Baku.


Pemanggilan Baku tentu menjadi keputusan tepat yang dilakukan Loew karena gelandang bertahan andalan Der Panzer, Joshua Kimmich akan absen cukup lama karena mengalami cedera parah pada laga Der Klassiker.

Pemain berusia 22 tahun itu digadang-gadang akan menggantikan peran Kimmich karena memiliki posisi yang sama yakni gelandang tengah dan bek kanan.

Namun terlepas dari cederanya Kimmich, Baku memang layak mendapatkan kesempatan untuk memperkuat timnas Jerman, mengingat Baku adalah pemain penting untuk Wolfsburg.

Sejauh ini, eks pemain Mainz itu sudah membukukan satu gol dan satu assist dari lima penampilannya bersama Wolfsburg di Bundesliga 2020/21.

1 dari 4 halaman

Profil Singkat

Sejatinya, Ridle Baku adalah produk asli akademi Mainz. Karier Baku bersama Mainz bisa dibilang cepat, pasalnya ia hanya membutuhkan waktu lima tahun untuk masuk ke skuat utama Mainz.

Baku memulai karier profesionalnya bersama Mainz pada tahun 2018. Di musim pertamanya bersama tim senior Mainz, pemain berusia 22 tahun itu cukup sering mendapatkan kesempatan bermain dengan 15 penampilan yang dibuatnya.

Tampil apik di musim pertamanya membuat Baku menjadi pemain utama pada musim keduanya. Tercatat, Baku membuat 30 penampilan untuk Mainz dan berhasil membukukan satu gol dan tiga assist.

Setelah mengabdi cukup lama untuk Mainz, akhirnya Baku pun memutuskan hengkang ke Wolfsburg pada bursa transfer musim panas lalu dengan mahar 10 juta euro.

Tak butuh waktu lama, Baku pun langsung menjadi bagian skuat utama dari Wolfsburg dan sudah membukukan satu gol dan satu assist di Bundesliga 2020/21.

2 dari 4 halaman

Gaya Bermain

Sebelum hengkang ke Wolfsburg, Baku lebih dikenal sebagai gelandang tipe box to box. Bahkan, gaya bermainnya disebut-sebut mirip dengan mantan gelandang RB Leipzig, Naby Keita.

Namun, cederanya Kevin Mbabu dan William membuat Baku lebih sering bermain sebagai bek kanan ketika berseragam Wolfsburg.

Walau begitu, Baku tetap mampu tampil apik sebagai bek kanan dengan catatan 14 tackle per laganya dan dikenal sebagai pemain yang ulet yang memiliki stamina mumpuni.

3 dari 4 halaman

Tahukah Kamu?

Baku diberi nama Bote Nzuzi, tetapi dikenal dengan julukannya 'Ridle'. Nama tersebut diberi oleh ayahnya yang merupakan salah ejaan dari mantan penyerang Borussia Dortmund, Karl-Heinz Riedle.

Produk asli akademi Mainz berdarah Kongo tersebut telah bermain untuk Jerman di setiap level dari U-18 hingga U-21. Tidak lama setelah menandatangani kontrak bersama Wolfsburg, Baku mengikuti jejak Riedle dengan dipanggil ke tim senior Jerman.

4 dari 4 halaman

Apa Kata Mereka Tentang Ridle Baku?

"Saya menemukan di bengkel jalan raya bahwa saya harus turun dari bus. Butuh waktu 45 menit untuk mengetahui di mana saya berada, tetapi pada akhirnya saya sampai di sana dan para penggemar senang, rekan satu tim saya senang, saya Bahagia. Debut saya tidak bisa lebih baik lagi." Baku.

"Cara Ridle hidup untuk Mainz, cara dia terjebak dalam debutnya, hati dan jiwa yang dia berikan sungguh luar biasa." Mantan pelatih Mainz, Sandro Schwarz.

"Saya pikir kami harus berhati-hati dengan superlatif, tetapi Ridle telah beradaptasi sangat cepat dan tampil sangat baik dalam serangan." Pelatih Wolfsburg, Oliver Glasner.

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR