Profil Josip Stanisic: Debutan Anyar Munchen Cetakan Benjamin Pavard

Asad Arifin | 2021-04-15 14:20
Pemain muda Bayern Munchen, Josip Stanisic (c) Bayern Munchen Twitter

Bola.net - Josip Stanisic berhasil melakukan debutnya di Bundesliga dalam lanjutan pekan-28 Bundesliga saat menjamu Union Berlin. Ia menggantikan posisi dari Alphonso Davies yang harus menepi akibat akumulasi kartu.


Banyak yang terkejut usai debut yang dilakukan Stanisic. Pasalnya, pria berdarah Jerman - Kroasia ini mampu bermain secara fleksibel. Gaya bermain Stanisic mirip dengan Benjamin Pavard.

Catatan Stanisic juga lumayan impresif selama berseragam Bayern Munchen U-19. Ia berhasil memainkan 44 laga dan mencetak tiga gol serta dua asis. Stanisic memang bermain sebagai bek sayap, tapi juga bisa menjadi bek tengah.

Lalu siapakah Josip Stanisic sebenarnya? Yuk, simak ulasan mengenai profil singkatnya.

1 dari 4 halaman

Profil Singkat

Lahir pada 2 April 2000, Stanisic masih bebas memilih antara Jerman ataupun Kroasia untuk dibelanya dalam kancah internasional. Stanisic telah menjadi pemain reguler di Liga 3 Jerman pada musim 2020/21. Ia juga tercatat sudah tampil sebanyak 20 kali dari bangku cadangan Munchen.

Sebelumnya, Stanisic mengemban ilmu di tim junior 1860 Munich dan Furstenfeldbruck. Setelah itu, ia baru hengkang ke Munchen pada 2017. Tak butuh waktu lama, tepat setahun usai bergabung dengan Munchen, Stanisic mendapat kesempatan untuk melakukan debut dengan Jerman U-19.

Menjalani karir lumayan panjang bersama Munchen U-17 dan Munchen U-19, Stanisic akhirnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan debut bersama tim senior Munchen pada 10 April saat menjamu Union Berlin sebagai bek kiri.

2 dari 4 halaman

Gaya Bermain

Kuat dalam defensif juga cepat dalam membantu membangun serangan. Gaya bermain yang ditampilkan Stanisic sedikit mirip dengan Benjamin Pavard. Walaupun tidak begitu cepat, Stanisic punya visi bagus dalam mengalirkan bola ke depan.

Mirip seperti Pavard, pemain berusia 21 tahun ini juga serba bisa dan sangat berguna dalam mengawali skema penyerangan. Kualitas dari Stanisic ditunjukkan saat masih berada di Munchen U-19 yang berhasil mengoleksi tiga gol dan dua asis dalam 44 penampilan.

3 dari 4 halaman

Tahukah Kamu?

Stanisic sejauh ini menolak tawaran asosiasi sepak bola Kroasia yang menginginkannya untuk membela tanah air ayahnya di kancah internasional. Sampai saat ini, Stanisic masih tetap dapat memilih antara Jerman ataupun Kroasia untuk dibelanya pada ajang internasional.

Namun, bek Munchen tersebut dilaporkan menerima nasihat dan masukan mengenai negara mana yang harus dibelanya oleh mantan penyerang Munchen yakni Dieter Hoeness. Hingga kini, Stanisic telah memiliki dua caps internasional untuk Timnas Jerman U-19 pada November 2018 lalu.

4 dari 4 halaman

Kata Mereka tentang Josip Stanisic

"Josip adalah bakat yang nyata, itulah mengapa kami mencoba membuatnya bermain untuk kami." – Sreten Cuk, mantan direktur olahraga Federasi Sepak Bola Kroasia.

"Josip dan pemain muda lainnya bermain bagus untuk tim.” – Kapten Bayern Munchen, Manuel Neuer, setelah debut Stanisic di Bundesliga.

(Bola.net/Muhammad Afif Farhan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR