Profil Ibrahima Konate: Bek RB Leipzig yang Menyerupai Virgil Van Dijk

Asad Arifin | 2021-03-31 13:14
Ibrahima Konate (c) Bundesliga

Bola.net - Musim ini, RB Leipzig dihuni oleh banyaknya pemain asal Prancis dengan prospek menjanjikan. Setelah Dayot Upamecano dibeli Bayern Munchen, kali ini muncul Ibrahima Konate yang jadi rebutan banyak klub.


Baru-baru ini, Konate dikabarkan tengah jadi incaran utama salah satu klub terbesar Premier League, Liverpool. Kubu Liverpool memang sedang berusaha mencari bek untuk mengarungi musim 2020/21 usai ditinggal oleh tembok andalannya Virgil Van Dijk akibat cedera parah pasca melawan Everton.

Liverpool disebut menjadi klub terdepan yang kemungkinan bakal mendapatkan servis dari Konate. Memiliki musim yang bisa dibilang sukses, Konate berhasil membawa RB Leipzig duduk di peringkat kedua Bundesliga musim ini dan hanya terpaut empat poin dari pemuncak klasemen Bayern Munchen.

Lalu, siapakah Ibrahima Konate? Berikut ulasan singkat mengenai bek muda milik RB Leipzig, Ibrahima Konate.

1 dari 4 halaman

Profil Singkat

Lahir pada 25 Mei 1999 di Prancis, Ibrahima Konate bergabung dengan akademi muda FC Sochaux di umur 15 tahun. Hanya butuh dua tahun bagi Konate untuk mendapatkan kontrak profesional pertamanya bersama FC Sochaux.

Pada musim 2016/17, Konate berhasil melakukan debut seniornya, setelah itu ia sukses memainkan 12 laga dan mencetak satu gol.

Berkat penampilan apiknya bersama FC Sochaux, klub besar Eropa mulai melirik Konate dan akhirnya pemain kelahiran Prancis tersebut menandatangani kontrak dengan RB Leipzig di musim panas 2017 lalu. Konate juga melakukan debut seniornya dengan meraih kemenangan 2-1 atas Cologne pada Matchday ke-7 musim 2017/18.

Memulai musim 2018/19, ia sukses mendapatkan posisi di tim utama RB Leipzig dan memainkan 27 pertandingan di Bundesliga. Konate memiliki kontribusi besar dalam membantu RB Leipzig finish di peringkat ketiga Bundesliga musim itu.

2 dari 4 halaman

Gaya Bermain

Konate diberkahi kecepatan, fisik yang ideal, dan mampu membangun skema awal penyerangan. Gaya permainan Konate menyerupai Virgil Van Dijk. Memang, masih terlalu dini bagi Konate untuk dibandingkan dengan bek andalan Liverpool tersebut, namun hal itu bukan tanpa alasan.

Konate memiliki kurang lebih 65 persen keberhasilan tekel dan ia juga memiliki persentase di atas 70 persen dalam duel udara. Dia mampu menggiring bola hingga ke tengah lapangan dan membuat umpan-umpan manis untuk memulai serangan. Akurasi umpannya pun mencapai 85 persen di tiap laga.

3 dari 4 halaman

Tahukah Anda?

Konate adalah salah satu dari tujuh bersaudara yang mengenal sepak bola dari jalanan di Paris. Ia juga memiliki julukan yang kocak dari ibunya sendiri yakni ‘Ibu Profen’.

Julukan ‘ibu’ tersebut masih akrab disandangnya sampai ke lingkungan rekan-rekan setimnya di RB Leipzig. Tak jarang juga, ia menjadi bahan candaan atau ditertawai oleh rekan setimnya pada sesi latihan RB Leipzig.

4 dari 4 halaman

Kata Mereka tentang Ibrahima Konate

"Saya sangat senang dengan berhasilnya RB Leipzig yang merekrut Ibrahima Konate. Kami mendapatkannya dengan status bebas transfer dari Sochaux. Permainannya sangat bagus sehingga kemungkinan ia bisa bermain untuk Real Madrid atau Barcelona suatu hari nanti," kata mantan pelatih RB Leipzig Ralf Rangnick.

"RB Leipzig memiliki dua bek tengah yang sangat bagus yaitu Dayot Upamecano dan Ibrahima Konate," kata penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski.

(Bola.net/Muhammad Afif Farhan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR