Pekan Perdana Bundesliga di Masa Pandemi Virus Corona Dianggap Buruk, Sepakat?

Yaumil Azis | 2020-05-19 09:23
Dortmund vs Schalke di pekan ke-26 Bundesliga 2019/20 (c) AP Photo

Bola.net - Setelah tertunda cukup lama akibat pandemi virus Corona, Bundesliga akhirnya kembali ke hadapan penikmat sepak bola mulai hari Sabtu (16/5/2020). Namun eksekusinya dianggap gagal oleh pemilik salah satu klub Serie A, Giampaolo Pozzo.


Bundesliga sendiri menjadi liga papan atas Eropa pertama yang memulai sisa musim 2019/20. Pentas bergengsi Eropa itu kemudian menjadi panutan bagi liga-liga lainnya yang diprediksi baru akan kembali pertengahan Juni mendatang.

Sederet protokol diterapkan demi menjamin keamanan serta kesehatan semua pihak yang terlibat dalam pertandingan. Dan pada pekan perdana, tidak ada satupun partai yang terbuka untuk fans menonton langsung di stadion.

Banyak yang mengklaim bahwa kembalinya Bundesliga sebagai kemenangan umat manusia atas pandemi virus Corona. Namun, tidak sedikit yang mengkritik pelaksanaannya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pekan Perdana Berlangsung Buruk

Salah satu kritikan datang dari mulut Pozzo, yang dikenal sebagai pemilik klub Serie A bernama Udinese. Ia merasa bahwa Bundesliga terlalu prematur untuk digelar kembali dan cederanya delapan pemain menjadi penguat opininya.

"Mereka memulai dengan cara yang paling terburuk, kendati dipasarkan sebagai sebuah kesuksesan," ujar Pozzo kepada Radio Sportiva.

"Apa yang sudah diperkirakan dari segi pemain yang cedera terjadi. Ada delapan pemain dari enam pertandingan awal," lanjutya.

2 dari 2 halaman

Perlu Persiapan Matang

Serie A, yang rencananya digelar pada 12 Juni mendatang, bisa jadi merasakan dampak yang lebih buruk. Sebab dari rencana yang telah disusun, tim harus memainkan dua laga per perannya agar jadwal kompetisi bisa jadi 'ramping'.

"Ini adalah bukti bahwa bila anda tidak mempersiapkan diri secara baik, anda bakalan menanggung kerugiannya," Pozzo menambahkan.

"Semua terjadi dalam satu laga per pekan, sementara kami harus menjalani dua laga. Jadi butuh skuat beranggotakan 30 pemain untuk sampai ke akhir musim, hanya untuk meredam dampaknya," pungkas Pozzo.

Pekan ke-26 Bundesliga baru selesai pada hari Selasa (19/5/2020) dini hari tadi, di mana Bayer Leverkusen berhasil menang 4-1 atas Werder Bremen. Pekan berikutnya akan digelar mulai Sabtu (23/5/2020) dini hari mendatang.

(Football Italia)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR